Pelepasan JCH Kloter Terakhir Kota Mataram
May 13, 2014 71 View

Pelepasan JCH Kloter Terakhir Kota Mataram

MATARAM – 174 orang Jamaah Calon Haji (JCH) Kloter 10 Embarkasi Lombok Nusa Tenggara Barat yang merupakan kloter terakhir tahun pemberangkatan 2017 dari Kota Mataram dilepas secara resmi oleh Wakil Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana di Aula Pendopo Wali Kota Mataram pada Jumat (25/08/17). Dalam kloter yang juga merupakan kloter terakhir dari keseluruhan jumlah kloter yang diberangkatkan melalui Bandara Internasional Lombok menuju Bandara King Abdul Azis Jeddah tersebut, JCH Kota Mataram bergabung dengan dengan 184 orang JCH dari Lombok Barat, 20 orang dari Lombok Tengah, 67 orang dari Lombok Utara, ditambah dengan lima orang petugas. Sehingga total yang diberangkatkan dalam Kloter 10 Embarkasi Lombok berjumlah 455 orang.

          Melepas secara resmi JCH kloter terakhir Kota Mataram, Wakil Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana mengajak para jamaah untuk sungguh-sungguh mentaati aturan baik yang telah ditetapkan oleh pemerintah selaku penyelenggara haji di Indonesia maupun peraturan yang ditetapkan oleh Kerajaan Arab Saudi. Hal tersebut karena musim haji tahun 2017 ini merupakan musim haji dengan jumlah terbesar sepanjang sejarah penyelenggaraan ibadah haji dengan perkiraan diikuti oleh sekitar 1,8 juta jamaah dari seluruh dunia. Demikian pula dengan udara yang kabarnya cukup ekstrim, sehingga Mohan berharap seluruh JCH telah siap secara fisik dan mental, dan dapat memanfaatkan waktu seefisien mungkin selama menjalankan ibadah. “Fokus, tawakal, lepaskan seluruh urusan keluarga di rumah, dan terus memohon pertolongan Allah”, pesannya.

Mohan mengakui, ibadah haji bukan merupakan ibadah yang ringan. Meski seluruh jamaah telah melakukan persiapan melalui pelaksanaan manasik, namun tetap harus diingatkan agar seluruh rangkaian ibadah dapat berlangsung lancar, aman, dan baik. Mohan meminta seluruh jamaah untuk menjauhi sikap egois, menang sendiri, meremehkan hal-hal dan aturan yang telah ditetapkan, serta tetap menunjukkan sikap kebersamaan dan saling tolong-menolong. Selain itu Mohan juga berpesan agar para jamaah tidak lupa untuk menyempatkan diri mendoakan kebaikan bagi Kota Mataram, apalagi secara kebetulan HUT Kota Mataram yang jatuh pada tanggal 31 Agustus 2017 mendatang bertepatan dengan dimulainya puncak pelaksanaan ibadah haji pada tanggal 8 Dzulhijjah. ”Selamat menjalankan ibadah dengan ketulusan dan keikhlasan, semata-mata karena Allah”, tutupnya.

Sedangkan disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Mataram H. Burhanul Islam, terdapat himbauan penting dari Kementerian Agama RI untuk menghindari waktu-waktu tertentu pada saat kegiatan melempar jumroh. Sampai dengan tanggal 10 Dzulhijjah 1438 H, jamaah asal Indonesia diminta untuk menghindari kegiatan tersebut mulai pukul 06.00-10.30 pagi waktu setempat. Untuk tanggal 11 Dzulhijjah waktu yang harus dihindari adalah pukul 14.00-16.00 waktu setempat, sedangkan untuk tanggal 12 Dzulhijjah jamaah diminta menghindari kegiatan tersebut pada pukul 10.30-14.00 waktu setempat. Hal tersebut penting untuk menghindarkan jamaah dari kepadatan yang mungkin terjadi. Sementara berdasarkan arahan dari Menteri Agama RI, jamaah yang ada di kloter-kloter terakhir diminta untuk langsung mengenakan pakaian ihram sejak dari asrama haji mengingat waktu pelaksanaan ibadah puncak sudah sangat dekat. Sedangkan untuk pembacaan niat haji akan dipandu oleh pembimbing saat jamaah masih berada di atas pesawat. (ufi/nyem-humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota Mataram Perwal Tata Naskah Dinas Pemerintah Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramPERATURAN WALIKOTA MATARAM TENTANG KODE ETIK ASNROAD MAP RB KOTA MATARAMBUKU STANDAR HARGA KOTA MATARAM TAHUN 2017Surat Edaran Libur Nasional 2017Edaran Cuti Tahun 2017Logo HUT RI yang ke-72BANNER HUT RI Ke-72HUT KOTA MATARAM KE-24Website Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart City

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat

Statistik Pengunjung

Hari Ini : 4,196 Visit
Kemarin : 4,748 Visit
Bulan Ini : 63,721 Visit
Tahun Ini : 129,936 Visit
Total : 132,656 Visit
Detail Statistik