Beranda - Situs Resmi Pemerintah Kota Mataram
Pengukuhan Pengurus Posyantek Kecamatan Se-Kota Mataram
09 Maret 2018 240 View

Pengukuhan Pengurus Posyantek Kecamatan Se-Kota Mataram

MATARAM – Kamis (08/03/18), Sekretaris Daerah Kota Mataram H. Effendi Eko Saswito didampingi Asisten I Setda Kota Mataram Lalu Martawang dan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kota Mataram Miftahurrahman mengukuhkan jajaran Pengurus Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek) Kecamatan se- Kota Mataram di Aula Lantai 3 Kantor Wali Kota Mataram. Pengukuhan bagi total 36 orang pengurus inti Posyantek di tingkat kecamatan se-Kota Mataram atau enam orang pengurus di masing-masing kecamatan tersebut dimaksudkan untuk memberdayakan dan meningkatkan peran serta masyarakat dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, meningkatkan pemberdayaan masyarakat dalam penguasaan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta mendorong lahirnya inovasi dan kreativitas di tengah masyarakat dalam rangka menjadikan Mataram Kota Inovasi.

          Disebutkan dalam laporan yang disampaikan oleh Kepala Badan Litbang Kota Mataram Miftahurrahman, pembentukan Posyantek akan memberi manfaat sebagai media atau rumah terlahirnya inovasi, tidak saja dalam konteks inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) tetapi juga seluruh penyelenggaraan inovasi sesuai dengan kebutuhan dan persoalan setempat. Selain itu juga akan memfasilitasi pemetaan kebutuhan pengkajian dan menjembatani masyarakat sebagai pengguna sekaligus sumber TTG, mewadahi motivasi penerapan TTG pada masyarakat, memberi konsultasi dan pendampingan dalam penerapan TTG, dan memberi kemudahan pula bagi masyarakat untuk memperoleh pelayanan teknis informasi, promosi, serta peningkatan kemampuan dalam rangka pemberdayaan ilmu pengetahuan dan teknologi. “Kami juga telah membentuk tim inovasi daerah yang dibagi dalam tiga kelompok. Yaitu; Inovasi pelayanan publik, inovasi tata kelola pemerintahan, inovasi TTG”, tuturnya.

          Sementara itu dalam sambutan Sekretaris Daerah Kota Mataram H. Effendi Eko Saswito usai mengukuhkan jajaran pengurus Posyantek Kecamatan, dengan adanya Posyantek ini, masyarakat sebagai kelompok ataupun perorangan dapat lebih memperoleh manfaat positifnya. Posyantek Kecamatan yang nantinya akan membentuk organisasi di masing-masing kecamatan tersebut dinilai akan dapat membantu memberikan nilai tambah bagi kegiatan masyarakat dan meningkatkan produktivitas, kreatifitas, dan inovasi-inovasi masyarakat dalam mengelola sumber daya yang ada. “Saya mengajak kita semua terus bersinergi sesuai dengan potensi dan kekuatan masing-masing, untuk membangun dan meningkatkan kapasitas diri. Tiada lain tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan”, ucapnya.

          Setelah dikukuhkan, para pengurus ini Posyantek Kecamatan akan segera bergerak untuk dapat menjadi peserta pada kegiatan Gelar Teknologi Tepat Guna Tingkat Kota Mataram yang akan dilaksanakan pada tanggal 26-28 Maret 2018. Selanjutnya, akan dipilih peserta-peserta terbaik yang akan mewakili Kota Mataram dalam kegiatan Gelar Teknologi Tepat Guna di tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat yang akan dilangsungkan pada tanggal 1-3 April 2018 di Kabupaten Dompu. Selain melibatkan Posyantek, pada kegiatan Gelar TTG nanti juga diharapkan semua OPD di lingkup Pemerintah Kota Mataram yang memiliki inovasi dalam pelayanannya dapat ikut terlibat. Khususnya bagi OPD yang telah memperoleh penghargaan dari pusat, agar dapat lebih mengenalkan inovasi-inovasi yang dimilikinya kepada masyarakat. (ufi/din-humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CityWebsite jdih Kota MataramKecamatan Cakranegara Dalam Data 2018.pdfKecamatan Mataram Dalam Data 2018.pdfKecamatan Sandubaya Dalam Data 2018.pdfKecamatan Selaparang Dalam Data 2018.pdfKecamatan Ampenan Dalam Data 2018Kota Mataram Dalam Data 2018Kecamatan Sekarbela Dalam Data 2018

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat