Lomba Cipta Menu Ikan Harus Berjenjang
16 September 2012 1,350 View

Lomba Cipta Menu Ikan Harus Berjenjang

Kegiatan lomba cipta menu serba ikan ke depan harus dilaksanakan secara berjenjang, mulai dari tingkat kelurahan, kecamatan dan terakhir tingkat Kota Mataram. “Hal ini akan lebih mensosialisasikan program ‘Ayo Makan Ikan Agar Sehat dan Cerdas,” demikian dilontarkan Walikota Mataram, H. Ahyar Abduh ketika membuka Lomba Cipta Menu Serba Ikan tingkat Kota Mataram di halaman kantor Walikota Mataram, Kamis 13 September 2012.
Walikota mengatakan, saat ini tingkat konsumsi ikan di Kota Mataram sebesar 19 kilogram pertahun perkapitan, sementara targetnya mencapai 24 kilogram pertahun perkapita. Oleh karena itu, program gemar makan harus terus menerus disosialisasikan ke masyarakat. Terlebih potensi sumber daya laut di Kota Mataram cukup tinggi, dengan produksi ikan mencapai 340 ton pertahun, dengan demikian Kota Mataram ke depan diharapkan menjadi pusat pemasaran hasil laut khususnya ikan.“Jangan sampai masyarakat hanya mengkonsumsi daging-daging terus,” katanya.
Kepala Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan Kota Mataram, H. Mazhuriadi mengatakan, dalam loma cipta menu serba ikan tahun 2012 ini diikuti sebanyak 44 peserta yang berasal dari SKPD, Darmawanita, GOW, PKK kecamatan dan kelurahan se Kota Mataram.
Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan konsumsi ikan masyarakat, memperkenalkan keanekaragaman masakan berbahan baku ikan dan meningkatkan peluang pangsa pasar ikan dan produk ikan bagi kesejahteraan masyarakat khususnya nelayan, pembudidaya, pengolahan hasil perikanan.
Sementara Wakil Ketua DPRD Kota Mataram H. Didi Sumardi SH yang ikut berkeliling dengan Walikota Mataram bersama rombongan dari stan ke stan peserta lomba mendukung program lomba cipta menu serba ikan tersebut. Pasalnya peserta lomba mampu menciptakan cara dan bentuk pengelolaan ikan sehingga lebih menarik serta memberikan cita rasa yang tinggi. “Rasa ikan dari olahan makanan hampir tidak terasa apalagi pada jus ikan, namun unsur gizi ikan yang sangat dibutuhkan tidak hilang. Semangat lomba ini sangat dibutuhkan warga Kota Mataram dalam berkreatifitas dalam pengelolaan ikan,” katanya.
Dari 44 peserta lomba cipta menu serba ikan tahun 2012, Kecamatan Sandubaya berhasil keluar menjadi juara I, kemudian juara II Dinas Kesehatan, dan juara III diraih Dinas Tatakota. Sementara juara harapan I diraih Bakesbaglinmas, harapan II Inspektorat dan harapan III diraih Dinas Pendapatan Daerah. Piala, piagam dan bingkisan pemenang lomba di serahkan oelh Ketua TP.PKK Kota Mataram Hj. Suryani Ahyar Abduh.(nir/nyem foto humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CitySSH Kota Mataram Tahun 2018Kota Mataram Dalam Data Tahun 2017Kecamatan Cakranegara Dalam DataKecamatan Ampenan Dalam DataKecamatan Mataram Dalam DataKecamatan Sandubaya Dalam DataKecamatan Sekarbela Dalam DataKecamatan Selaparang Dalam DataWebsite jdih Kota MataramBanner MNEK 2018

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat

Statistik Pengunjung

Hari Ini : 2,372 Visit
Kemarin : 2,716 Visit
Bulan Ini : 72,376 Visit
Tahun Ini : 379,696 Visit
Total : 962,555 Visit
Detail Statistik