Bimtek PPID Kota Mataram
May 13, 2014 259 View

Bimtek PPID Kota Mataram

Mataram - Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Mataram Wartan SH membuka acara Sosialisasi Penguatan Fungsi dan Tugas Pejabat Pengelola Informasi Dan Dokumentasi (PPID) Bimbingan Teknis Informasi Dikecualikan (Uji Konsekuensi) Dan Pertimbangan Tertulis Informasi Publik pada Rabu (26/09.17) di Ruang Kenari Kantor Wali Kota Mataram. Acara bimtek dihadiri juga oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kota Mataram H. Lalu Junaidi, perwakilan dari Komisi Informasi (KI) Nusa Tenggara Barat Hendriadi,SE,ME dan Busyairi, serta perwakilan dari anggota PPID Pembantu.

Dalam sambutan Wakil Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana yang dibacakan oleh Asisten II Setda Kota Mataram disampaikan apresiasi atas diadakannya kegiatan Bimtek ini sebagai wujud dari komitmen dan sinergitas seluruh Organisasi Perangkat Daerah serta Tim PPID baik utama maupun OPD/PPID Pembantu, dalam memberikan pelayanan informasi. Hal ini mengingat bahwa PPID Kota Mataram berfungsi untuk menghimpun informasi publik yang diperoleh dari seluruh OPD di lingkup Pemerintah Kota Mataram, menata dan menyimpan informasi yang diperoleh tersebut, dan melaksanakan konsultasi informasi publik yang termasuk dalam kategori dikecualikan dari informasi yang terbuka bagi publik, serta penyelesasian sengketa informasi.

Wartan juga menjelaskan, keterbukaan informasi publik tentunya merupakan salah satu ciri penting negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat untuk mewujudkan penyelenggaraan Negara yang baik. Pemberlakuan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik mulai tanggal 30 April 2010 lalu merupakan momentum penting dalam mendorong keterbukaan di Indonesia, termasuk di Kota Mataram. Undang-Undang ini telah memberikan landasan hukum terhadap hak setiap orang untuk memperoleh informasi publik karena melalui Undang-undang ini ditetapkan bahwa setiap Badan Publik mempunyai kewajiban dalam menyediakan dan melayani permohonan informasi publik secara cepat, tepat waktu, biaya ringan dan cara sederhana.”Karena itulah, saya berharap kegiatan ini mampu menjadi sarana penguatan tupoksi PPID Kota Mataram”, tegasnya.

Selain itu Wartan menjelaskan pula bahwa pada Tahun 2016 lalu PPID Kota Mataram telah meraih prestasi sebagai PPID terbaik pertama dalam Pemeringkatan PPID se- Nusa Tenggara Barat oleh Komisi Informasi NTB, sehingga ini menjadi suatu hal yang harus dipertahankan.

Sosialisasi dan Bimtek ini dipandang memiliki makna strategis sebagai amanat dari pasal 2 ayat (4) Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) yang menyatakan bahwa uji konsekuensi dilakukan pada suatu informasi yang akan diberikan kepada publik, setelah dipertimbangkan bahwa menutup informasi publik dapat melindungi kepentingan yang lebih besar daripada membukanya atau sebaliknya. Maka, kegiatan ini menjadi penting untuk menghindari potensi terjadinya sengketa informasi publik di Kota Mataram.

Untuk itu Wartan meminta kepada seluruh peserta Sosialisasi dan Bimtek untuk senantiasa menjaga etos kerja yang kuat dalam mendukung lancarnya tugas PPID Kota Mataram ke depannya. “Ikutilah setiap kegiatan terutama sekali yang bersifat simulasi teknis dengan seksama agar ke depannya PPID Kota Mataram bisa menjalankan fungsinya dengan lebih baik lagi”, tambahnya.

Wartan berharap materi yang dipaparkan menjadi bekal wawasan pengetahuan kepada para pemangku kebijakan maupun operator dan Admin PPID di lingkup Pemerintah Kota Mataram sehingga dalam implementasinya nanti bisa memberikan dukungan penuh terhadap kebutuhan layanan informasi publik.

Sedangkan dalam laporan panitia yang disampaikan oleh Kepala Dinas Komunikasi Dan Informasi (Kominfo) Kota Mataram H.Lalu Junaidi, dikatakan bahwa tujuan pelaksanaan Bimbingan teknis ini bagaimana memberika penguatan kepada pejabat informasi kepada semua di Organisasi Perangkat Daerah (OPD)yang dikomandani oleh Kepala Dinas Masing- masing. Junaidi juga menjelaskan bahwa mau tidak mau, suka tidak suka, sebagai pejabat informasi harus memberikan informasi seluas-luasnya kepada masyarakat. (ndh)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota Mataram Perwal Tata Naskah Dinas Pemerintah Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramPERATURAN WALIKOTA MATARAM TENTANG KODE ETIK ASNROAD MAP RB KOTA MATARAMBUKU STANDAR HARGA KOTA MATARAM TAHUN 2017Surat Edaran Libur Nasional 2017Edaran Cuti Tahun 2017Website Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CitySSH Kota Mataram Tahun 2018Logo HUT NTB 2017Website Elektronik Warta Kota Mataram

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat

Statistik Pengunjung

Hari Ini : 2,825 Visit
Kemarin : 5,584 Visit
Bulan Ini : 96,631 Visit
Tahun Ini : 542,823 Visit
Total : 545,543 Visit
Detail Statistik