Penyerahan Kartu Nelayan dan Kartu Asuransi Nelayan
May 13, 2014 8,078 View

Penyerahan Kartu Nelayan dan Kartu Asuransi Nelayan

MATARAM – Kartu Nelayan bagi para nelayan asal Kota Mataram diserahkan pada Jumat (12/05/17) di Eks Pelabuhan Ampenan. Penyerahan Kartu Nelayan yang sekaligus penyerahan bantuan berupa mesin dan sampan oleh Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh, dirangkaikan pula dengan pembayaran klaim asuransi nelayan oleh perwakilan dari Pt. Jasa Asuransi Indonesia (Jasindo). Selain dihadiri oleh para nelayan Kota Mataram, turut hadir dalam agenda yang diinisiasi oleh Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Mataram tersebut perwakilan dari anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Mataram, perwakilan dari PT. Jasindo Cabang Kota Mataram, dan jajaran pimpinan OPD Lingkup Kota Mataram.

Disampaikan Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh dalam sambutannya, Pemerintah Kota Mataram memberi perhatian yang cukup tinggi bagi masyarakat pesisir Kota Mataram untuk mengentaskan masyarakat pesisir yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan dari kemiskinan. Perhatian yang diimplementasikan dalam bentuk program-program kerja tersebut, walaupun sampai saat ini belum dapat dipenuhi keseluruhan karena keterbatasan anggaran akan terus didorong dan diupayakan agar dapat diwujudkan. Termasuk diantaranya pembangunan infrastruktur sepanjang pantai yang masih belum dapat direalisasikan, dan program-program jangka panjang dan menengah lain yang dihajatkan agar masyarakat pesisir nantinya tidak hanya bergantung pada profesi nelayan saja. “Ampenan dan masyarakat pesisir jadi obsesi saya dari dulu”, ucapnya.

Terkait dengan asuransi bagi nelayan, Wali Kota menyayangkan nelayan yang tampak angin-anginan pada saat menerima sosialisasi. Padahal manfaat dari asuransi yang ditawarkan cukup besar, dan memiliki jaminan kepastian. Jumlah nelayan di Kota Mataram yang mencapai 1.446 orang, 1.354 orang telah memiliki Kartu Nelayan, dan baru 638 diantaranya yang telah memiliki Kartu Asuransi Nelayan. Untuk kekurangan yang ada, Wali Kota akan mencoba mengurus ke kementerian terkait agar semua nelayan yang ada di Kota Mataram memiliki asuransi. “Kalau belum bisa, nanti akan diantisipasi dengan anggaran dari APBD. Untuk sementara pemerintah yang bayarkan”.

Sementara disampaikan oleh Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Mataram Hj. Baiq Sujihartini, kepemilikan Kartu Nelayan dan kartu Asuransi Nelayan menjadi hal yang perlu diperhatikan oleh para nelayan Kota Mataram. Selain untuk dapat memperoleh bantuan dari pemerintah sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku, juga menjamin kegiatan nelayan yang lebih baik karena adanya jaminan perlindungan atas resiko yang dialami nelayan saat bekerja. Dengan kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan kesadaran bagi para nelayan kecil dan nelayan tradisional untuk dapat memiliki Kartu Nelayan dan Kartu Asuransi Nelayan. Dengan demikian nelayan dapat merasa lebih tentram dan nyaman saat menjalani profesinya.

Premi asuransi bagi nelayan yang dapat diklaim oleh pemilik Kartu Asuransi Nelayan sebesar 200 juta rupiah bila nelayan bersangkutan mengalami kecelakaan saat bekerja yang menyebabkan kematian. Bila nelayan bersangkutan meninggal saat tidak sedang melaut, premi yang dapat diklaim sebesar 160 juta rupiah. Untuk santuan kecelakaan yang menyebabkan cacat permanen sebesar maksimal 100 juta rupiah, dan pengobatan maksimal 20 juta rupiah. Sedangkan klaim asuransi yang diserahkan pada kegiatan tersebut diberikan kepada Alm. Munzir yang diterima oleh ahli waris sebesar 160 juta rupiah, dan santuan dari asuransi berupa biaya pengobatan kecelakaan bagi nelayan bernama Slamet Riadi sebesar Rp. 672.750,-. (ufi/ist-humas)

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramSMS CENTER Perwal Tata Naskah Dinas Pemerintah Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramPERATURAN WALIKOTA MATARAM TENTANG KODE ETIK ASNROAD MAP RB KOTA MATARAMBUKU STANDAR HARGA KOTA MATARAM TAHUN 2017Surat Edaran Libur Nasional 2017Edaran Cuti Tahun 2017

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat

Statistik Pengunjung

Hari Ini : 0 Visit
Kemarin : 0 Visit
Bulan Ini : 28,289 Visit
Tahun Ini : 66,215 Visit
Total : 68,935 Visit
Detail Statistik