Pelantikan Satgas Saber Pungli Kota Mataram
15 Desember 2016 1,069 View

Pelantikan Satgas Saber Pungli Kota Mataram

MATARAM – Komitmen Pemerintah Kota Mataram dalam pemberantasan korupsi ditindak lanjuti dengan melantik dan mengukuhkan Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar atau disebut sebagai Satgas Saber Pungli tingkat Kota Mataram pada Rabu (14/12/16) di Aula lantai 3 Kantor Wali Kota Mataram. Pelantikan dan pengukuhan dilaksanakan oleh Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh didampingi segenap anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopinda) Kota Mataram. Tak hanya dari lingkup Pemerintah Kota Mataram, Satgas Saber Pungli yang dilantik dan dikukuhkan juga berasal dari instansi vertikal terkait lainnya seperti Polres Mataram dan Kejaksaan Negeri Mataram.

Disebutkan oleh Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh, pembentukan Satgas Saber Pungli di Kota Mataram berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 Tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar yang ditindak lanjuti dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 180/3935/SJ Tentang Pengawasan Pungutan Liar Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. Kemudian oleh Pemerintah Kota Mataram dituangkan dalam Keputusan Wali Kota Mataram Nomor 1035/XI/2016 Tentang Pembentukan Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Tingkat Kota Mataram.

Pungli dikatakan Wali Kota, telah merusak sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Dalam bentuk yang telah terjadi, pungli juga telah merusak masyarakat kecil, dan berakibat pada makin lambatnya pelayanan publik. Fokus kerja Satgas Saber Pungli menurut Wali Kota, antara lain berada pada area; Perijinan, Hibah dan Bantuan Sosial, Kepegawaian, Pendidikan, Dana Desa atau Kelurahan, Pelayanan Publik, Pengadaan Barang dan Jasa, serta kegiatan lainnya yang memiliki resiko penyimpangan. “Satgas ini yang akan bertugas melakukan sosialisasi secara berkesinambungan kepada masyarakat dan instansi pemerintah yang melakukan pelayanan publik”, jelasnya.

Dengan telah dikukuhkan Satgas Saber Pungli Tingkat Kota Mataram, Wali Kota berharap agar dapat segera bekerja menyusun rencana-rencana dan langkah-langkah taktis yang pada intinya untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih di Kota Mataram. Demikian pula bagi jajaran Pemerintahan Kota Mataram, Wali Kota berharap agar benar-benar berkomitmen untuk melaksanakan tugas dengan baik, agar Pemerintah Kota Mataram bisa memastikan diri sebagai good government dan clean government, demi menjamin pemerintahan yang bersih dan berhati-hati. “Saya tidak mungkin akan melindungi jika nanti ada yang ditemukan Satgas”, tegasnya. (ufi/din-humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CitySSH Kota Mataram Tahun 2018Kota Mataram Dalam Data Tahun 2017Kecamatan Cakranegara Dalam DataKecamatan Ampenan Dalam DataKecamatan Mataram Dalam DataKecamatan Sandubaya Dalam DataKecamatan Sekarbela Dalam DataKecamatan Selaparang Dalam DataWebsite jdih Kota MataramBanner TEST MNEK 2018Desain Banner HUT RI 73Desain Banner HUT Kota 25

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat