Pentingnya Pengetahuan Tentang Kanker Serviks
22 Agustus 2017 395 View

Pentingnya Pengetahuan Tentang Kanker Serviks

Mataram - Dalam rangka memperingati HUT Kota Mataram yang ke 24 Tahun 2017 dan upaya meningkatkan derajat kesehatan Aparatur Sipil Negara (ASN), Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Mataram mengadakan Seminar Kesehatan dengan Tema Hidup Sehat dan Bahagia Bebas Kanker Leher Rahim di Aula Lantai 3 Kantor Wali Kota Mataram, Selasa (22/08/17).

Seminar yang diikuti perwakilan ASN dari masing-masing OPD lingkup Kota Mataram tersebut dibuka oleh Kepala Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Mataram Baiq Nelly Kusumawati, serta turut dihadiri oleh Ketua Persatuan Dokter Kulit Dan Kelamin (Perdoski) Cabang Kota Mataram, dr. Hartati,MSc.SPKK.

Dalam sambutan pembukaannya, Kepala BKPSDM Kota Mataram Baiq Nelly Kusumawati menjelaskan bahwa di Indonesia dalam sehari saja 21 wanita meninggal dunia karena kanker serviks. Sehingga dirinya berharap dengan adanya seminar ini ASN Kota Mataram terutama yang perempuan bisa terhindar dari penyakit yang menyerang organ kewanitaan wanita ini.

Nelly menambahkan bahwa penting sekali semua masyarakat mengetahui betapa bahayanya kanker serviks bagi perempuan. Dengan adanya seminar tentang kanker serviks semacam ini, maka akan lebih banyak lagi yang memahami betapa bahaya kanker serviks bagi perempuan. “Lebih baik mencegah daripada mengobati”, ucapnya.

Sementara disampaikan oleh Dr. Dedianto Hidayat,SPKK salah satu Dokter Kulit dan Kelamin yang hadir sebagai narasumber dalam seminar tersebut menjelaskan bahwa sampai saat ini gejala kanker serviks belum bisa dipastikan tanpa melalui tes tertentu. ”Memang sampai saat ini gejala kanker serviks belum bisa diketahui, akan tetapi kita bisa cepat mendeteksi melalui Pap smear dan IVA Test”, jelasnya

Dr. Dedi yang setiap harinya bertugas di Rumah Sakit Propinsi NTB menambahkan, Kanker Serviks diakibatkan adanya Human Paviloma Virus (HPV), dimana virus HPV hanya bisa dicegah dengan Vaksinasi dan Skrining Rutin. “Idealnya Vaksinasi dilakukan pada umur 9-13 Tahun karena mereka belum melakukan aktivitas seksual, akan tetapi bagi yang sudah menikah dan belum melakukan vaksin bisa dilakukan sampai umur 45 Tahun”. (ndh/din-humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CitySSH Kota Mataram Tahun 2018Kota Mataram Dalam Data Tahun 2017Kecamatan Cakranegara Dalam DataKecamatan Ampenan Dalam DataKecamatan Mataram Dalam DataKecamatan Sandubaya Dalam DataKecamatan Sekarbela Dalam DataKecamatan Selaparang Dalam DataWebsite jdih Kota MataramBanner TEST MNEK 2018Desain Banner HUT RI 73Desain Banner HUT Kota 25

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat