Tiga OPD Kota Mataram Tangani Administrasi Kependudukan Anak
20 April 2017 564 View

Tiga OPD Kota Mataram Tangani Administrasi Kependudukan Anak

MATARAM – Tiga OPD lingkup Kota Mataram, yaitu; Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), Dinas Kesehatan, dan RSUD Kota Mataram, menegaskan komitmen bersama di bidang pelayanan publik dengan menandatangani Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) terkait Perlindungan dan Pemenuhan Hak Konstitusional Anak Kota Mataram Bidang Administrasi Kependudukan. Penandatanganan MoU antara tiga OPD lingkup Kota Mataram ini dilaksanakan di Aula Pendopo Wali Kota Mataram pada Rabu (19/04/17) dengan disaksikan oleh Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh, serta dihadiri pula oleh perwakilan dari OPD terkait dan camat-lurah se-Kota Mataram.

Mengawali acara, dihadapan seluruh pihak yang hadir Kepala Dinas Dukcapil Kota Mataram H. Ridwan melaporkan bahwa kerjasama tiga OPD yang ditandatangai tersebut adalah untuk memastikan terpenuhinya hak anak-anak mulai dari usia nol tahun dalam hal administrasi kependudukan. Teknisnya, Dinas Dukcapil akan melakukan pelayanan jemput bola untuk mengambil serta memproses dokumen administrasi kependudukan anak yang baru dilahirkan di 11 Puskesmas dan RSUD Kota Mataram. “Untuk setiap anak yang dilahirkan, akan diterbitkan tiga layanan Dukcapil berupa KK (Kartu Keluarga) baru akibat penambahan anggota keluarga, akte kelahiran, dan akan diterbitkan juga secara berbarengan Katu Identitas Anak usia 0-5 tahun”, terangnya.

Dinas Dukcapil Kota Mataram lanjut Ridwan, per bulan Maret 2017 telah sampai di posisi 91 persen dalam hal cakupan kepemilikan identitas anak. Angka tersebut melampai target yang ditetapkan secara nasional pada tahun 2017 yang berada dalam angka 80 persen, bahkan melampaui target nasional tahun 2019 yang hanya sebesar 85 persen. Dengan kerjasama yang dilakukan melalui MoU, diharapkan akan dapat menambah lagi cakupan kepemilikan identitas anak. Apalagi saat ini pelayanan semakin cepat dan mudah, ditambah dengan telah tumbuhnya kesadaran masyarakat mengurus administrasi kependudukan anak yang dilahirkan “Walaupun masih berada di cluster B untuk role model pelayanan publik, kita sudah dapat penghargaan dari Kementerian PAN RB sebagai satu dari 59 kabupaten/kota terbaik diantara 516 kabupaten/kota di Indonesia. Kita kejar tahun ini untuk dapat cluster A”, ujarnya.

Menanggapi telah disepakatinya kerjasama antara tiga OPD lingkup Kota Mataram, Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh dalam sambutannya mengatakan bahwa dirinya yakin bahwa kedepan pelayanan administrasi kependudukan akan dapat berjalan dengan lebih efektif. Sehingga target administrasi kependudukan bagi anak usia 0-18 tahun dipastikan dapat direalisasikan. Selain itu Wali Kota juga mensyukuri apresiasi dari pusat dengan telah beberapa kalinya Kota Mataram mendapatkan reward di bidang kependudukan, yang diharapkannya dapat menjadi motivasi untuk semakin meningkatkan pelayanan. Kinerja serta pelayanan terbaik juga diharapkan Wali Kota dapat ditunjukkan pula oleh OPD lain di lingkup Kota Mataram dengan menyegerakan penyerapan anggaran. “Tugas kita bukan semakin ringan tapi semakin berat. Klasifikasikan mana yang bisa segera realisasi, jangan sampai menunggu. Tentu lebih cepat lebih baik”, tegasnya.

Penandatanganan MoU Perlindungan dan Pemenuhan Hak Konstitusional Anak Kota Mataram Bidang Administrasi Kependudukan antara tiga OPD lingkup Kota Mataram dirangkaikan pula dengan penyerahan santunan klaim asuransi bagi nelayan Kota Mataram. Santunan klaim asuransi dari PT. Asuransi Jasindo diserahkan oleh Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh kepada ahli waris Almarhum Munzir dari Lingkungan Kampung Bugis Kecamatan Ampenan sebesar 160 juta rupiah, dan tunjangan kesehatan kepada nelayan lain bernama Slamet Riadi sebesar 612.750 rupiah. (ufi/ist-humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CitySSH Kota Mataram Tahun 2018Kota Mataram Dalam Data Tahun 2017Kecamatan Cakranegara Dalam DataKecamatan Ampenan Dalam DataKecamatan Mataram Dalam DataKecamatan Sandubaya Dalam DataKecamatan Sekarbela Dalam DataKecamatan Selaparang Dalam DataWebsite jdih Kota MataramBanner MNEK 2018

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat

Statistik Pengunjung

Hari Ini : 2,399 Visit
Kemarin : 2,716 Visit
Bulan Ini : 72,403 Visit
Tahun Ini : 379,723 Visit
Total : 962,582 Visit
Detail Statistik