Beranda - Situs Resmi Pemerintah Kota Mataram
Wawali Mataram Buka Rakerda Dekopinda Kota Mataram 2017
11 April 2017 671 View

Wawali Mataram Buka Rakerda Dekopinda Kota Mataram 2017

MATARAM – Wakil Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Dewan Koperasi Indonesia atau Dekopinda Kota Mataram tahun 2017 di Aula Hotel Arum Jaya Mataram pada Senin (10/04/17). Rakerda yang digelar pada tanggal 10-12 April 2017 dan merupakan agenda tahunan Dekopinda Kota Mataram tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Koperasi H. Yance Hendra Dirra, Ketua Dekopinda Kota Mataram Mardi’i, serta 80 orang peserta yang merupakan perwakilan dari koperasi-koperasi anggota Dekopinda Kota Mataram.

Dalam sambutan pendahuluan yang disampaikan oleh Ketua Dekopinda Kota Mataram Mardi’i, disampaikan bahwa perhatian Pemerintah Kota Mataram pada perkembangan dan pembinaan koperasi di Kota Mataram selama ini diakui sangat baik. Hanya saja saat ini secara nasional gerakan koperasi tengah mendapat tantangan yang sangat besar terkait dengan pembiaran yang terlanjur dilakukan secara masif pada para pemodal raksasa yang menyebabkan apa yang dahulu menjadi bagian dari gerakan koperasi dinikmati oleh pihak lain seperti finance dan lain sebagainya, yang dianggapnya telah merusak sistem koperasi. “Kita perlu ada Perda Koperasi sebagai payung hukum yang jelas, yang mungkin bisa menjadi solusi“, ujarnya.

Lebih lanjut diakui Mardi’i, koperasi memang belum dapat dijadikan tumpuan harapan, karena belum bisa meyakinkan untuk dapat mandiri dengan cara berkoperasi. Karena itu Dekopinda Kota Mataram merasa perlu untuk memulai dengan tindakan nyata agar koperasi di Kota Mataram dapat menjadi lembaga yang menjanjikan masa depan anggotanya. Tahun 2017 ini Dekopinda Kota Mataram mencoba membangkitkan kembali kejayaan koperasi dengan menghidupkan kembali koperasi nelayan dan koperasi pasar. “Untuk koperasi pasar kami cobakan di dua pasar, Kebon Roek dan Bertais. Semoga kedepan koperasi dapat membantu pemerintah meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mendukung perkembangan industri kecil di Kota Mataram”.

Menanggapi paparan yang disampaikan Mardi’i, Wakil Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana membenarkan bahwa ditengah iklim yang makin kompetitif saat ini, memaksa semua pihak untuk terus memperbaiki diri agar tetap dapat memiliki daya saing. Ditengah kondisi saat ini, harus benar-benar ada penguatan dari koperasi untuk memastikan anggotanya bisa sejahtera, dan koperasi dapat kembali menjadi kebanggaan bagi anggotanya. Untuk itu Pemerintah Kota Mataram akan memberikan dukungan sepenuhnya untuk menjawab persoalan-persoalan yang tidak bisa diselesaikan melalui pembentukan regulasi. “Sejauh dapat memberi prospek yang baik, akan coba kami lakukan”, tegasnya.

Terkait Rakerda, Mohan memberi apresiasi dan berharap agar melalui Rakerda tersebut dapat dilakukan evaluasi terhadap program-program yang telah dilaksanan, serta dapat memunculkan rencana-rencana baru berupa ide-ide yang kreatif dan inovatif dalam rangka mengembangkan iklim koperasi yang sehat di Kota Mataram. Melalui rakerda diharapkan pula dapat dirumuskan langkah yang harus diambil utk membentuk koperasi baru, merevitalisasi, serta menyepakati formulasi yang tepat untuk membangun koperasi yang kuat. Dengan partipisasi yang kuat untuk saling melengkapi kekurangan, yang substansi keberadaan koperasi. Perkembangan koperasi di Kota Mataram sendiri menurut Mohan sebenarnya sudah cukup baik. Tahun 2015 tercatat ada 386 koperasi, sedangkan tahun 2016 ada peningkatan sampai 396 koperasi. “Artinya angka ini sebagai catatan prestasi terhadap pengembangan koperasi dan UMKM di Kota Mataram”, tutupnya. (ufi/nyem-humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CityWebsite jdih Kota MataramKecamatan Cakranegara Dalam Data 2018.pdfKecamatan Mataram Dalam Data 2018.pdfKecamatan Sandubaya Dalam Data 2018.pdfKecamatan Selaparang Dalam Data 2018.pdfKecamatan Ampenan Dalam Data 2018Kota Mataram Dalam Data 2018Kecamatan Sekarbela Dalam Data 2018

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat