Beranda - Situs Resmi Pemerintah Kota Mataram
Peringatan Isra Mi?raj 1438 H Kota Mataram
04 Mei 2017 924 View

Peringatan Isra Mi?raj 1438 H Kota Mataram

MATARAM – Pemerintah Kota Mataram menggelar Peringatan Isra Mi’raj Nabi Besar Muhammad SAW pada Rabu (03/05/17) di Halaman Kantor Wali Kota Mataram. Peringatan hari besar umat Islam yang digelar oleh Panitia Hari Besar Islam (PHBI) dan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kota Mataram ini dihadiri oleh Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh, Wakil Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana, segenap anggota Forkopimda Kota Mataram, para tokoh agama, serta seluruh jajaran karyawan-karyawati muslim Pemerintah Kota Mataram. Selain itu turut hadir pula Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kota Mataram yang akan diberangkatkan pada musim haji mendatang, karena sekaligus dirangkaikan dengan Pembukaan Bimbingan Manasik Haji Gratis bagi JCH asal Kota Mataram.

Dikatakan Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh dalam sambutannya, bagi umat Islam Kota Mataram, peringatan Isra Mi’raj dan hari-hari besar Islam lain adalah sebuah tradisi yang diwariskan oleh guru-guru serta alim ulama terdahulu. Namun bukan hanya sekedar rutinitas berdasarkan tradisi saja, tapi jauh lebih bermakna sebagai umat adalah untuk dapat mengambil hikmahnya. Seperti pada peringatan Isra Mi’raj yang merupakan awal mula turunnya perintah sholat, salah satu hikmah yang dapat diambil adalah untuk dapat memperbaiki kualitas ibadah. “Intinya istiqomah. Kita perbaiki kualitas ibadah sholat. Kita yakini bahwa kunci keberhasilan dan kesuksesan adalah sholat”, tuturnya.

Terkait dengan Bimbingan Manasik Haji Gratis yang dirangkaikan dengan peringatan Isra Mi’raj, merupakan kegiatan rutin yang setiap tahun dilaksanakan untuk membekali JCH Kota Mataram agar dapat menjalankan rukun haji dengan baik dan benar sehingga mendapat gelar haji yang mabrur. Selain memberikan bimbingan manasik haji gratis, pemerintah kota setiap tahun juga memberikan pelayanan gratis bagi calon haji berupa imuninasi influenza dan meningitis, yang biayanya ditanggung melalui APBD Kota Mataram. Disamping dapat mempelajari rukun dan sunah haji, kegiatan manasik sekaligus sebagai wadah silaturahim bagi para jamaah agar terbiasa dengan kelompok masing-masing. “Jamaah bisa saling mengenal lebih dekat, sehingga mempermudah untuk berkomunikasi,” ucapnya.

Jumlah JCH Kota Mataram tahun 2017 peserta manasik haji menurut Ketua Panitia Penyelenggara sekaligus Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kota Mataram H. Husnan Ahmadi, sebanyak 651 orang ditambah 60 orang yang masuk kuota cadangan. Sehingga total peserta manasik haji sejumlah 711 orang. Manasik haji dilaksanakan setiap hari pada tanggal 5-11 Mei 2017, dan sebagai kegiatan penutupan akan dilaksanakan di Asrama Haji NTB. “IPHI bertekad menjadikan haji itu sepanjang hayat. Maknanya adalah haji yang mandiri, tidak tergantung pada orang lain, tidak lagi ragu-ragu ada yang kurang dalam rukun ibadahnya, berusaha sekuat tenaga memperdalam manasik, dan pasrah pada Allah sebagai penilai akhir”. (ufi/din-humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CityWebsite jdih Kota MataramKecamatan Cakranegara Dalam Data 2018.pdfKecamatan Mataram Dalam Data 2018.pdfKecamatan Sandubaya Dalam Data 2018.pdfKecamatan Selaparang Dalam Data 2018.pdfKecamatan Ampenan Dalam Data 2018Kota Mataram Dalam Data 2018Kecamatan Sekarbela Dalam Data 2018

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat