Silaturahmi Pemkot Dengan Peserta Konferensi Internasional AMSA 2017
24 Maret 2017 545 View

Silaturahmi Pemkot Dengan Peserta Konferensi Internasional AMSA 2017

MATARAM – Lebih dari 200 orang peserta Konferensi Internasional ASEAN Muslim Student Association (AMSA) tahun 2017 telah sampai di Kota Mataram. Peserta yang berasal dari seluruh Indonesia dan juga perwakilan dari negara-negara Asia Tenggara termasuk perwakilan dari Gabungan Mahasiswa Islam Se-Malaysia (GAMIS) ini diterima oleh Wakil Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana bersama Sekretaris Daerah Kota Mataram H. Effendi Eko Saswito dan segenap jajaran pemerintahan Kota Mataram dalam sebuah acara silaturahmi di Halaman Pendopo Wali Kota Mataram pada Kamis (23/03/17) petang.

Dalam sambutan pendahuluannya, Presiden AMSA Safwan Noor memberi apresiasi atas perhatian dan dukungan yang diberikan oleh Pemerintah Kota Mataram pada kegiatan konferensi yang digelar oleh organisasi yang dipimpinnya. Keberadaan AMSA menurutnya, didasari semangat dalam rangka menyatukan para mahasiwa muslim di kawasan Asia Tenggara untuk ikut berkontribusi untuk memberikan solusi atas problematika yang terjadi di kawasan Asia Tenggara. Karena masih banyaknya problematika di kawasan Asia tenggara yang harus ikut diselesaikan oleh anak muda, sementara saat ini diakui banyak kaum muda yang sangat tidak responsif terhadap permasalahan baik permasalahan nasional maupun internasional. “Dukungan ini bukti kepedulian pemerintah. Mudah-mudahan selalu komitmen terhadap kegiatan-kegiatan kepemudaan”, harapnya.

Konferensi Internasional AMSA lanjut Safwan, akan membahas beberapa hal di berbagai bidang. Di bidang dakwah terkait pembinaan terhadap pemuda dan mahasiswa muslim, bidang edukasi untuk merumuskan resolusi tentang dunia pendidikan di kawasan ASEAN, bidang ekonomi dalam kaitannya dengan pengembangan perekonomian umat Islam ditengah menurunnya ekonomi global, bidang sosial budaya untuk mencari resolusi atas konflik-konflik sosial budaya di kawasan Asia Tenggara sekaligus menjaga kultur sebagai kekayaan yang harus dilestarikan, serta bidang kemanusiaan sebagai pembahasan yang paling penting mengingat saat ini banyak terjadi konflik berkelanjutan khususnya di negara-negara dimana muslim menjadi minoritas. “Meskipun ide dan gagasan sebagai kontribusi kita mungkin baru akan berefek 10 tahun kedepan, tapi memberikan kontribusi yang real bagi masyarakat muslim di ASEAN”, ucapnya.

Sementara dalam sambutan Wakil Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana, Mohan menyatakan rasa bangganya berada diantara anak-anak muda yang menurutnya luar biasa. AMSA menurut Mohan, adalah tempat anak-anak muda berafiliasi dalam organisasi yang berkualitas, lepas dari lintas batas negara, untuk memperjuangkan nilai-nilai keislaman. Visi perjuangan yang begitu detil seperti disampaikan oleh Presiden AMSA juga dinilai Mohan mencerminkan keberadaan anak-anak muda yang mampu mengidentifikasi nilai-nilai moral dan etika, serta mampu menginterpetasikan nilai-nilai akidah yang benar-benar diyakini sebagai instrumen perjuangan ditengah perkembangan jaman, dinamika persoalan, dan persaingan yang makin kompetitif. “Begitu banyak macam persaudaraan, tapi persaudaraan yang didasari akidah yang sama memiliki kekokohan yang luar biasa”, ujarnya.

Di akhir sambutannya Mohan berharap agar konferensi yang berlangsung pada tanggal 22-25 Maret 2017 di Aula BKD Provinsi Nusa Tenggara Barat dapat berjalan lancar dan membawa hasil yang optimal sesuai dengan yang diinginkan. Para peserta konferensi yang masih menyandang status sebagai mahasiswa juga dianggap Mohan berada di dalam gairah dan potensi pada fase puncak kehidupan dimana kekuatan jasmani dan kepekaan rasa berada pada titik tertinggi. Dengan demikian diyakini Mohan, kemampuan dan semangat yang dimiliki para peserta konferensi akan mampu melahirkan gagasan untuk dijadikan sebagai produk yang bermanfaat bagi semua pihak, khususnya bagi umat Islam di negara-negara Asia Tenggara. (ufi/din-humas)       

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CitySSH Kota Mataram Tahun 2018Kota Mataram Dalam Data Tahun 2017Kecamatan Cakranegara Dalam DataKecamatan Ampenan Dalam DataKecamatan Mataram Dalam DataKecamatan Sandubaya Dalam DataKecamatan Sekarbela Dalam DataKecamatan Selaparang Dalam DataWebsite jdih Kota MataramBanner MNEK 2018

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat