Pengukuhan Atlet dan Pelatih Pelatda Kenari Mataram 2017
May 13, 2014 312 View

Pengukuhan Atlet dan Pelatih Pelatda Kenari Mataram 2017

MATARAM - Menghadapi Pekan Olahraga Tingkat Provinsi (Porprov) Nusa Tenggara Barat pada tahun 2018 mendatang, KONI Kota Mataram menggelar Pemusatan Pelatihan Daerah (Pelatda) yang disebut dengan Pelatda Desentralisasi Kenari Kota Mataram tahun 2017. Pengukuhan bagi para atlet dan pelatih yang akan mengikuti Pelatda Desentralisasi Kenari dilaksanakan di Aula Lantai 3 Kantor Wali Kota Mataram pada Senin (17/04/17) oleh Ketua KONI Kota Mataram sekaligus Wakil Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana. Turut hadir pada kesempatan tersebut Sekretaris Daerah Kota Mataram H. Effendi Eko Saswito, Ketua DPRD Kota Mataram H. Didi Sumardi, dan jajaran OPD terkait lingkup Kota Mataram.

Dalam laporan yang disampaikan Ketua Panitia H. Hartono Tumiran, disebutkan bahwa latar belakang pelaksanaan kegiatan tersebut adalah kegagalan Kota Mataram mempertahankan gelar Juara Umum pada Proprov NTB tahun 2014, serta tidak tercapainya target medali emas pada PON 2016. Sehingga KONI Kota Mataram perlu mempersiapkan atlet dan pelatih secara lebih baik lagi dalam wadah Pelatda Desentralisasi agar siap secara teknik, fisik, mental, dan moral menghadapi Porprov NTB 2018. Pelatda tahun 2017 disebut dengan nama Pelatda Desentralisasi Kenari, dalam artian agar para atlet dan pelatih yang ikut serta dapat kokoh, kuat, dan mendulang banyak prestasi sebagaimana pohon kenari yang kokoh memayungi Kota Mataram serta memiliki banyak manfaat. “Sistem pelatihan desentrlisasi di masing-masing cabor dengan menerapkan promosi degradasi. Artinya panitia akan terus memantau dan dilakukan serangkaian tes, kalau tidak sesuai akan didegradasi dan digantikan atlet lain”, terangnya.

Sementara dikatakan oleh Ketua KONI Kota Mataram sekaligus Wakil Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana dalam sambutannya, Pelatda Desentralisasi Kenari adalah sebuah terobosan tepat yang dilakukan KONI Kota Mataram untuk mengembalikan kejayaan olahraga Kota Mataram. Pasang surut olahraga di Kota Mataram diakui Mohan cukup tentatif. Di satu sisi ada cabor tertentu yang stabil dalam prestasi dan terus dapat memberikan kebanggaan, ada pula yg mengalami penurunan sehingga perlu dilakukan pembinaan lebih baik lagi. Untuk para pelatih yang secara teknis sudah tidak diragukan kemampuannya, akan diberikan pelatihan manajerial, hubungan antar personal, dan pendekatan konseptual. Sedangkan para atletnya akan dipersiapkan semaksimal mungkin agar benar-benar siap menghadapi Porprov NTB 2018. “Sekarang ini waktunya cukup tepat untuk mulai. Masih ada waktu sembilan bulan sampai Porprov”, ujarnya.

Berdasarkan kesepakatan bersama lanjut Mohan, peserta Pelatda telah melalui penjaringan dan seleksi yang sangat ketat serta menyebabkan beberapa cabor tereliminasi.  Tidak seluruh cabor yang ada di Kota Mataram dapat lolos untuk mengikuti Pelatda. Ada 11 cabor yaitu Tenis Lapangan, Sepakbola/Futsal, Tinju, Boxer, Panjat Tebing, Catur, Bridge, Bola Voli, Golf, dan Sepak Takraw yang tidak lolos mengikuti Pelatda. Meski demikian penilaian dalam menjaring peserta Pelatda memang harus fair, dan dengan demikian hasilnya diharapkan dapat menjadi motivasi bagi cabor-cabor yang belum dapat lolos. “Para altet, tetap semangat, jaga kekompakan, jaga silaturahim, tetaplah bisa menjaga kewibawaan cabor. Ini batu lompatan untuk semua meraih prestasi kedepan”, pesannya.

Pelatda berhasil menjaring 52 orang atlet berprestasi dan 20 pelatih bersertifikat serta berpengalaman menangani atlet dari 13 cabor peserta Pelatda dengan target sebagai Juara Umum dan meraih 70 medali emas pada Porprov tahun 2018. Cabor yang lolos mengikutkan atlet dan pelatihnya mengikuti Pelatda Desentralisasi Kenari Kota Mataram tahun 2017 mulai tanggal . Terhitung 1 April-31 Desember 2017 antara lain; Senam, Menembak, Karate, Kempo, Balap Sepeda, Pencak Silat, Taekwondo, Renang, Bulutangkis, Atletik, Tenis Meja, Muaythai, dan Bilyard. Untuk meraih target 70 medali yang dibebankan tersebut, Mohan juga akan meminta Pemerintah Kota Mataram menambah anggaran untuk KONI Kota Mataram pada APBD Perubahan tahun 2017 nanti. (ufi/nyem-humas)

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramSMS CENTER Perwal Tata Naskah Dinas Pemerintah Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramPERATURAN WALIKOTA MATARAM TENTANG KODE ETIK ASNROAD MAP RB KOTA MATARAMBUKU STANDAR HARGA KOTA MATARAM TAHUN 2017Surat Edaran Libur Nasional 2017Edaran Cuti Tahun 2017

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat

Statistik Pengunjung

Hari Ini : 0 Visit
Kemarin : 0 Visit
Bulan Ini : 28,289 Visit
Tahun Ini : 66,215 Visit
Total : 68,935 Visit
Detail Statistik