Rakor Baznas Kota Mataram 2017
08 Maret 2017 829 View

Rakor Baznas Kota Mataram 2017

MATARAM – Sekretaris Daerah Kota Mataram H. Effendi Eko Saswito bersama Kepala Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Mataram H. Mahsar Malacca dan Sekretaris BAZNAS Kota Mataram HL. Djaswad membuka Rapat Koordinasi (Rakor) BAZNAS Kota Mataram dengan jajaran SKPD lingkup Kota Mataram pada Selasa (07/03/16) di Ruang Kenari Kantor Wali Kota Mataram. Rakor yang diikuti oleh segenap perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Kota Mataram ini dalam rangka penyampaian laporan pelaksanaan kegiatan BAZNAS Kota Mataram tahun 2016 sekaligus untuk  mensosialisasikan sistem pengelolaan zakat yang dilaksanakan di Kota Mataram.

Dijelaskan Kepala BAZNAS Kota Mataram H. Mahsar Malacca, sebagai sebuah organisasi non-struktural yang mandiri, BAZNAS Kota Mataram berperan mengelola zakat dalam hal pengumpulan, distribusi dan daya gunanya. Sesuai dengan fungsinya, BAZNAS Kota Mataram menghimpun zakat, infak, dan sedekah, dan dana sosial untuk dimanfaatkan kepada kesejahteraan masyarakat dan penanggulangan kemiskinan di Kota Mataram. Bantuan-bantuan yang disalurkan melalui BAZNAS meliputi usaha bakulan, mikro kecil, mikro kecil menengah. Ada pula bantuan yang bersifat konsumtif bagi fakir miskin, lansia terlantar, perbaikan rumah tidak layak huni, dan lain-lain. Untuk menjalankan peran itu, dibutuhkan dukungan dari semua OPD di Kota Mataram untuk bisa menyalurkan zakat, infak, sedekah, dan dana sosial melalui BAZNAS Kota Mataram. “Sebesar 2,5 persen zakat dari penghasilan kotor disalurkan melalui BAZNAS”, ujarnya.

Sementara dikatakan Sekda Kota Mataram H. Effendi Eko Saswito yang hadir mewakili Wali Kota Mataram, penerimaan zakat di Kota Mataram tahun 2016 sebesar 4,8 Milyar Rupiah, realisasinya masih belum maksimal karena masih rendahnya sosialisasi dan kesadaran umat untuk berzakat. Sementara target dari provinsi sebesar tujuh Milyar Rupiah, dan kebutuhan untuk di Kota mataram sendiri sampai dengan 10 Milyar Rupiah. Karena itu Eko meminta semua OPD di Kota mataram untuk membantu mendorong kesadaran berzakat pada Aparatur Sipil Negara (ASN) muslim secara berkesinambungan. Karena itu diharapkan Eko, Rakor ini bisa menjawab kebutuhan untuk menyatukan persepsi dan sinergitas program sehingga zakat yang dikumpulkan nanti mempunyai hasil guna dan daya guna. “ Sehingga bisa mengubah mustahik menjadi muzzaki”, harapnya.

Bukan itu saja lanjut Eko, dirinya berharap OPD Kota Mataram juga dapat menggerakkan ASN di lingkup kerja masing-masing untuk tidak hanya mengeluarkan infak saja seperti yang selama ini telah dilakukan. Melainkan benar-benar mengeluarkan zakat sebesar 2,5 persen dari penghasilan kotor sesuai dengan tuntunan agama dan juga peraturan yang telah dikeluarkan baik oleh pemerintah pusat maupun daerah. Karena menurut laporan, masih ada beberapa SKPD yang belum menerapkan peraturan pengeluaran zakat pada ASN muslim yang bekerja di lingkup kerjanya.. Sehingga apabila ada yang belum menerapkan, segera dapat digali alasannya. “Insya Allah mengeluarkan zakat tidak akan membuat miskin”, tutupnya. (ufi/humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CitySSH Kota Mataram Tahun 2018Kota Mataram Dalam Data Tahun 2017Kecamatan Cakranegara Dalam DataKecamatan Ampenan Dalam DataKecamatan Mataram Dalam DataKecamatan Sandubaya Dalam DataKecamatan Sekarbela Dalam DataKecamatan Selaparang Dalam DataWebsite jdih Kota MataramBanner MNEK 2018

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat