Silaturahmi Dengan KCBI
23 Mei 2017 721 View

Silaturahmi Dengan KCBI

MATARAM – Keberadaan Komunitas Cinta Berkain Indonesia (KCBI) yang telah melebarkan sayap sampai ke Pulau Lombok dengan mengukuhkan KCBI Lombok mendapat apresiasi dari sesepuh organisasi wanita Kota Mataram yang juga merupakan Ketua TP PKK Kota Mataram sekaligus istri Wali Kota Mataram, Hj. Suryani Ahyar Abduh. Apresiasi atas keberadaan KCBI Lombok disampaikan Hj. Suryani di hadapan ketua serta pengurus KCBI Pusat dan KCBI Lombok pada saat silaturahmi antara Pemerintah Kota Mataram dengan KCBI yang digelar di Aula Pendopo Wali Kota Mataram pada Jumat (19/05/17) petang.

Dikatakan Hj. Suryani, keberadaan KCBI Lombok memiliki nilai positif yang akan dapat mengangkat kain-kain khas Lombok agar bisa lebih dikenal di belahan nusantara lain bahkan sampai ke mancanegara. Mengingat KCBI tidak hanya ada di Indonesia saja, melainkan telah memiliki cabang yang dibentuk oleh para wanita pecinta kain tradisional di beberapa negara asing. Selain itu, KCBI diyakini akan dapat memberikan motivasi bagi para wanita Indonesia agar dapat merasa bangga memiliki kekayaan ragam corak dan motif kain tradisional dari daerah-daerah di Indonesia. “Menyemangati masyarakat Indonesia untuk terbiasa dan bangga memakai kain tradisional Nusantara sebagai busana pilihan sehari-hari, baik resmi maupun informal”, ucapnya.

Mengenakan kain tradisional lanjut Hj. Suryani, selama ini dianggap pantas untuk acara-acara resmi saja, bahkan dianggap hanya cocok untuk wanita usia paruh baya. Jika anggapan-anggapan tersebut dibiarkan, maka generasi muda di Indonesia tidak akan lagi mengenal budayanya sendiri. Belum lagi dengan alasan-alasan yang kerap muncul atas keengganan memakai kain tradisional. Mulai dari kesulitan memakainya, sulit mencari padanan busananya, sampai dengan alasan tidak praktis, menyebabkan kain-kain tradisional makin banyak ditinggalkan. Dengan telah dibentuknya KCBI Lombok, Hj. Suryani berharap agar generasi muda di Lombok yang dikenal sebagai Pulau Seribu Masjid dapat mencerminkan nilai religius dengan cara berpakaian santun, rapi, dengan tetap menjaga nilai-nilai budaya ditengah derasnya arus globalisasi saat ini.

Sementara itu dikatakan oleh Ketua KCBI Pusat Sita Hanimastuti, KCBI yang dibentuk pada tanggal 9 Maret 2014 telah berkembang lebih pesat dari yang diperkirakan. Komunitas yang dibentuk untuk mengajak masyarakat agar kembali mencintai dan peduli pada warisan leluhur ini telah memiliki sembilan cabang yang dua diantaranya berada di luar negeri, yaitu di San Francisco California yang berada Amerika Serikat dan di Perth Australia. Ide untuk membentuk komunitas ini timbul karena semakin kuatnya modernisasi, sehingga dikhawatirkan identitas bangsa semakin terlindas, dan kemudian hilang. “Memakai kain tradisional akan dapat memperkokoh jati diri kita sebagai Indonesia dimata dunia. Mari menjaga tradisi dengan karunia berupa kekayaan jenis kain di indonesia. Setidaknya mari kita menjadi pasar untuk produk bangsa sendiri”, ajaknya. (ufi/din-humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CityWebsite jdih Kota MataramKecamatan Cakranegara Dalam Data 2018.pdfKecamatan Mataram Dalam Data 2018.pdfKecamatan Sandubaya Dalam Data 2018.pdfKecamatan Selaparang Dalam Data 2018.pdfKecamatan Ampenan Dalam Data 2018Kota Mataram Dalam Data 2018Kecamatan Sekarbela Dalam Data 2018

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat