Acara Puncak Festival Pasar Rakyat Mataram 2017
26 November 2017 186 View

Acara Puncak Festival Pasar Rakyat Mataram 2017

MATARAM – Setelah dua kali penyelenggaraan Festival Pasar Rakyat Mataram 2017 bertema #NtehLaloMeken di Pasar ACC dan Pasar Kebon Roek Mataram, acara puncak Festival Pasar Rakyat Mataram 2017 dilaksanakan di Pasar Dasan Agung Mataram pada Minggu (26/11/17). Acara puncak yang dihajatkan untuk meningkatkan daya saing pasar tradisional tersebut dihadiri oleh Wakil Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana, Direktur Sarana Distribusi dan Logistik Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan RI Sihard Hadjopan Pohan, Kepala Dinas Perdagangan Kota Mataram L. Alwan Basri beserta beberapa pimpinan OPD terkait lingkup Kota Mataram, serta didukung oleh salah satu bank nasional yang memiliki perhatian khusus pada peningkatan daya saing pasar tradisional dan komunitas seniman Kota Mataram.

          Dalam sambutan Direktur Sarana Distribusi dan Logistik Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan RI Sihard Hadjopan Pohan, dikatakan bahwa festival serupa telah diadakan secara nasional bekerjasama dengan salah satu bank nasional dengan harapan dapat merubah image pasar tradisional yang bau, kotor, dan becek menjadi pasar yang aman, nyaman, ramah, dan terpercaya. Bahkan kegiatan tersebut dilombakan sampai di tingkat nasional dalam kegiatan Lomba Pasar Rakyat. Kedepan diharapkan pula akan ada wakil dari Kota Mataram sebagai peserta Lomba Pasar Rakyat di tingkat nasional. Tahun ini di Kota Mataram, Kementerian Perdagangan Dalam Negeri RI juga memiliki program untuk merevitalisasi Pasar Mandalika dengan prototype baru dan model pasar yang baru, sehingga dapat menjadi pasar tradisional yang memiliki daya saing ditengah maraknya kehadiran pasar-pasar modern.

          Perlunya meningkatkan daya saing pasar tradisional juga dikatakan oleh Wakil Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana. Dalam sambutannya, Mohan menyoroti munculnya budaya baru ditengah masyarakat di hampir seluruh pelosok negeri untuk mencari kebutuhan pokok di pasar modern. Dalam kondisi tersebut, kegiatan-kegiatan yang dilakukan untuk menarik minat masyarakat kembali ke pasar tradisional menjadi satu harapan. Pasar tradisional lanjut Mohan, harus mampu bersaing karena perannya yang sangat strategis sebagai salah satu motor penggerak ekonomi masyarakat. “Justru di pasar tradisional ada transaksi emosional yang begitu kuat, ada silaturahmi yang begitu erat antara pedagang dengan pembelinya. Karena itu perlu untuk dilakukan penataan fisik dan penguatan-penguatan di bidang manajemen pasar”, ujarnya.

          Di Kota Mataram yang memiliki sejumlah 19 pasar tradisional menurut Mohan, dua diantaranya tengah dilakukan upaya revitalisasi besar-besaran. Yaitu Pasar Mandalika dan Pasar Sindu. Setiap tahun Pemerintah Kota Mataram juga berencana untuk dapat melakukan revitalisasi pasar-pasar tradisional agar memiliki kualitas fisik yang semakin baik, serta dilakukan pula penguatan manajemen pasar agar dapat memperkuat kapasitas pasar itu sendiri. Selain itu Pemerintah Kota Mataram juga tengah berencana untuk memindahkan Pasar Kebon Roek ke lokasi lain, yang diharapkannya mampu meningkatkan daya saing ditengah iklim yang semakin kompetitif. “Pasar juga salah satu potensi PAD kita. Walaupun saat ini baru pada angka 4,5 M, kita optimis dengan penataan dan perbaikan manajemen, pasar tradisional akan menjadi primadona suatu saat nanti”, tutupnya. (ufi/nyem-humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CitySSH Kota Mataram Tahun 2018Kota Mataram Dalam Data Tahun 2017Kecamatan Cakranegara Dalam DataKecamatan Ampenan Dalam DataKecamatan Mataram Dalam DataKecamatan Sandubaya Dalam DataKecamatan Sekarbela Dalam DataKecamatan Selaparang Dalam DataWebsite jdih Kota MataramBanner MNEK 2018

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat

Statistik Pengunjung

Hari Ini : 2,785 Visit
Kemarin : 2,561 Visit
Bulan Ini : 81,317 Visit
Tahun Ini : 388,637 Visit
Total : 971,496 Visit
Detail Statistik