Beranda - Situs Resmi Pemerintah Kota Mataram
Kepsek dan Komite Sekolah se-Mataram Ikuti Sosialisasi Saber Pungli
04 April 2017 697 View

Kepsek dan Komite Sekolah se-Mataram Ikuti Sosialisasi Saber Pungli

MATARAM – Menghindarkan sekolah dari jebakan pungutan liar (pungli), Dinas Pendidikan Kota Mataram menggandeng Tim Saber Pungli (Sapu Bersih Pungutan Liar) Kota Mataram untuk melakukan sosialisasi terhadap kepala sekolah dan ketua komite sekolah se-Kota Mataram terkait Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 75 Tahun 2016 tentang Komite Sekolah dan Peraturan Wali Kota Mataram Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pentunjuk Pelaksanaan Perda Nomor 1 Tahun 2015 tentang Pengelolaa Zakat, Infaq, dan Sedekah. Sosialisasi yang dilaksanakan di Aula Lantai 3 Kantor Wali Kota Mataram pada Selasa (04/04/17) ini dibuka oleh Wakil Wali Kota Mataram, serta dihadiri oleh Ketua Baznas Kota Mataram H. Mahsar Malacca, Dewan Pendidikan Kota Mataram, serta segenap undangan lain termasuk para peserta sosialisasi yang merupakan kepala sekolah dan ketua komite sekolah se-Kota Mataram.

Dikatakan oleh Wakil Wali Kota Mataram dalam sambutannya, sosialisasi ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Mataram yang merupakan kewajiban bersama semua pihak dan menuntut pihak-pihak terkait memahami regulasi demi memastikan anak-anak usia sekolah mendapatkan hak atas pendidikan, dengan fasilitas yang memadai. Melalui sosialisasi Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 75 Tahun 2016 tentang Komite Sekolah ini diharapkan pihak sekolah tidak lagi salah langkah dalam menggalang dana publik untuk mendukung pendidikan. Karena telah diatur regulasi untuk melakukan penggalangan dana dan sumber daya pendidikan lain dari masyarakat, khususnya oleh komite sekolah, yang tidak tergolong dalam praktik pungli. “Harus ada persepsi yang sama antara guru, komite, dinas, tim saber pungli, dan semua pihak terkait”, ujarnya.

Pungli lanjut Mohan, memang cukup menjadi permasalahan yang menuntut semua pihak untuk berkomitmen penuh menghindarinya. Telah disadari bersama bahwa praktik pungli dapat merusak sendi kehidupan bernegara, sehingga perlu diberantas secara tegas. Oleh karena itu pemerintah dari atas sampai kebawah telah membentuk Satgas Saber Pungli untuk memastikan pungli benar-benar dapat dihilangkan secara tuntas. Termasuk juga untuk guru dan komite sekolah, Mohan meminta agar lebih berhati-hati dalam membuat kebijakan yang berkaitan dengan pungutan, mentaati kebijakan Pemerintah tentang Saber Pungli, serta merespon dan menindaklanjuti secara serius setiap laporan masyarakat tentang praktik pungli. “Pungli ini persoalan serius, bukan main-main”, tegasnya.

Sementara terkait Peraturan Wali Kota Mataram Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pentunjuk Pelaksanaan Perda Nomor 1 Tahun 2015 tentang Pengelolaa Zakat, Infaq, dan Sedekah, Mohan menyebutkan bahwa kebijakan tersebut untuk melakukan optimalisasi penghimpunan zakat khususnya di kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) muslim dari setiap OPD di lingkup Kota Mataram melalui Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) masing-masing. Melalui optimalisasi kinerja UPZ, diharapkan jumlah zakat yang terkumpul kedepannya dapat terkumpul lebih besar sesuai dengan prediksi yang berada di angka 10 Miliar Rupiah, agar lebih banyak lagi yang dapat disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan. (ufi/nyem-humas)

          

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CityWebsite jdih Kota MataramKecamatan Cakranegara Dalam Data 2018.pdfKecamatan Mataram Dalam Data 2018.pdfKecamatan Sandubaya Dalam Data 2018.pdfKecamatan Selaparang Dalam Data 2018.pdfKecamatan Ampenan Dalam Data 2018Kota Mataram Dalam Data 2018Kecamatan Sekarbela Dalam Data 2018

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat