Pembukaan Parade Budaya Festival Mataram 2017
25 November 2017 193 View

Pembukaan Parade Budaya Festival Mataram 2017

MATARAM – Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh didampingi Wakil Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana dan Ketua DPRD Kota Mataram H. Didi Sumardi membuka Parade Budaya Festival Mataram 2017 yang digelar di ruas jalan depan Taman Sangkareang Kota Mataram pada Sabtu (25/11/17). Turut hadir pada kesempatan tersebut dua sesepuh Kota Mataram HL. Mujitahid dan HL. Mas’ud, Direktur IPDN Kampus Nusa Tenggara Barat Diah Poespita Ermayanti, anggota Forum Komunikasi Pimpinan daerah (FKPD) Kota Mataram, serta jajaran pimpinan OPD lingkup Kota Mataram yang mayoritas mengenakan busana daerah kebesaran. Hadir pula hadir tanpa diduga saat acara tengah berlangsung mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia era SBY, Muhammad Nuh, yang kebetulan berada di Kota Mataram untuk mengikuti kegiatan nasional Nahdlatul Ulama yang juga berlangsung pada saat yang sama di Kota Mataram.

Meski pembukaan kegiatan budaya tahunan tersebut berlangsung dalam suasana gerimis, tidak mengurangi antusiasme para peserta pawai maupun masyarakat untuk meramaikan dengan memadati ruas jalan sekitar lokasi utama. Parade Budaya yang mengangkat seni budaya dan tradisi masyarakat adat Sasak Lombok tersebut dikatakan Ketua Panitia Penyelenggara sekaligus Kepala Dinas Pariwisata Kota Mataram H. Abdul Latif Nadjib, merupakan acara puncak dari rangkaian kegiatan Festival Mataram yang digelar pada tanggal 23-25 November 2017. Kegiatan lain dipusatkan di Tugu Bumi Gora Mataram, dimulai dengan digelarnya permainan rakyat Peresean, Festival Kuliner, dan Pagelaran Seni. Agak berbeda dengan tahun sebelumnya, Parade Budaya digelar menjelang akhir acara untuk menghormati kegiatan Musyawarah Nasional dan Konferensi Besar Nahdlatul Ulama serta agar tidak memecah konsentrasi masyarakat. Parade Budaya kali ini juga melibatkan peserta dari IPDN Kampus NTB dan komunitas dari Jember Fashion Carnaval (JFC). “Kalau Jember punya karnaval, kita tidak ingin ketinggalan untuk punya parade budaya”, ujarnya.

Sementara dalam sambutannya, Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh berharap agar kegiatan yang telah dicanangkan pada tahun 2015 sebagai kegiatan tetap tahunan di Kota mataram tersebut dapat terus berjalan dengan baik sesuai dengan harapan. Kota Mataram lanjut Wali Kota, memiliki wilayah yang sangat kecil bila dibandingkan dengan kabupaten/kota lain di NTB. Selain itu Kota Mataram juga hanya memiliki Sumber Daya Alam (SDA) yang relatif kecil. Meski demikian dengan jumlah penduduk saat ini yang telah mencapai angka 659 ribu dengan berbagai latar belakang suku, agama, tradisi, dan budaya, menjadi satu kekayaan tersendiri bagi Kota Mataram. Perbedaan tersebut bila dipandang dari sisi positif dapat menjadi potensi besar yang alih-alih membuat perpecahan, justru dapat mempersatukan warga masyarakat Kota Mataram.

Hal tersebut dikatakan Wali Kota, terbukti dari kunjungan wisata yang saat ini lebih dari 600 ribu orang, progresifitas pembangunan yang dari tahun ke tahun terus meningkat, kemandirian daerah yang dari tahun ke tahun juga terus meningkat, bahkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) tertinggi bila dibandingkan dengan kabupaten/kota lain di NTB. Karena itu potensi besar dari Sumber Daya Masyarakat (SDM) yang ada menjadi sangat penting untuk terus ditingkatkan untuk mendukung pembangunan di Kota Mataram. Untuk itu Pemerintah Kota Mataram dan masyarakat harus terus bahu-membahu untuk berikhtiar dalam rangka meningkatkan pembangunan di Kota Mataram. “Semoga Parade Budaya ini dapat memberi manfaat besar bagi upaya peningkatan kesadaran masyarakat Kota Mataram untuk memaknai perbedaan”, harapnya. (ufi/tim-humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CitySSH Kota Mataram Tahun 2018Kota Mataram Dalam Data Tahun 2017Kecamatan Cakranegara Dalam DataKecamatan Ampenan Dalam DataKecamatan Mataram Dalam DataKecamatan Sandubaya Dalam DataKecamatan Sekarbela Dalam DataKecamatan Selaparang Dalam DataWebsite jdih Kota MataramBanner MNEK 2018

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat

Statistik Pengunjung