Mataram Terpilih Sebagai Percontohan Manajemen Air Limbah dan Sanitasi Perkotaan
May 13, 2014 154 View

Mataram Terpilih Sebagai Percontohan Manajemen Air Limbah dan Sanitasi Perkotaan

MATARAM - Wakil Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana didampingi jajaran terkait Pemerintah Kota Mataram menerima rombongan dari Asian Development Bank (ADB) yang dipimpin oleh Tatiana Gallego-Lizon di ruang kerjanya pada Jumat (10/02/170. Kedatangan pihak ADB ke Kota Mataram dalam rangka menegaskan keikutsertaan Kota Mataram dalam proyek percontohan program pembangunan sektor Air Limbah (Waste Water) dan Sanitasi. Program yang akan berlangsung sampai dengan tahun 2019 tersebut merupakan program kolaborasi antara Kementerian Pekerjaan Umum dan perumahan rakyat (PU Pera) RI, ADB-Indonesia Resident Mission dan Cities Development Initiative for Asia (CDIA) untuk mendukung target universal keciptakaryaan 100-0-100 khususnya sektor sanitasi. 

Dipilihnya Kota Mataram diantara kota-kota di Indonesia untuk program penanganan Air Limbah (Waste Water) dan Sanitasi Perkotaan tak lepas dari upaya Kota Mataram memprioritaskan pembangunan infrastruktur sesuai RPJMD Kota Mataram 2016-2021 yang telah dicanangkan oleh Wali Kota dan Wakil Wali Kota Mataram. Melihat kesungguhan yang ditunjukkan oleh Kota Mataram, ADB yang pada kesempatan kunjungan ini turut dihadiri oleh Mr. Paulus van Klaveren, Siti Hasanah serta Mr. Stuart King yang mewakili CDIA, mengapresiasi kepedulian dan komitmen Pemerintah Kota Mataram terhadap masalah Air Limbah dan Sanitasi Perkotaan.

Dukungan atas upaya Pemerintah Kota Mataram terhadap masalah Air Limbah dan Sanitasi Perkotaan rupanya disambut pula oleh pemerintah pusat melalui Kementerian PU Pera RI. Karena keterkaitan yang erat antara program pusat 100-0-100 dengan rencana pembangunan sektor sanitasi dan air limbah yang telah dituntaskan oleh Pemerintah Kota Mataram melalui dokumen Master Plan Air Limbah dan City Sanitation Strategy  atau Strategi Sanitasi Kota (SSK) Kota Mataram pada tahun 2016 lalu.

Kepercayaan yang diberikan kepada Kota Mataram untuk program sanitasi oleh pihak ADB dan Kementerian PU Pera RI tersebut ditanggapi secara serius oleh Wakil Wali kota Mataram H. Mohan Roliskana. Pada kesempatan tersebut Mohan menyatakan bahwa Kota Mataram siap bekerjasama untuk menjalankan program yang secara nasional dikenal sebagai Sewerage System Development Project (SSDP) ini. Karena masalah air limbah dan sanitasi perkotaan sudah menjadi komitmen Pemerintah Kota Mataram untuk segera dapat diatasi. “Persoalan air limbah dan sanitasi perkotaan, termasuk juga masalah penanganan sampah menjadi fokus Pemerintah Kota Mataram tahun 2017 ini”, ungkapnya.
Usai menemui Wakil Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana, rombongan dari ADB, CDIA dan Kementerian PU Pera RI dipandu oleh Kasatker PLP Provinsi NTB berkesempatan mengunjungi kesiapan lokasi proyek Revitalisasti Instalasi Pengolahan Lupur Tinja (IPLT) milik Kota Mataram. Proyek yang dikunjungi itu sendiri akan difasilitasi oleh Kasatker PLP Provinsi NTB melalui dana APBN pada tahun 2017 ini. 
 Sementara kegiatan selanjutnya yang akan dilaksanakan bersama-sama antara ADB, CDIA, Kementerian PU Pera RI dan Pemerintah Kota Mataram antara lain berupa pembuatan Studi Kelayakan, Rencana Detail, AMDAL dan LARAP yang isinya bukan hanya menyangkut infrastruktur saja melainkan juga meliputi upaya peningkatan kualitas pelayanan pengelolaan sanitasi (kelembagaan), perbaikan regulasi, penyediaan lahan serta promosi perilaku hidup bersih dan sehat. Sebagai tahap awal kegiatan akan dikawal oleh BAPPEDA Kota Mataram, Dikes, Dinas Perkim, DPU Tata Ruang dan Bagian Hukum serta Bagian Infrastruktur Setda Kota Mataram. 

Dalam kesempatan itu rombongan ADB, CDIA dan Kementerian PU Pera RI yang dipandu oleh Kasatker PLP Provinsi NTB akan mengunjungi kesiapan lokasi proyek Revitalisasti Instalasi Pengolahan Lupur Tinja (IPLT) milik Kota Mataram yang akan difasilitasi oleh Kasatker PLP Provinsi NTB melalui dana APBN pada tahun 2017 ini. (ufi/tim-humas)

 

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramSMS CENTER Perwal Tata Naskah Dinas Pemerintah Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramPERATURAN WALIKOTA MATARAM TENTANG KODE ETIK ASNROAD MAP RB KOTA MATARAMBUKU STANDAR HARGA KOTA MATARAM TAHUN 2017Surat Edaran Libur Nasional 2017Edaran Cuti Tahun 2017

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat

Statistik Pengunjung

Hari Ini : 1,861 Visit
Kemarin : 2,743 Visit
Bulan Ini : 16,370 Visit
Tahun Ini : 16,370 Visit
Total : 19,090 Visit
Detail Statistik