Tradisi Baru Malam Takbiran dan Sholat Ied Pemkot Mataram dan Pemprov NTB
May 13, 2014 312 View

Tradisi Baru Malam Takbiran dan Sholat Ied Pemkot Mataram dan Pemprov NTB

MATARAM – Sejak perayaan Idul Fitri 1438 H kemarin, Pemerintah Kota Mataram dan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat sepakat untuk memulai tradisi baru melaksanakan kegiatan Malam takbiran dan Sholat Ied secara bersama-sama. Seperti dilaksanakan pada saat kegiatan Malam Takbiran pada Sabtu (24/06/17) lalu, Gubernur NTB H. Muhammad Zainul Majdi dan Wakil Gubernur NTB HM. Amin turut hadir bersama Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh dan Wakil Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana untuk membuka dan menyaksikan bersama-sama kegiatan Gema Takbir Malam 1000 Cahaya dari atas panggung kehormatan yang didirikan tepat di tengah Perempatan Gubernuran Kota Mataram.

Pawai takbiran yang diikuti oleh lebih dari 150 kafilah dari enam kecamatan yang ada di Kota Mataram ini dilepas secara bersama-sama oleh Gubernur NTB H. Muhammad Zainul Majdi dan Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh. Terkait dengan kegiatan yang telah menjadi kegiatan tetap tahunan di Kota Mataram tersebut, dihadapan ribuan peserta dan penonton yang memenuhi titik lokasi utama gelaran pawai takbiran, Gubernur menyampaikan ucapan terima kasih kepada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Mataram serta seluruh masyarakat Kota Mataram yang setiap tahun telah memeriahkan malam menjelang datangnya hari kemenangan di penghujung Ramadhan di Kota Mataram. “Takbiran ini perintah Allah, bukan berfoya-foya”, ucapnya.

Kegiatan pawai takbiran Gema Takbir Malam 1000 Cahaya yang turut dihadiri pula oleh Imam Besar dari Yordania Syaikh Jalal Yahya Abdullah tersebut juga dinyatakan telah memecahkan Rekor MURI sebagai Pawai Takbiran Dengan Peserta Terbanyak. Diikuti oleh tak kurang dari 29 ribu orang peserta dari enam kecamatan yang ada di Kota Mataram yang terbagi dalam lima titik pelaksanaan. Yaitu di Kecamatan Ampenan, Kecamatan Sekarbela, Kecamatan Cakranegara, Kecamatan Sandubaya, serta di titik utama yang dipusatkan di Perempatan Gubernuran Kota Mataram diikuti oleh peserta dari dari dua kecamatan lain. Yaitu Kecamatan Mataram dan Kecamatan Selaparang.

Sedangkan pada pelaksanaan Sholat Idul Fitri, tradisi baru Sholat Idul Ftri juga dilaksanakan secara bersama-sama antara Pemerintah Kota Mataram dan Pemerintah Provinsi NTB di Masjid Hubbul Wathan Islamic Center Mataran dengan imam oleh Imam Besar Yordania Syaikh Yahya Jalal Abdulah dan khatib oleh Gubernur NTB H. Muhammad Zainul Majdi. Sholat Ied bersama antara Pemerintah Kota Mataram dengan Pemerintah Provinsi NTB di Masjid Hubbul Wathan Islamic Center Mataram sebenarnya telah dilaksanakan sejak perayaan Idul Adha tahun 2016 lalu. Namun untuk perayaan Idul Fitri memang baru pertama kalinya digelar secara bersama-sama pada Idul Fitri 1438 H ini. (ufi/ist-humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota Mataram Perwal Tata Naskah Dinas Pemerintah Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramPERATURAN WALIKOTA MATARAM TENTANG KODE ETIK ASNROAD MAP RB KOTA MATARAMBUKU STANDAR HARGA KOTA MATARAM TAHUN 2017Surat Edaran Libur Nasional 2017Edaran Cuti Tahun 2017Website Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CitySSH Kota Mataram Tahun 2018Logo HUT NTB 2017Website Elektronik Warta Kota Mataram

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat

Statistik Pengunjung

Hari Ini : 2,236 Visit
Kemarin : 5,584 Visit
Bulan Ini : 96,042 Visit
Tahun Ini : 542,234 Visit
Total : 544,954 Visit
Detail Statistik