Wakil Wali Kota Mataram Resmikan Rusunawa Montong Are
28 Desember 2017 374 View

Wakil Wali Kota Mataram Resmikan Rusunawa Montong Are

MATARAM – Kamis (28/12/17), Wakil Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana meresmikan Rusunawa (Rumah Susun Sederhana Sewa) Montong Are yang berada di Lingkungan Montong Are Kelurahan Mandalika Kecamatan Sandubaya Kota Mataram. Peresmian hunian vertikal empat lantai yang telah dinyatakan 100 persen siap huni tersebut selain dihadiri oleh para penghuni dan masyarakat sekitar lokasi, dihadiri pula oleh perwakilan dari Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR-RI, Dirjen Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR-RI, sejumlah pimpinan OPD terkait lingkup Pemerintah Kota Mataram, Camat, Lurah, serta Kepala Lingkungan se-Kecamatan Sandubaya.

Dalam sambutan Wakil Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana dikatakan bahwa keberadaan rusunawa merupakan salah satu solusi untuk menyiapkan hunian berimbang di Kota Mataram. Hal tersebut mengingat adanya permasalahan nilai lahan di Kota Mataram yang relatif tinggi, dan kemampuan daya beli masyarakat yang belum merata. Sehingga rusunawa dapat menjadi solusi sementara bagi masyarakat sekitar lokasi yang secara ekonomi belum cukup baik. Alasan yang lebih khusus lagi adalah karena adanya keterbatasan lahan di Kota Mataram yang tidak sebanding dengan pertumbuhan jumlah penduduk, sehingga diperkirakan pembangunan hunian vertikal akan terus meningkat dibandingkan dengan rumah tapak. “Kita harus mulai membiasakan diri karena tren ini akan terus meningkat”, ucapnya.

Di Kota Mataram lanjut Mohan, saat ini setidaknya telah berdiri 10 rusunawa yang telah dibangun oleh Kementerian PUPR-RI. Sedangkan Rusunawa Montong Are merupakan satu dari tiga rusunawa yang dikelola oleh Pemerintah Kota Mataram, selain Rusunawa Selagalas dan Rusunawa Mandalika. Kedepan, Pemerintah Kota Mataram juga telah mengusulkan kepada Kementerian PUPR-RI untuk pembangunan satu blok lagi di lokasi Montong Are, serupa dengan blok yang baru diresmikan. Selain itu direncanakan pula pembangunan hunian serupa di kawasan tengah maupun di bagian barat Kota Mataram yang diperuntukkan bagi masyarakat nelayan Kota Mataram.

Berbeda dengan tinggal di hunian horizontal dikatakan Mohan, masyarakat yang tinggal di rumah susun dituntut untuk lebih dapat bersikap toleran, serta dapat mengembangkan rasa simpati dan empati antar sesama penghuni karena hunian vertikal cenderung lebih padat penghuni. Karena itu Mohan berpesan agar keluarga yang akan menghuni Rusunawa Montong Are dapat merawat dengan baik fasilitas yang ada, menjaga ketertiban, dan semangat persatuan diantara sesama penghuni. “Semoga rusunawa ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya, demikian pula bagi para penghuni agar dapat membangun masa depan keluarga menjadi lebih baik”, harapnya. (ufi/din-humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CityWebsite jdih Kota MataramKecamatan Cakranegara Dalam Data 2018.pdfKecamatan Mataram Dalam Data 2018.pdfKecamatan Sandubaya Dalam Data 2018.pdfKecamatan Sandubaya Dalam Data 2018.pdfKecamatan Selaparang Dalam Data 2018.pdf111111111

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat