Plt. Wali Kota Mataram Launching GEMAS-KAN dan Mobil Pelayanan Keliling
20 Maret 2018 198 View

Plt. Wali Kota Mataram Launching GEMAS-KAN dan Mobil Pelayanan Keliling

MATARAM – Plt. Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana meluncurkan Gerakan Mataram Sadar Administrasi Kependudukan (GEMAS-KAN) sekaligus meresmikan operasional Mobil Pelayanan Keliling milik Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Mataram pada Senin (19/03/18). Kegiatan yang dilaksanakan di halaman Kantor Kelurahan Bertais Kota Mataram tersebut dirangkaikan pula dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama oleh Kepala Dinas Dukcapil Kota Mataram Chaerul Anwar, Kepala Pengadilan Agama Kelas IA Mataram Yusuf Effendi , dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Mataram H. Buhanul Islam tentang Penetapan Pengesahan Perkawinan (Itsbat Nikah) Terpadu Secara Kolektif Tahun 2018, dengan disaksikan oleh Plt. Wali Kota Mataram, Kepala Ombudsman Perwakilan Provinsi Nusa Tenggara Barat, segenap anggota FKPD Kota Mataram, dan jajaran Pimpinan OPD Kota Mataram.

Dilaporkan oleh Kepala Dinas Dukcapil Kota Mataram Chaerul Anwar, program kegiatan Itsbat Nikah kali ini merupakan yang keempat kalinya digelar oleh dinas yang dipimpinnya, sebagai tindak lanjut dari aspirasi masyarakat melalui MPBM dengan target 100 pasang dalam empat triwulan. Sedangkan untuk GEMAS-KAN, adalah tindak lanjut dari Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) yang secara nasional telah diluncurkan pada tanggal 8 Februari 2018 di Kota Batam. Agar GEMAS-KAN berjalan dengan semestinya, Chaerul memastikan pihaknya telah berkomitmen dalam penanganan layanan Administrasi Kependudukan yang dilaksanakan secara khusus. “Pada setiap hari Rabu akan kami laksanakan “Rabu Pelayanan Sehari Jadi” atau Rabu Sihadi”, lapornya.

Dari data yang dimiliki oleh Dinas Dukcapil Kota Mataram tahun 2017 lalu lanjut Chaerul, tercatat progres yang cukup baik, bahkan melampaui target yang telah ditetapkan. Dari target perekaman wajib KTP sejumlah 292.162 jiwa, sampai dengan akhir tahun 2017 sudah direkam sejumlah 298.562 jiwa atau mencapai 102,12 persen. Sementara untuk penduduk wajib KTP sejumlah 292.162 tersebut, sudah tercetak KTP elektronik sebanyak 294.412 keping atau 100.77 persen. Sedangkan untuk Akta kelahiran bagi anak usia 0-18 tahun yang berjumlah 140.128 jiwa, menurut target nasional per tanggal 31 Desember 2017 harus diselesaikan sebesar  85 persen atau sejumlah 119.109 jiwa. Sampai dengan akhir tahun 2017 Dinas Dukcapil Kota Mataram telah menerbitkan Akta Kelahiran sejumlah 124.471 jiwa atau 104,50 persen dari target yang telah ditetapkan.

Menanggapi laporan tersebut, Plt. Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana menyatakan bahwa dirinya mengapresiasi upaya yang dilakukan Dinas Dukcapil Kota Mataram yang telah secara terus-menerus berinovasi untuk memberi layanan kependudukan terbaik bagi masyarakat. Bila pada tahun 2017 lalu Kota Mataram mendapatkan peringkat kedua secara nasional untuk layanan kependudukan, Mohan berharap agar pada tahun ini Kota Mataram dapat meraih prestasi terbaik dan mengalahkan Kota Manado yang pada tahun lalu ditetapkan sebagai terbaik pertama di tingkat nasional. “Satu hal, tujuan GEMAS-KAN salah satunya untuk membangun kesadaran masyarakat dalam kepemilikan dokumen kependudukan. Agar semua peristiwa sosial kemasyarakatan seperti perenikahan, kelahiran, kematian, dan sebagainya dapat tercatat dan terdokumentasi dengan baik”.

Sedangkan mengenai perjanjian kerjasama terkait Itsbat Nikah, Mohan juga memberikan apresiasi karena apa yang akan dilaksanakan bersama antara tiga instansi pemerintahan tersebut merupakan salah satu kewajiban pemerintah untuk memenuhi hak dasar masyarakat sebagai warga negara. Dalam hal ini memiliki dokumen-dokumen kependudukan yang dimiliki secara sah, termasuk memiliki Akta Nikah yang diakui secara agama dan juga negara. Karena tanpa selembar surat tersebut akan menghambat banyak hal seperti penerbitan Akta Kelahiran bagi anak yang lahir dalam pernikahan, bahkan dapat menghambat urusan yang berkaitan dengan ibadah seperti untuk melaksanakan kegiatan Umrah dan Haji. “Tapi masyarakat juga jangan sampai menggampangkan urusan ini. Sudah sah menikah secara agama, secara negara juga harus diurus. Jangan hanya mengandalkan Itsbat Nikah ini, masing-masing harus punya tanggung jawab”, tutupnya. (ufi/nyem-humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CitySSH Kota Mataram Tahun 2018Kota Mataram Dalam Data Tahun 2017Kecamatan Cakranegara Dalam DataKecamatan Ampenan Dalam DataKecamatan Mataram Dalam DataKecamatan Sandubaya Dalam DataKecamatan Sekarbela Dalam DataKecamatan Selaparang Dalam DataWebsite jdih Kota MataramBanner MNEK 2018

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat