Lomba Cipta Menu B2SA Kota Mataram Tahun 2017
14 Agustus 2017 355 View

Lomba Cipta Menu B2SA Kota Mataram Tahun 2017

MATARAM – Tim dari Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kota Mataram menjadi pemenang pertama dalam Lomba Cipta Menu B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman) Tingkat Kota Mataram yang digelar di halaman Kantor Wali Kota Mataram pada Senin (14/08/17). Dalam lomba yang dibuka oleh Wakil Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana tersebut, tim dari Kelurahan Turida dinyatakan pula sebagai terbaik kedua, sementara tim dari Kelurahan Gomong sebagai terbaik ketiga. Pembukaan lomba yang diikuti oleh 45 tim perwakilan dari kelurahan, kecamatan, dan seluruh OPD lingkup Pemerintah Kota Mataram tersebut dihadiri oleh Ketua TP PKK Kota Mataram Hj. Suryani Ahyar Abduh, Ketua GOW Kota Mataram Kinnastri Mohan Roliskana, dan segenap jajaran pimpinan OPD lingkup Pemerintah Kota Mataram.

Dalam laporan yang disampaikan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Mataram Hj. Tasnim Sastiani, selaku penyelenggara lomba bekerjasama dengan TP PKK Kota Mataram, ditetapkan bahwa peserta diwajibkan untuk menyajikan menu-menu berbahan karbohidrat selain beras dan tepung terigu. Hal tersebut dimaksudkan untuk menggeser pola konsumsi masyarakat yang masih didominasi oleh beras dan terigu, namun masih sangat kurang pada kelompok pangan lain yang berasal dari umbi-umbian, protein hewani, buah, dan sayur. Berdasarkan tiga pilar ketahanan pangan; Ketersediaan Pangan, Distribusi Pangan, dan Konsumsi Pangan, baru dapat dipenuhi secara kuantitas, dan belum terpenuhi secara kualitas. “Ditunjukkan dari skor PPH (Pola pangan Harapan) Kota Mataram baru mencapai angka 86,94 dari target angka 90 pada tahun 2020”, sebutnya.

Sementara tujuan dari pelaksanaan lomba lanjut Tasnim, adalah untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai pentingnya mengkonsumsi pangan B2SA, mendorong kreativitas masyarakat untuk mengembangkan menu B2SA berbasis smber daya lokal, dan membangun budaya keluarga untuk dapat mengkonsumsi aneka jenis pangan dengan porsi seimbang. Bagi pemenang pertama dalam lomba tingkat Kota Mataram, akan diikutsertakan untuk mewakili Kota Mataram dalam lomba serupa di tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat. Seperti yang telah diikuti oleh pemenang di tingkat Kota Mataram sebelumnya, yang kini berhasil mewakili Provinsi Kota Mataram ke tingkat nasional. “Oktober nanti Kota Mataram akan mewakili Provinsi NTB pada Lomba Cipta Menu Tingkat Nasional di Pontianak, Kalimantan Barat”, ungkapnya.

Sementara itu dalam sambutannya, Wakil Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana menyatakan apresiasi kepada penyelenggara, Dinas Ketahanan Pangan dan TP PKK Kota Mataram, yang telah secara konsisten melaksanakan kegiatan yang telah menjadi agenda tetap tahunan tersebut. Khususnya karena masyarakat Kota Mataram, seperti halnya masyarakat Indonesia pada umumnya, telah terlalu bergantung pada beras. Padahal di Kota Mataram saja keberadaan lahan pertanian semakin berkurang dalam kisaran 55-75 hektar setiap tahunnya. Saat ini di Kota Mataram yang memiliki luas 61,30 kilometer persegi, hanya tersisa 1973 hektar atau 33 persen lahan pertanian. Sehingga penyelenggaraan kegiatan semacam ini dapat menjadi salah satu jalan keluar agar masyarakat tidak terlalu bergantung pada beras saja.

Dengan keterbatasan lahan yang ada, masih menurut Mohan, memang sudah semestinya masyarakat dapat memanfaatkan lahan produktif semaksimal mungkin. Dicontohkannya seperti yang telah dilakukan belakangan oleh seorang praktisi pertanian di Kota Mataram yang saat ini tengah berupaya menularkan virus positif dengan cara memanfaatkan pekarangan rumah untuk budidaya tanaman hidroponik sebagai sistem pertanian modern. Apa yang telah dilakukan untuk intensifikasi lahan tersebut mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Kota Mataram. “Kita perlu mengedukasi masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan yang dapat mempengaruhi ekonomi keluarga. Salah satunya dengan sistem yang ekonomis, sederhana, dan efisien seperti dengan sistem hidroponik”. (ufi/nyem-humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CitySSH Kota Mataram Tahun 2018Kota Mataram Dalam Data Tahun 2017Kecamatan Cakranegara Dalam DataKecamatan Ampenan Dalam DataKecamatan Mataram Dalam DataKecamatan Sandubaya Dalam DataKecamatan Sekarbela Dalam DataKecamatan Selaparang Dalam DataWebsite jdih Kota MataramBanner TEST MNEK 2018Desain Banner HUT RI 73Desain Banner HUT Kota 25

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat