Rapat Paripurna Istimewa Dewan Memperingati HUT ke-24 Kota Mataram
May 13, 2014 164 View

Rapat Paripurna Istimewa Dewan Memperingati HUT ke-24 Kota Mataram

MATARAM – Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh bersama dengan Wakil Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana dan segenap jajaran Eksekutif lingkup Kota Mataram menghadiri Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Mataram yang mengagendakan acara Penyampaian Pidato Wali Kota dalam rangka Peringatan HUT ke-24 Tahun Kota Mataram, di Ruang Sidang DPRD Kota Mataram pada Rabu (30/08/17). Rapat yang dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Mataram H. Didi Sumardi dihadiri pula oleh segenap anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Mataram, serta para undangan dari instansi vertikal, BUMN/BUMD, Ketua TP PKK Kota Mataram, Ketua GOW Kota Mataram, pimpinan partai politik, pimpinan organisasi kemasyarakatan, tokoh agama, dan tokoh masyarakat se-Kota Mataram. Termasuk sesepuh yang juga merupakan mantan Wali Kota Mataram terdahulu, HL. Mas’ud.

Mengawali pidato dihadapan sidang dewan dan segenap undangan, Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh mengatakan bahwa pembangunan di Kota Mataram ditekankan pada empat prinsip perencanaan dan penganggaran yang sinergis dengan kebijakan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat. Yaitu yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah, memperluas kesempatan kerja, memihak pada pemenuhan kebutuhan masyarakat miskin, serta dengan tetap memperhatikan keberlanjutan fungsi dan kelestarian lingkungan hidup. Hasilnya pada sisi sosial ekonomi laju pertumbuhan ekonomi Kota Mataram naik sebesar 7,99 persen di tahun 2015 menjadi 8,06 persen pada 2016. Hal tersebut diiringi pula dengan laju pertumbuhan investasi yang naik dari angka 12,96 persen di tahun 2015 menjadi 13,30 persen pada 2016. Sementara Product Domestic Regional Bruto (PDRB) Per Kapita Atas Dasar Harga Konstan Kota Mataram mengalami kenaikan dari 29 Juta Rupiah lebih menjadi 32 Juta Rupiah lebih pada tahun 2016. Sedangkan laju inflasi, pada tahun 2016 berada pada angka 2,47 persen, jauh menurun dari tahun 2015 sebesar 3,25 persen.

Pada Anggaran Pendapatan Kota Mataram dalam satu tahun terakhir lanjut Wali Kota, juga mengalami peningkatan dari 1,21 Triliun Rupiah lebih menjadi 1,35 Triliun Rupiah lebih pada Tahun Anggaran 2016. Dari target tersebut, realisasi pendapatan meningkat dari sebesar 1,18 Triliun Rupiah lebih menjadi 1,39 Triliun Rupiah lebih pada Tahun Anggaran 2016. Demikian pula anggaran Belanja Daerah mengalami peningkatan dari 1,29 Triliun Rupiah lebih menjadi 1,42 Triliun Rupiah lebih pada Tahun 2016. Sedangkan perkembangan PAD yang menjadi ukuran tingkat kemandirian daerah dalam pembiayaan pembangunan juga mengalami peningkatan. Pada tahun 2015 PAD Kota Mataram terealisasi sebesar 225,07 Milyar Rupiah lebih, dari target sebesar 215,59 Milyar Rupiah lebih. Sedangkan pada tahun 2016, PAD Kota Mataram terealisasi sebesar 288,46 Milyar Rupiah lebih, melewati target sebesar 279,67 Milyar Rupiah.

Dalam hal pembangunan sosial, secara keseluruhan pengaruhnya terlihat pada peningkatan angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang pada tahun 2015 berada pada angka 76,37 menjadi 77,34 pada tahun 2016. Angka tersebut berada dalam range 70-80, yang berarti IPM Kota Mataram termasuk dalam kategori tinggi. Meskipun pada tahun anggaran 2016 Pemerintah Kota Mataram harus mengadakan rasionalisasi belanja sebagai dampak dari kebijakan Pemerintah Pusat, namun capaian kinerja Pemerintah Kota Mataram, terbilang cukup memuaskan, sesuai dengan Indikator Kinerja Daerah yang ditetapkan dalam RPJMD Kota Mataram tahun 2016-2021. Hal tersebut terlihat pada aspek kesejahteraan masyarakat, dimana prosentase penduduk miskin menurun sebanyak 0,65 persen dari 10,45 persen menjadi 9,8 persen. Dalam aspek pelayanan umum, diantaranya adalah cakupan Rumah Tangga menurut akses sanitasi layak sebanyak 90,07 persen, Rumah Tangga pengguna air bersih sebesar 70,48 persen, Rumah Layak Huni sejumlah 95.867 unit dari 96.756 unit rumah yang ada di Kota Mataram, dan penanganan sampah mencapai 72,50 persen. Sedangkan dalam aspek daya saing daerah terlihat salah satunya dari kunjungan wisatawan ke Kota Mataram cukup tinggi, yaitu sebanyak 623.835 orang.

Beberapa bentuk penghargaan pun diterima Kota Mataram atas kinerja dan kerja keras bersama. Di bidang kependudukan, pada tahun 2016 Kota Mataram menerima Sertifikat ISO 9001-2008 Bidang Pelayanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang diserahkan oleh Mendagri, sekaligus juga Penghargaan dalam penerapan KTP-Elektronik sehingga dapat mencapai target penerbitan KTP-Elektronik sesuai jumlah yang ditetapkan. Di bidang keuangan, untuk kedua kalinya Kota Mataram meraih opini WTP atas hasil pemeriksaan laporan keuangan Pemda Tahun Anggaran 2015 oleh BPK. Selain juga meraih penghargaan atas keberhasilan menyusun dan menyajikan Laporan Keuangan Tahun 2015 dari Menteri Keuangan. Komitmen pemberantasan korupsi di lingkup Pemerintah Kota Mataram pun diganjar dengan penghargaan National Procurement Award 2016 pada Kategori Komitmen 100% e-Procurement Pemenuhan Inpres Nomor 7 Tahun 2015 dan Inpres Nomor 10 Tahun 2016 dalam Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi pada Rakernas LPSE 2016 di Jakarta.

Pada tahun 2016, Kota Mataram juga dipercaya menjadi tuan rumah berbagai kegiatan berskala nasional. Diantaranya adalah Hari Pers Nasional, MTQ Nasional XXVI, juga Puncak Peringatan Hari Anak Nasional. Keberhasilan penyelenggaraan berbagai agenda juga meninggalkan kesan baik, sehingga ke depannya Kota Mataram telah diagendakan menjadi tuan rumah beberapa event nasional dan internasional lainnya. Sementara upaya pembangunan infrastruktur juga menunjukkan hasil yang menggembirakan, ditunjukkan dengan diraihnya Peringkat I Nasional Keterpaduan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Tahun 2016. Di bidang hukum, Kota Mataram kembali meraih gelar sebagai Kota Peduli HAM Tahun 2016. Sedangkan, setelah tahun sebelumnya berada di peringkat ke-2, tahun 2016 Kota Mataram berhasil menempati Peringkat 1 Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Badan Publik Kategori Pemerintah Kabupaten/Kota se- Provinsi Nusa Tenggara Barat Tahun 2016. Di samping itu, Kota Mataram juga menerima Piagam Citra Satelit Resolusi Tinggi (CSRT) dari Badan Informasi Geospasial Indonesia RI.

Di bidang Pembedayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Tahun 2017 ini Kota Mataram mendapatkan penghargaan Kota Layak Anak Kategori Pratama, Penghargaan Percepatan Cakupan Pemberian Akta Kelahiran Anak Kategori Madya, dan Penghargaan Pengembangan Forum Anak Daerah Terbaik Tahun 2017. Kami pun sangat berbahagia karena menjelang ulang tahun kali ini Kota Mataram juga mendapatkan beberapa kado terindah berupa kembalinya Piala Adipura setelah 3 tahun terlepas dari tangan kita, kemudian juga Penghargaan Terbaik 2 Nasional di Bidang Kearsipan dan Perpustakaan, dan satu lagi penghargaan nasional diraih Kelurahan Banjar dengan meraih juara 1 Lomba Kelurahan Tingkat Regional IV Tahun 2017. Selain itu bertepatan dengan hari jadi Kota Mataram ke-24 nanti, akan di-launching Mataram Smart City (Kota Pintar) yang berkelanjutan dan akan diproyeksikan melalui sistem Pengelolaan Keuangan dan Perencanaan, Sistem Monitoring, Sistem Pengelolaan SDM (e-SDM) dan Sistem Pengelolaan Administrasi (e-office). Sisteme e-office ini akan meliputi penerapan e-PATEN, Aplikasi LAPOR, Perijinan Online (e-MOLAH), SMS Gateway, Call Centre 112, dan Mataramku Lapor.

Bertepatan dengan HUT Kota Mataram pada tanggal 31 Agustus 2017 sore, Pemerintah Kota Mataram juga akan melaksanakan peletakan batu pertama Monumen Mataram Metro di Bundaran Lingkar Selatan. Sementara penataan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga telah dilakukan sebagai bagian dari upaya peningkatan pelayanan bagi masyarakat, dengan harapan penataan tersebut dapat mendorong efisiensi dan efektivitas kerja. Semua capaian yang berhasil diraih dikatakan Wali Kota, dihajatkan untuk bisa memberikan pelayanan lebih baik kepada masyarakat dan memungkinkan masyarakat berinteraksi langsung dengan perangkat daerah. Meski demikian, ke depannya masih banyak tantangan yang harus dihadapi dan masih banyak harapan yang ingin diwujudkan. “Karena itu, melalui momen hari jadi Kota Mataram kali ini kami mengajak semua pihak untuk memperkuat komitmen mewujudkan Kota Mataram yang mengayomi semua lapisan masyarakat, dalam bingkai Visi Terwujudnya Kota Mataram yang Maju, Religius, dan Berbudaya”, tutupnya. (ufi/din-humas)

 

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota Mataram Perwal Tata Naskah Dinas Pemerintah Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramPERATURAN WALIKOTA MATARAM TENTANG KODE ETIK ASNROAD MAP RB KOTA MATARAMBUKU STANDAR HARGA KOTA MATARAM TAHUN 2017Surat Edaran Libur Nasional 2017Edaran Cuti Tahun 2017Logo HUT RI yang ke-72BANNER HUT RI Ke-72HUT KOTA MATARAM KE-24Website Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart Cityspanduk KONBES NU

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat

Statistik Pengunjung

Hari Ini : 3,139 Visit
Kemarin : 4,381 Visit
Bulan Ini : 83,196 Visit
Tahun Ini : 390,693 Visit
Total : 393,413 Visit
Detail Statistik