DPRD Terima LKPJ Walikota Mataram Tahun Anggaran 2016
02 Mei 2017 863 View

DPRD Terima LKPJ Walikota Mataram Tahun Anggaran 2016

MATARAM – Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban Wali Kota Mataram Tahun Anggaran 2016 telah diterima oleh DPRD Kota Mataram. Penerimaan atas LKPJ Wali Kota Mataram dinyatakan oleh DPRD Kota Mataram dalam Rapat Paripurna yang dirangkaikan dengan Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Mataram pada Jumat (28/04/17) di Ruang Rapat DPRD Kota Mataram. Rapat yang dipimpin oleh Ketua DORD Kota Mataram H. Didi Sumardi dihadiri oleh Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh, Wakil Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana, Sekretaris Daerah Kota Mataram H. Effendi Eko Saswito, beserta segenap jajaran OPD Kota Mataram.

Rapat Paripurna diawali dengan pembacaan Laporan Hasil Panitia Khusus (Pansus) Dewan yang dibacakan oleh Ketua Pansus H. Muhir. Dalam laporan Ketua Pansus disebutkan bahwa Pansus telah melakukan pembahasan secara intensif baik rapat internal maupun dengan pihak eksekutif. Mengacu pada rapat-rapat tersebut, telah mnghasilkan catatan-catatan strategis berupa saran dan masukan terhadap LKPJ Wali Kota Mataram Tahun Anggaran 2016 yang dibagi dalam 13 urusan wajib. Yaitu urusan wajib Pendidikan, Kesehatan, Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perencanaan Pembangunan, Perhubungan, Lingkungan Hidup, Pertanahan, Koperasi dan UMKM, Penanaman Modal, Kesatuan Bangsa dan Politik Dalam Negeri, Ketahanan Pangan, serta Komunikasi dan Informatika.

Dalam 13 poin yang menjadi catatan tersebut, dijelaskan pula hal-hal yang harus menjadi perhatian lebih lanjut. Seperti mencarikan solusi terbaik untuk mengatasi peningkatan jumlah siswa dari luar yang mendaftar di Kota Mataram, memperhatikan pelayanan BPJS, mencari terobosan untuk mengatasi banjir dan genangan, penataan Ruang Terbuka Hijau secara komprehensif, mengontrol progres capaian RPJMD setiap tahun, mengoptimalkan peran dan fungsi UPTD Parkir, pengelolaan persampahan dan yang terkait dengan kesadaran masyarakat dalam budaya bersih, Saran untuk membangun tapal batas dan gapura selamat datang pada jalur bypas Mataram-Bandara, penertiban pasar modern, penataan dan pembaharuan sistem pelayanan BPMP2T berbasis IT, penataan kawasan perkotaan yang lebih segmentatif berbasis keunggulan wilayah, mengarahkan Kota Mataram menjadi Smart City, serta menyediakan akses informasi publik terhadap seluruh dokumen peencanaan dan anggaran berbasis online.

Selain memberikan sejumlah catatan, Ketua Pansus juga menyampaikan ucapan selamat kepada pasangan Kepala daerah H. Ahyar Abduh dan H. Mohan Roliskana atas prestasi dan penghargaan yang diterima Kota Mataram sepanjang tahun 2016. Diantaranya perolehan Opini WTP, Sertifikat ISO 9001-2008 di bidang pelayanan kependudukan dan catatan sipil, penghargaan penerapan KTP elektronik, penghargaan atas keberhasilan menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2015, Piagam Citra Satelit Revolusi Tinggi dari Badan Geospasial Indonesia, National Procurement Award 2016 pada LPSE 2016, Peringkat I Nasional Keterpaduan Infrastruktur PU PR tahun 2016, Kota Peduli HAM tahun 2015, dan Peringkat I Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Badan Publik se-Provinsi NTB.

Menyikapi catatan-catatan strategis yang disampaikan oleh Ketua Pansus Dewan, Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh mengatakan bahwa catatan-catatan yang diberikan oleh pihak dewan akan menjadi perhatian dan ditindak lanjuti oleh Pemerintah Kota Mataram. Pihaknya akan mempelajari, mengevaluasi, dan juga akan melaksanakannya bila hal-hal dimaksud memungkinkan untuk segera dilaksanakan. Beberapa hal yang menjadi catatan lanjut Wali Kota, sebenarnya sudah dilaksanakan, meski masih harus lebih meningkatkan kinerja. Seperti mencoba menerapkan solusi program jemput langsung sampah rumah tangga dengan membagi kendaraan operasional roda tiga yang saat ini masih dalam tahap uji coba. Dipastikan Wali Kota, pihak eksekutif akan bekerja keras menindak lanjuti. Karena baik pihak eksekutif maupun legislatif sama-sama ingin segera mewujudkan apa yang menjadi urusan wajib masyarakat. “Inilah wujud kemitraan sejajar antara eksekutif dan legilatif yg harus terus dipertahankan bahkan ditingkatkan”, ujarnya.

Selain itu Wali Kota juga mengingatkan semua pihak bahwa tahun ini di Kota Mataram akan banyak agenda baik berskala lokal, regional, maupun nasional yang segera digelar. Melalui kesempatan tersebut dihimbau pula agar semua pihak menyiapkan diri sebaik-baiknya menjadi tuan rumah bagi agenda-agenda besar yang akan digelar di Kota Mataram. Yang bahkan beberapa agenda diantaranya merupakan kegiatan-kegiatan partai yang berkaitan dengan agenda Pilkada Provinsi NTB di tahun 2018 mendatang, seperti Rakernas Partai Demokrat yang dalam waktu dekat akan segera dilangsungkan. “Target kita sebagai tuan rumah kegiatan tetap target tiga sukses atau target trisukses. Sukses Penyelenggaraan. Sukses Pencitraan, dan Sukses Ekonomi”, tutupnya. (ufi/nyem-humas)

 

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CitySSH Kota Mataram Tahun 2018Kota Mataram Dalam Data Tahun 2017Kecamatan Cakranegara Dalam DataKecamatan Ampenan Dalam DataKecamatan Mataram Dalam DataKecamatan Sandubaya Dalam DataKecamatan Sekarbela Dalam DataKecamatan Selaparang Dalam DataWebsite jdih Kota MataramBanner MNEK 2018

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat