Penandatanganan MoU Dinas Ketahanan Pangan dan TP PP Kota Mataram
May 13, 2014 70 View

Penandatanganan MoU Dinas Ketahanan Pangan dan TP PP Kota Mataram

MATARAM – Dinas Ketahanan Pangan Kota Mataram dan TP PKK Kota Mataram menjalin kerjasama yang dituangkan dalam sebuah Kesepakatan Bersama atau Memorandum of Understanding (MoU) tentang Pemanfaatan Pekarangan Melalui Gerakan Tanam Cabai Terintegrasi Unggas (TANCAB GAS), Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman (HATINYA) PKK dan Pengembangan Pangan Lokal. Kerjasama ditandatangani di Aula Pendopo Wali Kota Mataram pada Rabu (10/05/17) antara Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Mataram Hj. Tasnim Sastiani dan Ketua TP PKK Kota Mataram Hj. Suryani Ahyar Abduh, dengan disaksikan oleh Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh.

Menurut Kepala Dinas Ketahanan Pangan Hj. Tasnim Sastiani, program yang dikerjasamakan antara dinas yang dipimpinnya dengan TP PKK bertujuan sebagai acuan untuk mensinergikan pelaksanaan program secara terpadu untuk mencapai hasil yang lebih optimal melalui pemanfaatan lahan pekarangan dan meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelaksanaan program ketahanan pangan dalam rangka mewujudkan sumber daya keluarga yang berkualitas. Untuk itu Dinas ketahana  pangan juga menyerahkan bantuan berupa bibit cabai dan dana operasional sebesar 15 juta rupiah masing-masing kepada lima kelompok wanita penerima manfaat. “Semoga ibu-ibu PKK bisa memberikan contoh kepada ibu-ibu rumah tangga lainnya untuk dapat memanfaatkan pekarangan rumah”, harapnya.

Sementara disampaikan oleh Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh, program yang dikerjasamakan merupakan sebuah positif yang akan memberi manfaat dalam upaya dan ikhtiar untuk mewujudkan kedaulatan dan kemandirian di bidang pangan di Kota Mataram. Terlebih karena urusan pangan merupakan urusan wajib yang mau tidak mau harus diprogramkan oleh pemerintah. Terkait dengan lima kelompok wanita penerima manfaat yang mendapat bantuan, Wali Kota berharap agar pada kesempatan berikutnya dapat ditambah jumlahnya sehingga penerima manfaat ada dari setiap kecamatan. “Bila tidak ada anggaran yang dari pusat atau provinsi, akan kita anggarkan supaya penerima manfaat bisa lebih dari lima kelompok. Supaya dari semua kecamatan ada”, ujarnya.

Kota Mataram lanjut Wali Kota, memiliki persoalan terkait luas lahan yang makin lama makin tidak sebanding dengan jumlah penduduk. Apalagi sejalan dengan pertumbuhan ekonomi yang menyebabkan ikut meningkatnya kebutuhan fasilitas masyarakat. Termasuk ketersediaan rumah di Kota Mataram yang masih kekurangan 20 ribu unit rumah bagi masyarakat Kota Mataram yang tentu membutuhkan ketersediaan lahan cukup banyak. Karena itu Wali Kota mengajak semua pihak untuk memanfaatkan sebaik-baiknya pekarangan atau halaman kosong. “Tidak usah menunggu program pemerintah, tanami dengan apa saja. Selain bisa menciptakan kesejukan, halaman menjadi asri, juga bisa membawa banyak manfaat”, pesannya.

Lima kelompok wanita penerima manfaat yaitu; Kelompok Wanita Sintung Hati dari Kelurahan Banjar Kecamatan Ampenan, Kelompok Wanita Kebun Maju Mandiri dari Kelurahan Kebun Sari Kecamatan Ampenan, Kelompok Wanita Melati Satu dari Kelurahan Pejarakan Karya Kecamatan Selaparang, Kelompok Wanita Solah Inges dari Kelurahan Rembiga Kecamatan Selaparang, dan Kelompok Wanita Karang Putih dari Kelurahan Pagutan Kecamatan Mataram, yang setiap kelompok terdiri dari 25 orang. Bantuan yang diserahkan tahun 2017 merupakan bantuan tahun pertama. Untuk tahun kedua berupa pengembangan akan diberikan lagi bantuan dengan nilai dana lebih kecil, sedangkan pada tahun ketiga tiap kelompok penerima manfaat sudah dianggap mandiri. (ufi/din-humas)

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramSMS CENTER Perwal Tata Naskah Dinas Pemerintah Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramPERATURAN WALIKOTA MATARAM TENTANG KODE ETIK ASNROAD MAP RB KOTA MATARAMBUKU STANDAR HARGA KOTA MATARAM TAHUN 2017Surat Edaran Libur Nasional 2017Edaran Cuti Tahun 2017

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat

Statistik Pengunjung

Hari Ini : 0 Visit
Kemarin : 0 Visit
Bulan Ini : 28,289 Visit
Tahun Ini : 66,215 Visit
Total : 68,935 Visit
Detail Statistik