Pemkot Mataram Evaluasi Serapan Anggaran Triwulan II Tahun 2017
26 Juli 2017 418 View

Pemkot Mataram Evaluasi Serapan Anggaran Triwulan II Tahun 2017

MATARAM – Dari target capaian 45 persen, pada akhir triwulan kedua capaian realisasi fisik dan keuangan pelaksanaan APBD Kota Mataram Tahun Anggaran 2017 mencapai lebih dari 42 persen. Angka tersebut merupakan angka rata-rata, karena beberapa OPD memiliki capaian realisasi anggaran lebih dari 45 persen dan sebagian lagi kurang dari 45 persen. Demikian disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kota Mataram H. Effendi Eko Saswito saat mendampingi Wakil Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana untuk memimpin Rapat Evaluasi Serapan Anggaran dengan seluruh jajaran pimpinan OPD lingkup Kota Mataram di Ruang Kenari Kantor Wali Kota Mataram pada Rabu (26/07/17).

OPD dengan capaian realisasi anggaran tertinggi seperti dibacakan Eko, adalah Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) dengan capaian fisik mencapai 58,39 persen. Sementara OPD dengan capaian terendah adalah Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) dengan capaian fisik 25,03 persen. Dari 49 OPD lingkup Kota Mataram, 30 OPD berada dalam kategori sedang atau berada dalam kisaran 25 sampai 45 persen, sementara 19 OPD lainnya termasuk dalam kategori tinggi atau lebih dari 45 persen. “Untuk pertama kali kita hanya ada dua kategori, sedang dan tinggi. Karena yang kategori rendah dibawah dari 25 persen nihil”, ungkap Eko.

Untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi oleh OPD dengan capaian kurang memuaskan dan menentukan apa yang harus dilakukan untuk dapat mendongkrak capaian, satu-persatu pimpinan OPD dengan serapan anggaran terendah dipersilahkan untuk menyampaikan latar belakang terkait capaian serapan anggaran di OPD masing-masing. Dalam paparan yang disampaikan oleh pimpinan OPD terkait, terungkap bahwa beberapa OPD keterlambatan pencatatan pengeluaran anggaran serta terdapat pula OPD yang terkendala proses e-tender atau tender yang dilaksanakan secara elektronik, yang belum dapat diselesaikan di akhir triwulan kedua.

Mencermati persoalan yang disampaikan masing-masing pimpinan OPD, Wakil Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana mengatakan bahwa dirinya optimis pada bulan Agustus mendatang capaian di seluruh OPD akan berada pada posisi ideal. Mohan juga mengaku dapat memaklumi persoalan yang ada, karena terkait dengan persoalan teknis administratif yang memang harus diselesaikan. Meski demikian Mohan menekankan agar dapat segera mengatasi kendala-kendala yang ada berkaitan erat dengan ekspektasi masyarakat dan karena membawa pengaruh pada pergerakan ekonomi Kota Mataram. “Ketika program bergerak, pertumbuhan ekonomi bergerak, pemberdayaan ekonomi kerakyatan juga bergerak”, ucapnya. (ufi/din-humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CitySSH Kota Mataram Tahun 2018Kota Mataram Dalam Data Tahun 2017Kecamatan Cakranegara Dalam DataKecamatan Ampenan Dalam DataKecamatan Mataram Dalam DataKecamatan Sandubaya Dalam DataKecamatan Sekarbela Dalam DataKecamatan Selaparang Dalam DataWebsite jdih Kota MataramBanner MNEK 2018

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat