Sosialisasi dan Bimtek LAPOR! Bagi OPD Lingkup Kota Mataram
May 13, 2014 395 View

Sosialisasi dan Bimtek LAPOR! Bagi OPD Lingkup Kota Mataram

MATARAM – Dinas Komunikasi dan Komunikasi (Kominfo) Kota Mataram telah memiliki sebuah sistem aplikasi baru sebagai sarana pengaduan bagi masyarakat yang disebut dengan Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat atau LAPOR!. Untuk memastikan sistem aplikasi yang merupakan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) ini dapat difungsikan sebagaimana mestinya pada saat diluncurkan, Dinas Kominfo Kota Mataram menggelar Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) LAPOR! yang diikuti oleh perwakilan dari OPD lingkup Kota Mataram dan unsur masyarakat, yang dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kota Mataram H. Effendi Eko Saswito.

Dalam sambutan Sekda Kota Mataram H. Effendi Eko Saswito, dikatakan bahwa penerapan sistem LAPOR! merupakan komitmen pemerintah untuk menjaring aspirasi masyarakat secara maksimal. Sosialisasi yang digelar sebelum sistem LAPOR! diterapkan merupakan bentuk publikasi atas kesiapan Kota Mataram dalam melaksanakannya secara bertahap, sampai pada akhirnya nanti diluncurkan pada tanggal 31 Agustus 2017 bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Kota Mataram. Setelah diluncurkan, diharapkan seluruh pihak terkait telah siap. Dalam hal ini SDM yang mengelola pengaduan telah memiliki kompetensi dalam pengelolaan terintegrasi pengaduan berbasis teknologi. “Masyarakat juga sudah mempunyai kesadaran untuk berpartisipasi, berani menyampaikan pengaduan, dan mengerti bahwa pengaduan bukan hanya berguna untuk diri sendiri tapi juga untuk orang lain dan pemerintah”, jelasnya.

Sistem LAPOR! sendiri lanjut Eko, merupakan layanan yang dikembangkan bersama oleh Kantor Staf Kepresidenan (KSP), Ombudsman RI, dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) yang telah ditetapkan sebagai Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N). Dengan ketentuan yang mengamanatkan agar seluruh Pemerintah Daerah yang menyelenggarakan pengelolaan pengaduan pelayanan publik mengintegrasi layanannya dengan LAPOR!. Baik pengaduan pelayanan publik yang berbasis antar instansi, lintas instansi, dari unti terbawah sampai dengan unit teratas. Karena itu persiapan implementasi sistem LAPOR secara terus-menerus mendapat pendampingan dan bimbingan dari Kemenpan-RB dan Ombudsman RI Perwakilan Nusa Tenggara Barat.

Sementara itu dikatakan oleh perwakilan Kepala Deputi Pelayanan Publik Kemenpan-RB yang disampaikan oleh ibu Emida Suparti, SH. MAP, saat ini sistem LAPOR! telah dikelola sepenuhnya oleh Kemenpan-RB dan sampai saat ini telah terhubung dengan 24 provinsi, 83 kabupaten, dan 32 kota dari seluruh Indonesia. Untuk memastikan sistem berjalan dengan baik, Kemenpan-RB mengajak semua Pemerintah Daerah yang terhubung dalam sistem LAPOR! agar dapat memenuhi komitmen bersama untuk tidak saja dapat menerima pengaduan. Melainkan juga mengelola pengaduan dan menindaklanjuti, sehingga LAPOR! yang merupakan cikal bakal terwujudnya satu portal pengaduan terpadu nasional di Indonesia ini dapat menjadi satu media yang terpercaya dalam penyelesaian masalah.

Sedangkan menurut Kepala Dinas Kominfo Kota Mataram HL. Junaidi, dengan adanya sistem LAPOR!, penyelenggara, dalam hal ini Pemerintah Kota Mataram melalui dinas yang dipimpinnya dapat mengelola pengaduan masyarakat secara cepat, tepat, tuntas, dengan cara yang terorganisir baik. Dinas Kominfo Kota Mataram akan memfasilitasi setiap pengaduan yang masuk melalui situs web lapor.go.id serta layanan SMS dengan format MTR<spasi> isi aduan kirim ke 1708, yang dapat diakses melalui semua operator seluler dan aplikasi mobile, bila masyarakat menemukan ada hal yang tidak beres dalam pembangunan atau pelayanan publik di Kota Mataram. (ufi/yud-humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota Mataram Perwal Tata Naskah Dinas Pemerintah Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramPERATURAN WALIKOTA MATARAM TENTANG KODE ETIK ASNROAD MAP RB KOTA MATARAMBUKU STANDAR HARGA KOTA MATARAM TAHUN 2017Surat Edaran Libur Nasional 2017Edaran Cuti Tahun 2017Logo HUT RI yang ke-72BANNER HUT RI Ke-72HUT KOTA MATARAM KE-24Website Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart Cityspanduk KONBES NU

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat

Statistik Pengunjung

Hari Ini : 2,140 Visit
Kemarin : 4,171 Visit
Bulan Ini : 77,816 Visit
Tahun Ini : 385,313 Visit
Total : 388,033 Visit
Detail Statistik