Pembukaan Gebyar Pembayaran PBB Tahun 2017
May 13, 2014 299 View

Pembukaan Gebyar Pembayaran PBB Tahun 2017

MATARAM – Gebyar Pembayaran PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) Kota Mataram Tahun 2017 dibuka secara resmi oleh Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh pada Senin (31/07/17) di halaman Pendopo Wali Kota Mataram. Pembukaan kegiatan rutin tahunan untuk mengamankan penerimaan PBB sesuai target yang telah ditetapkan tersebut dihadiri oleh Wakil Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana, Ketua DPRD Kota Mataram H. Didi Sumardi, Sekretaris Daerah Kota Mataram H. Effendi Eko Saswito, jajaran Pimpinan OPD lingkup Kota Mataram, perwakilan dari KPP Pratama Mataram Timur dan Mataram Barat, camat dan lurah se-Kota Mataram, serta para wajib pajak Kota Mataram.

Dilaporkan oleh Kepala Badan Keuangan Daerah Kota Mataram H. Syakirin Hukmi, target penerimaan PBB meningkat dari target sebelumnya yang berada pada angka 21 milyar rupiah di tahun 2016 lalu menjadi 24 milyar rupiah pada tahun 2017 ini. Gebyar Pembayaran PBB Kota Mataram Tahun 2017 akan digelar selama satu bulan sampai dengan berakhirnya jatuh tempo pembayaran PBB pada tanggal 31 Agustus 2017 dengan jumlah Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) sebanyak 68.178 wajib pajak. Dalam kegiatan tersebut disediakan pula doorprize bagi para wajib pajak yang telah melakukan pembayaran PBB berupa enam unit sepeda motor sebagai hadiah utama, dan beberapa hadiah lain berupa sepeda, televisi LCD 42” dan 32”, laptop, notebook, tablet, serta telepon seluler, yang akan diundi pada saat penutupan kegiatan.

Sementara dalam sambutan pembukaan oleh Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh, Gebyar Pembayaran PBB yang dilaksanakan setiap tahun merupakan satu upaya Pemerintah Kota Mataram dalam meningkatkan kemampuan keuangan dalam penyelenggaraan pemerintahan. Dalam hal ini meningkatkan kemandirian daerah dengan mengurangi ketergantungan keuangan terhadap pemerintah pusat sehingga tujuan otonomi daerah dapat tercapai. PBB yang sejak tahun 2013 telah ditetapkan sebagai pajak daerah merupakan salah satu komponen yang menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD), dan berkontribusi cukup bear terhadap APBD Kota Mataram. “Kita berusaha melepaskan diri dari pembiayaan pemerintah pusat. Karena tidak semua pembiayaan bisa diambilkan dari dana pusat baik DAU maupun DAK”, ucapnya.

Terkait dengan realisasi target PBB tahun 2017, Wali Kota berharap semua wajib pajak dapat memenuhi kewajiban membayar pajak sesuai dengan ketentuan. Khususnya bagi wajib pajak yang memiliki aset bernilai tinggi seperti hotel atau pusat perbelanjaan, diharapkannya untuk dapat melunasi pembayaran PBB tepat waktu karena Pemerintah Kota Mataram telah menetapkan pelunasan PBB sebagai salah satu syarat dalam pengurusan ijin, termasuk ijin usaha. Hal tersebut menurut Wali Kota, karena masih ada wajib pajak yang berusaha menghindari pembayaran PBB dengan berbagai cara. Untuk mengatasi wajib pajak seperti itu, Wali Kota mengakui bahwa Pemerintah Kota Mataram sampai harus menerapkan jurus-jurus tertentu. Demikian pula bagi para ASN lingkup Kota Mataram, yang diharapkan Wali Kota tidak menunggak pembayaran PBB. “Semua punya kewajiban yg sama, bila perlu jangan ada yang utang terutama ASN”, tegasnya.

Penekanan bagi ASN lingkup Kota Mataram juga dikatakan oleh Sekda Kota Mataram H. Effendi Eko Saswito, yang menyatakan bahwa dirinya berharap ASN Kota Mataram dapat menjadi pelopor dalam memenuhi kewajiban pembayaran PBB. Bila masih ada ASN Kota Mataram yang bandel dan tidak memenuhi kewajibannya dalam memenuhi pembayaran PBB, dirinya berjanji akan memberlakukan sanksi tegas. Hal tersebut karena pembayaran pajak termasuk PBB merupakan salah satu bagian dari partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan, sehingga menjadi penting bagi ASN lingkup Kota Mataram untuk menjadi contoh positif ditengah masyarakat. (ufi/nyem-humas) 

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota Mataram Perwal Tata Naskah Dinas Pemerintah Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramPERATURAN WALIKOTA MATARAM TENTANG KODE ETIK ASNROAD MAP RB KOTA MATARAMBUKU STANDAR HARGA KOTA MATARAM TAHUN 2017Surat Edaran Libur Nasional 2017Edaran Cuti Tahun 2017Website Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CitySSH Kota Mataram Tahun 2018Logo HUT NTB 2017Website Elektronik Warta Kota Mataram

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat

Statistik Pengunjung

Hari Ini : 2,784 Visit
Kemarin : 5,584 Visit
Bulan Ini : 96,590 Visit
Tahun Ini : 542,782 Visit
Total : 545,502 Visit
Detail Statistik