Serah Terima Ijin Tetap LPP Lokal Radio Suara Kota
25 Agustus 2017 399 View

Serah Terima Ijin Tetap LPP Lokal Radio Suara Kota

MATARAM – Setelah melalui proses yang sangat panjang selama sembilan tahun, Radio Suara Kota Mataram yang saat ini berinduk pada Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Mataram, akhirnya memperoleh ijin tetap sebagai Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Lokal dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Penyerahan ijin dilaksanakan di Ruang Kenari Kantor Wali Kota Mataram pada Kamis (24/08/17), melalui KPID Nusa Tenggara Barat yang diserahkan oleh Ketua KPID NTB Sukri Aruman, kepada Wakil Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana, untuk kemudian diserahkan langsung kepada Direktur Radio Suara Kota Mataram Noviani Kinnastri. Turut hadir pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Kominfo Kota Mataram HL. Junaidi beserta segenap jajaran pengurus dan penyiar Radio Suara Kota Mataram.

Dikatakan Ketua KPID NTB Sukri Aruman, ijin yang telah diterbitkan dari Kementerian Kominfo RI tersebut telah melalui proses yang sangat luar biasa. Bahkan proses pengurusan ijin dilakukan sejak sebelum terbentuknya KPID NTB, sehingga menurutnya ijin tetap Radio Suara Kota Mataram sebagai LPP Lokal merupakan sebuah prestasi yang patut diacungi jempol. Dari sekian banyak radio serupa di NTB, baru Radio milik Pemerintah Kota Mataram yang mendapatkan ijin resmi untuk mengudara. Itupun setelah melalui tantangan sangat berat karena Radio Suara Kota sejak awal pembentukannya mengacu pada Perwal (Peraturan Wali Kota), dan belum memiliki Perda (Peraturan Daerah) sebagai dasar hukumnya. “kalau menurut UU Penyiaran tidak boleh ada, tapi setelah dikaji mendalam peluang ternyata ada. Karena Radio Suara Kota sudah ada sebelum lahirnya UU Penyiaran”, jelasnya.

Sebagai Ketua KPID NTB, Sukri berharap ijin yang telah diperoleh dengan penuh lika-liku ini dapat dijadikan motivasi dan pendorong bagi seluruh jajaran untuk meningkatkan tugas pokok dan fungsi sebagai lembaga penyiaran publik yang merupakan jembatan komunikasi antara pemerintah dengan masyarakat sebagaimana diamanatkan UU Penyiaran. Sukri juga berharap, kedepan radio ini dapat menjadi radio terbaik di Mataram, karena posisi Radio Suara Kota dalam fungsi pelayanan publik berbeda dengan stasiun radio lain. Apalagi ada pula rencana dari Dinas Kominfo Kota Mataram untuk mengintegrasikan Radio Suara Kota dengan Call Center yang juga dibawah koordinasi Dinas Kominfo Kota Mataram, yang tidak dimiliki oleh radio lain.

Menanggapi telah selesainya pengurusan ijin Radio Suara Kota Mataram sebagai LPP Lokal, Wakil Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana mengakui bahwa ijin yang diperoleh telah melalui perjuangan luar biasa dari pihak-pihak terkait. Ikhitar yang telah dilakukan selama sembilan tahun, mengalami hampir tiga tahun tidak diijinkan mengudara, yang bahkan menyebabkan hampir kehilangan segmentasi pasar. Ijin ini menjadi langkah awai untuk mulai berbenah kembali, agar radio Suara Kota bisa menjadi lembaga penyiaran yang terus memberikan pencerahan dan mencerdaskan, serta memberikan informasi edukatif bagi masyarakat. “Saya ucapkan terimakasih atas dukungan KPID dengan seluruh komisioner yang telah sangat membantu”, ucapnya.

Radio Suara Kota yang merupakan radio milik Pemerintah Kota Mataram ditegaskan Mohan, bukan sebagai alat propaganda pemerintah. Radio ini sejak awal dibentuknya dihajatkan untuk memenuhi hak masyarakat Kota Mataram dalam mendapatkan informasi yang relevan mengenai setiap perkembangan Kota Mataram. Karena itu dirinya berharap agar Radio Suara kota dapat bangkit lagi, bangun dari tidurnya yang cukup panjang untuk mendapatkan lagi simpati publik, dan bukan hanya menjadi corong pemerintah saja melainkan ikut menjaga kewibawaan pemerintah. “Setiap perjalanan panjang diawali dari satu langkah pertama”, tutup Mohan. (ufi/nyem-humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CitySSH Kota Mataram Tahun 2018Kota Mataram Dalam Data Tahun 2017Kecamatan Cakranegara Dalam DataKecamatan Ampenan Dalam DataKecamatan Mataram Dalam DataKecamatan Sandubaya Dalam DataKecamatan Sekarbela Dalam DataKecamatan Selaparang Dalam DataWebsite jdih Kota MataramBanner TEST MNEK 2018Desain Banner HUT RI 73Desain Banner HUT Kota 25

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat