Pembukaan Jambore Posyandu dan Pencanangan Germas
27 Oktober 2017 161 View

Pembukaan Jambore Posyandu dan Pencanangan Germas

Mataram - Ketua Tim Penggerak PKK Kota Mataram Hj. Suryani Ahyar Abduh menghadiri acara Pembukaan Jambore Kader Posyandu se Kota Mataram yang dirangkaikan dengan Pencanangan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) pada Jumat (27/10/17) di Monumen Bumi Gora Udayana. Acara pembukaan Jambore Kader Posyandu dihadiri oleh Asisten Administrasi Pembangunan Setda Kota Mataram Hj Evi Ganevia, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Mataram Hj. Herlina Eko Saswito, Kepala Dinas Kesehatan Kota Mataram Dr. H. Usman Hadi, jajaran Kepala OPD terkait lingkup Kota Mataram, beserta seluruh Kader-Kader Posyandu dari Tingkat Kecamatan sampai Tingkat Kelurahan se-Kota Mataram.

Menurut Ketua Panitia Penyelenggara I Dewa Made Mudita, dasar pelaksanaan Germas dilatarbelakangi karena munculnya berbagai masalah kesehatan, munculnya banyak penyakit tidak menular akibat gaya hidup yang salah, misalnya penyakit jantung, diabetes, dan lain sebagainya. Selain itu Mudita yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang Promosi Kesehatan pada Dinas Kesehatan Kota Mataram juga mengatakan tujuan Germas sendiri adalah bahwa dalam setiap gerak langkah untuk mengutamakan kesehatan, mengkonsumsi makanan yang sehat serta berperilaku hidup sehat. Dari banyaknya perilaku hidup sehat, prioritas yang utama adalah melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit sehari, membudidayakan keluarga untuk makan buah dan sayur, serta pemeriksaan rutin.

Lebih lanjut Mudita menjelaskan, saat ini peserta Jambore Kader Posyandu yang hadir sekitar 2000 orang. “Jambore Kader Posyandu ini tujuannya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga dan sebagai tim sukses untuk melaksanakan gerakan hidup sehat bagi keluarga”, jelasnya.

Sedangkan dalam sambutan tertulis Wali Kota Mataram yang dibacakan oleh Asisten Administrasi Pembangunan Setda Kota Mataram Hj .Evi Ganevia disebutkan bahwa Pemerintah Kota Mataram menyambut baik kegiatan ini mengingat saat ini Indonesia tengah menghadapi tantangan besar yakni masalah kesehatan triple burden, karena masih adanya penyakit infeksi, meningkatnya Penyakit Tidak Menular, dan penyakit-penyakit yang seharusnya sudah teratasi  yang sekarang muncul kembali. Oleh karena itu, Gerakan Masyarakat Untuk Hidup Sehat (GERMAS) menjadi upaya dari Kementerian Kesehatan untuk mengingatkan masyarakat untuk menjaga kesehatan.

Jika dikaji lanjut Evi, GERMAS sesungguhnya dapat dilakukan dengan cara-cara yang mudah, misalnya melakukan aktifitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan, dan menggunakan jamban. Semua kegiatan tersebut dapat dimulai dari diri sendiri dan keluarga, dilakukan saat ini juga, dan tidak membutuhkan biaya yang besar. Disinilah peran Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) menjadi sangat vital dalam menumbuhkan kesadaran pada masyarakat untuk lebih memperhatikan kesehatan. Peningkatan kualitas kinerja Kader Posyandu berperan penting dalam meningkatkan fungsi Posyandu agar sesuai dengan apa yang diharapkan oleh masyarakat, yakni menjadi pos pelayanan terpadu dan utama bagi masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.

”Semoga kegiatan hari ini bisa membantu upaya kita dalam meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat untuk hidup sehat, meningkatkan produktivitas masyarakat, dan mengurangi beban biaya kesehatan di Kota Mataram”, ucap Evi di Akhir Sambutannya.

Acara dilanjutkan dengan pelepasan balon sebagai tanda dibukanya Jambore Kader Posyandu dan Pecanangan Germas yang di lakukan oleh Ketua TP PKK Kota Mataram Hj. Suryani Ahyar Abduh. (ndh/humas)

 

 

 

 

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramROAD MAP RB KOTA MATARAMWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CitySSH Kota Mataram Tahun 2018Kota Mataram Dalam Data Tahun 2017Kecamatan Cakranegara Dalam DataKecamatan Ampenan Dalam DataKecamatan Mataram Dalam DataKecamatan Sandubaya Dalam DataKecamatan Sekarbela Dalam DataKecamatan Selaparang Dalam DataPengumuman Rektrutmen Gel II TFL

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat

Statistik Pengunjung

Hari Ini : 4,311 Visit
Kemarin : 3,445 Visit
Bulan Ini : 78,558 Visit
Tahun Ini : 178,949 Visit
Total : 761,808 Visit
Detail Statistik