Capaian Kinerja BNN Kota Mataram Periode Januari-April 2017
May 13, 2014 564 View

Capaian Kinerja BNN Kota Mataram Periode Januari-April 2017

MATARAM – Kota Mataram sebagai salah satu kota tujuan wisata harus terus mewaspadai masuk serta beredarnya jenis-jenis baru narkotika dan obat-obatan terlarang. Terbukti pada periode 01 Januari sampai dengan 30 April 2017, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Mataram telah berhasil mengungkap jaringan peredaran narkoba jenis baru berupa ganja sintetis yang juga dikenal sebagai tembakau gorilla, dengan barang bukti seberat 4,23 gram atau 33 poket, dan melibatkan dua orang tersangka. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala BNN Kota Mataram H. Nur Rachmat saat menggelar jumpa pers yang dilaksanakan untuk mempublikasikan capaian kinerja BNN Kota Mataram di Kantor BNN Kota Mataram pada Selasa (23/05/17).

Diakui Nur Rachmat, fokus kerja BNN tahun 2017 ini sedikit berbeda dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Bila pada periode yang sama tahun 2016 lalu pihaknya menggelar 33 kegiatan di bidang P4GN (Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba), tahun 2017 ini hanya digelar 17 kegiatan P4GN yang lebih difokuskan di wilayah lingkungan yang telah dipetakan, dimana terdapat masyarakat rawan narkoba. Demikian pula dengan jumlah sasaran yang tahun lalu cukup banyak dengan angka 7.238 orang, tahun 2017 ini hanya berjumlah sekitar setengahnya saja atau dalam angka 3.067 orang saja. Sementara untuk jumlah pecandu atau penyalahguna narkoba yang dilayani di klinik terapi, bila periode yang sama tahun lalu berjumlah 90 orang, tahun 2017 ini 75 orang saja. “Bedanya saat ini ada rehabilitasi berkelanjutan dengan home care dan home visit, untuk mengurangi angka relapse”, jelasnya.

Sebenarnya lanjut Nur Rachmat, kegiatan P4GN bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja melainkan seluruh elemen bangsa. Karena itu pada periode pertama tahun 2017 ini BNN Kota Mataram telah membangun pula sinergitas dengan pihak-pihak terkait, termasuk dengan lingkungan pendidikan dan kelompok masyarakat agar ikut berkomitmen serta berperan dalam mewujudkan Indonesia yang terbebas dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, khususnya di Kota Mataram. Mengedepankan tindakan-tindakan preventif untuk meningkatkan jumlah masyarakat yang kebal dan memiliki daya tangkal terhadap pengaruh buruk narkoba dengan cara memberi advokasi dan edukasi melalui diseminasi informasi serta pemberdayaan masyarakat anti narkoba . Selain itu juga melakukan pendekatan-pendekatan hukum yang terukur agar sindikat yang ‘bermain’ di Kota Mataram jera.

Beragam pencapaian yang telah diraih BNN Kota Mataram pada periode pertama tahun 2017 ini, masih dikatakan Nur Rachmat, akan dijadikan motivasi bagi badan yang dipimpinnya untuk tetap menguatkan komitmen pelaksanaan tugas pemberantasan peredaran gelap narkotika secara tegas, sesuai hukum yang berlaku, dan juga meningkatkan kinerja demi melindungi generasi bangsa dari kejahatan narkotika yang saat ini bahkan telah digolongkan sebagai kejahatan luar biasa. Kedepan, BNN Kota Mataram akan tetap fokus pada strategi penanganan supply reduction dan demand reduction, dengan melakukan pencegahan secara masif, dan meningkatkan kerjasama di bidang P4GN. “Dengan komitmen dan kerjasama yang kuat, kami optimis penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dapat diberantas hingga ke akar-akarnya”, tutupnya. (ufi-humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota Mataram Perwal Tata Naskah Dinas Pemerintah Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramPERATURAN WALIKOTA MATARAM TENTANG KODE ETIK ASNROAD MAP RB KOTA MATARAMBUKU STANDAR HARGA KOTA MATARAM TAHUN 2017Surat Edaran Libur Nasional 2017Edaran Cuti Tahun 2017Website Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CitySSH Kota Mataram Tahun 2018Logo HUT NTB 2017Website Elektronik Warta Kota Mataram

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat

Statistik Pengunjung

Hari Ini : 3,151 Visit
Kemarin : 5,584 Visit
Bulan Ini : 96,958 Visit
Tahun Ini : 543,151 Visit
Total : 545,871 Visit
Detail Statistik