Peringatan Hari Ibu ke-89 Tahun 2017 Kota Mataram
22 Desember 2017 120 View

Peringatan Hari Ibu ke-89 Tahun 2017 Kota Mataram

MATARAM – Upacara puncak peringatan Hari Ibu ke-89 Tahun 2017 di Kota Mataram yang digelar pada Jumat (22/12/17) di Halaman Kantor Wali Kota Mataram berlangsung istimewa. Petugas upacara yang seluruhnya perempuan dan para peserta upacara tampak lebih anggun mengenakan kebaya atau busana tradisional. Sementara para karyawan lingkup Pemerintah Kota Mataram lainnya menyesuaikan diri dengan mengenakan batik. Upacara yang dipimpin oleh Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Mataram Kinnastri Mohan Roliskana dihadiri oleh Wakil Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana, Ketua DPRD Kota Mataram H. Didi Sumardi beserta istri, Sekretaris Daerah Kota Mataram H. Effendi Eko Saswito beserta istri, serta segenap jajaran pimpinan OPD lingkup Kota Mataram yang didampingi juga oleh istri. Sementara Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh dan istri tidak dapat ikut hadir karena tengah menjalankan ibadah Umrah.

          Membacakan sambutan tertulis Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Yohana Yambise, Ketua GOW Kota Mataram Kinnastri Mohan Roliskana mengajak semua perempuan untuk terus maju, mampu menjadi sosok yang mandiri, kreatif, inovatif, percaya diri, dan meningkatkan kualitas dan kapabilitas dirinya. Sehingga bersama laki-laki, perempuan menjadi kekuatan yang besar dalam membangun keluarga, masyarakat, dan bangsa. “Perempuan dan laki-laki memiliki peran dan kedudukan yang setara dalam memperjuangkan kesejahteraan di semua bidang pembangunan. Perempuan dan laki-laki juga mempunyai kesempatan, akses, serta peluang yang sama sebagai sumber daya pembangunan”, tuturnya.

          Tidak dipungkiri lanjut wanita yang akrab disapa Kikin, Indonesia saat ini tengah menghadapi situasi darurat kekerasan terhadap perempuan dan anak. Diyakini bila semua pihak bekerjasama, gotong royong, saling membantu, dan bahu-membahu, sehingga akan tercapai hasil yang lebih baik. Seiring dengan kemauan yang kuat untuk sendiri maupun bersama-sama menghindari dan menghentikan semua bentuk kekerasan baik dalam ranah publik maupun domestik atau dalam rumah tangga, situasi tersebut dapat dihindarkan. Pelibatan serta peningkatan peran laki-laki dan keluarga juga menjadi bagian yang penting dalam rangka menghapus segala bentuk diskriminasi dan tindak kekerasan lainnya, serta untuk mewujudkan kesejahteraan bangsa. Karena runtuhnya pondasi ketahanan dalam keluarga kerap kali disebabkan oleh maraknya berbagai persoalan bangsa dan kompleksitas masalah sosial yang terjadi di masyarakat. “Sehingga peran keluarga dituntut untuk lebih diperkuat, dbarengi penanaman nilai-nilai kekeluargaan” lanjutnya.

          Usai pelaksanaan upacara, pada Peringatan hari Ibu ke-89 Kota Mataram juga dilaksanakan pembacaan ‘Surat Untuk Ibu’ oleh Anindya Putri Adiningrum yang merupakan Juara I Lomba Menulis Surat Untuk Ibu Tingkat SD se-Kota Mataram, penyerahan bunga oleh Wakil Wali Kota dan Sekda Kota Mataram kepada istri, serta penyerahan penghargaan Wanita Inspirasi 2017 Kota Mataram. Lima perempuan yang memperoleh penghargaan sebagai Wanita Inspirasi 2017 Kota Mataram yaitu; Nyayu Ernawati,S.Sos yang merupakan Ketua Dewan Pembina Lembaga Perlindungan Anak Kota Mataram serta aktif memperjuangkan hak dan perlindungan anak-anak dan perempuan, Nurjanah, SPd seorang penggiat sosial yang aktif memperjuangkan hak dan perlindungan terhadap kaum perempuan, Siti Aisyah yang merupakan pendiri bank sampah lingkungan serta pengrajin lepas olahan sampah sekaligus aktif dalam kampanye lingkungan dan membentuk komunitas peduli sampah, Hj. Fauziah seorang pengajar mengaji anak-anak dan penceramah, serta yang terakhir Dr. Hj. Warni Juwita yang aktif dalam memperjuangkan pemberdayaan perempuan melalui sejumlah organisasi dan Pendidikan Anak Usia Dini. (ufi/tim-humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramROAD MAP RB KOTA MATARAMWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CitySSH Kota Mataram Tahun 2018Kota Mataram Dalam Data Tahun 2017Kecamatan Cakranegara Dalam DataKecamatan Ampenan Dalam DataKecamatan Mataram Dalam DataKecamatan Sandubaya Dalam DataKecamatan Sekarbela Dalam DataKecamatan Selaparang Dalam DataPengumuman Rektrutmen Gel II TFL

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat

Statistik Pengunjung

Hari Ini : 4,296 Visit
Kemarin : 3,445 Visit
Bulan Ini : 78,543 Visit
Tahun Ini : 178,934 Visit
Total : 761,793 Visit
Detail Statistik