Piala Adipura Kembali Berhasil Diraih Kota Mataram
May 13, 2014 104 View

Piala Adipura Kembali Berhasil Diraih Kota Mataram

MATARAM – Setelah selama tujuh tahun gagal membawa pulang Piala Adipura, tahun 2017 ini Kota Mataram berhasil membawa pulang kembali penghargaan prestisius di bidang kebersihan dan pengelolaan lingkungan perkotaan ini. Piala Adipura diterima langsung oleh Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya Bakar di Auditorium Gedung Manggala Wanabhakti Senayan Jakarta. Piala berwarna keemasan tersebut dibawa pulang ke Kota Mataram melalui Bandara Internasional Lombok (BIL) pada Kamis (03/08/17) pagi, untuk kemudian diarak dengan konvoi kendaraan dari bandara sampai ke Kota Mataram.

Piala dijemput oleh Sekretaris Daerah Kota Mataram H. Effendi Eko Saswito beserta rombongan. Setelah diarak keliling Kota Mataram oleh rombongan yang diantaranya adalah para anggota satgas kebersihan di Kota Mataram, piala tiba di Kantor Wali Kota Mataram dan diterima oleh Wakil Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana bersama segenap jajaran Pemerintah Kota Mataram. “Hari ini luar biasa kesyukuran kita. Menyambut simbol perjuangan dan buah manis dari kerja keras kita selama ini. Ini menjadi kado indah untuk HUT Kota Mataram yang ke-24”, dikatakan Mohan membuka sambutannya dalam penyambutan Piala Adipura 2017, penghargaan bagi Kota Mataram dari Presiden Republik Indonesia untuk Kategori Kota Sedang ini.

Atas keberhasilan Kota Mataram membawa pulang kembali Piala Adipura, Mohan memberikan apresiasi kepada Dinas Lingkungan Hidup Kota Mataram beserta OPD terkait lain yang telah bekerjasama menangani persoalan sampah dan lingkungan hidup di Kota Mataram. Selain itu Mohan juga memberi apresiasi bagi para pasukan kebersihan Kota Mataram atas dedikasi dan pengabdian mereka sehingga Kota Mataram kembali dapat memperoleh Piala Adipura. Secara khusus Mohan memberi penghargaan bagi para anggota satgas kebersihan di OPD terkait yang menjadi ujung tombak pelayanan kebersihan di Kota Mataram. “Apa yang mereka lakukan tidak semua orang mau melakukan, tapi keberadaan mereka untuk memastikan bahwa ada yang bisa menyelesaikan”, ujarnya.

Namun masih menurut Mohan, apa yang telah diperoleh Kota Mataram ini bukan merupakan akhir dari kerja keras. Melainkan sebagai awal, karena masih banyak lagi kerja keras yang harus dilakukan ke depan dan masih banyak yang harus disempurnakan. Bukan semata-mata terkait dengan urusan sampah yang diakuinya pelik dan kompleks, persoalan teknologi, sistem, maupun kemampuan finansial saja. Melainkan juga persoalan krusial, yang diantaranya adalah soal kebiasaan masyarakat yang masih harus terus diintervensi agar masyarakat Kota Mataram dapat benar-benar memahami mengenai kesepahaman bersama tentang permasalahan yang dihadapi dalam mengatasi persoalan sampah dan lingkungan hidup di Kota Mataram.

Mohan berharap, perolehan Piala Adipura ini dapat menjadi motivasi bagi semua pihak untuk dapat bekerja dengan lebih baik lagi. Juga dapat menjadi motivasi bagi daderah lain di Nusa Tenggara Barat agar di tahun-tahun berikutnya dapat meraih pula penghargaan di bidang kebersihan dan pengelolaan lingkungan hidup ini, mengingat dalam beberapa tahun belakangan penghargaan ini belum dapat kembali dibawa ke daerah-daerah yang ada di Provinsi NTB. Baru pada tahun 2017 ini, Kota Mataram menjadi satu-satunya daerah di Provinsi NTB yang berhasil meraihnya lagi. Karena itu Mohan meminta agar Piala Adipura diletakkan di depan Kantor Wali Kota Mataram selama tiga hari penuh, agar masyarakat dapat melihatnya secara langsung. (ufi/tim-humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramSMS CENTER Perwal Tata Naskah Dinas Pemerintah Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramPERATURAN WALIKOTA MATARAM TENTANG KODE ETIK ASNROAD MAP RB KOTA MATARAMBUKU STANDAR HARGA KOTA MATARAM TAHUN 2017Surat Edaran Libur Nasional 2017Edaran Cuti Tahun 2017Logo HUT RI yang ke-72BANNER HUT RI Ke-72HUT KOTA MATARAM KE-24

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat

Statistik Pengunjung

Hari Ini : 0 Visit
Kemarin : 0 Visit
Bulan Ini : 0 Visit
Tahun Ini : 66,215 Visit
Total : 68,935 Visit
Detail Statistik