Pansus RTRW Dewan Temui Wali Kota Mataram
May 13, 2014 219 View

Pansus RTRW Dewan Temui Wali Kota Mataram

MATARAM - 16 orang anggota DPRD Kota Mataram yang tergabung dalam Pansus (Panitia Khusus) Raperda RTRW menemui Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh pada Selasa (14/02/17). Kehadiran anggota Pansus Dewan yang didampingi oleh Wakil Ketua DPRD Kota Mataram Muhtar tersebut untuk membahas serta meminta pendapat Wali Kota atas hasil kerja Pansus tentang Raperda Perubahan atas Peraturan Daerah Kota Mataram Nomor 12 Tahun 2011 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Mataram Tahun 2011-2031. Rombongan diterima oleh Wali Kota bersama segenap perwakilan dari SKPD terkait lingkup Kota Mataram di Pendopo Wali Kota Mataram.

Disampaikan Wakil Ketua DPRD Kota Mataram Muhtar, sejak awal Dewan Kota mataram berkomitmen untuk menyelesaikan Raperda Perubahan tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Mataram Tahun 2011-2031 sesegera mungkin. Namun dalam perjalanannya ditemukan fakta-fakta yang membuatnya berjalan lebih lambat. Sehingga pihak legislatif berkeputusan untuk menemui Wali Kota dalam rangka melakukan pembahanan pada Raperda bersangkutan, karena Raperda ini dianggap sangat penting dan menjadi tolok ukur pembangunan Kota Mataram jangka panjang sampai dengan tahun 2031.

Sementara pada kesempatan tersebut Ketua Pansus H. Noer Ibrahim juga menyampaikan secara rinci mengenai rangkaian kegiatan pansus dari awal. Mulai dari melakukan konsultasi ke berbagai pihak di pusat, menemui pihak-pihak terkait di lapangan, mengadakan rapat-rapat internal untuk memantapkan hasil temuan, sampai dengan melakukan rapat kerja dengan tim dari pihak eksekutif. Disampaikan pula beberapa temuan terkait pemakaian lahan produktif sebesar 9,7 hektar oleh pihak PLN yang telah disanggupi penggantiannya, kawasan MICE yang disepakati dengan Angkasa Pura untuk lahan eks Bandara Selaparang, sampai dengan rencana pembuatan jalan sepanjang pantai yang melibatkan Pertamina Depo Ampenan dengan kesanggupan mereklamasi pantai sepanjang 30 meter dari pinggir pagar milik Pertamina Depo Ampenan. “Kami berharap Pansus bisa berkonsultasi ke pusat bersama pihak Pertamina”, ujarnya.

Menanggapi hal-hal yang disampaikan pihak legislatif, Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh mengakui bahwa pembahasan terkait tata ruang di Kota Mataram memang diharapkan benar-benar dilakukan secara paripurna, serta harus pula mempertimbangkan perkembangan Kota Mataram ke depan. Hal tersebut karena setelah perda diterbitkan, semua urusan tata ruang dan tata wilayah sampai dengan tahun 2031 akan bergantung pada perda dimaksud. Pertemuan antara dirinya dengan pihak legislatif untuk melakukan pembahanan Raperda itu sendiri dipandang Wali Kota agar kedua belah pihak memiliki semangat yang sama untuk mencapai target yang maksimal. “Pada intinya saya mohon bapak-bapak untuk lebih cermat. Penyelesaian raperda terlambat karena memang harus lebih hati-hati, karena ini menyangkut nyawa Mataram. Akan dibawa kemana”, ujarnya.

Lebih jauh Wali Kota mengungkapkan, Kota Mataram relatif sempit dengan potensi Sumber Daya Alam (SDA) terbatas. Tapi dengan kemampuan kinerja dan SDM yang cukup baik, Kota Mataram ternyata mampu menjadi daerah dengan PAD tertinggi di Nusa Tenggara Barat melalui bidang jasa dan perdagangan. Sedangkan untuk melakukan penataan, terdapat resiko-resiko yang harus diambil karena Kota Mataram berkembang sangat dinamis. Karena itu Perda terkait RTRW ini harus memprediksikan Kota Mataram mampu mengikuti dinamika yang ada. Serta mampu pula mengakomodir rencana Pemerintah Kota Mataram melanjutkan pembangunan. Seperti rencana membuka akses-akses jalan baru di beberapa tempat, penataan pesisir, pembangunan waduk di Babakan, dan pembangunan pelabuhan khusus wisata di wilayah Pantai Mapak. Bahkan Wali Kota meminta agar melalui perda dimaksud dapat diamankan kawasan-kawasan strategis agar disterilkan. “Saya minta beberapa kawasan strategis seperti bundaran diamankan, jangan sampai terbangun”. (ufi/tim-humas)

 

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramSMS CENTER Perwal Tata Naskah Dinas Pemerintah Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramPERATURAN WALIKOTA MATARAM TENTANG KODE ETIK ASNROAD MAP RB KOTA MATARAMBUKU STANDAR HARGA KOTA MATARAM TAHUN 2017Surat Edaran Libur Nasional 2017Edaran Cuti Tahun 2017

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat

Statistik Pengunjung

Hari Ini : 0 Visit
Kemarin : 0 Visit
Bulan Ini : 28,289 Visit
Tahun Ini : 66,215 Visit
Total : 68,935 Visit
Detail Statistik