Kota Mataram Menuju Kota Layak Anak
21 Maret 2018 308 View

Kota Mataram Menuju Kota Layak Anak

Mataram - Asisten I Bidang Pemerintahan Dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Mataram Lalu Martawang membuka Pertemuan Tim Pokja Kota Layak Anak (KLA) Tahun 2018 yang di adakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Mataram di Ruang Kenari Kantor Wali Kota Mataram, Senin (19/03/18). Pertemuan Tim Pokja dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Mataram Hj.Dewi Mardiana Ariany dan Kepala OPD Lingkup Kota Mataram.

Dalam sambutan pembukaannya, Asisten I Setda Kota Mataram  Lalu Martawang  menjelaskan bahwa pertemuan pokja kali ini akan membahas persiapan dalam Kota Mataram menuju Kota Layak Anak. "Kita selalu mendengang dengungkan setiap tahun bahwa Kota Mataram kita ikhtiarkan menjadi Kota Layak Anak di tahun 2019", jelas Lalu Martawang di awal sambutannya. "Ada sebuah kata kunci yang menyentuh kita semua adalah anak merupakan pusat dari kasih sayang dan kebahagian kita semua", tambahnya.

Menurut Martawang, anak adalah pusat kasih sayang dan kebahagian. Karena itu ketika berkomitmen Kota Mataram menjadi Kota Layak Anak maka sebenarnya sudah ada komitmen bersama untuk memastikan Kota Mataram yang sustainbilitas-nya terjamin, dan juga kalau memastikan Kota Mataram Kota Layak Anak, maka dapat dipastikan juga Kota Mataram Kota Layak Hidup bagi semua.

Selain itu Martawang juga mengatakan bahwa Kota Layak Anak setiap tahun dilakukan penilaian yang harus dimulai dari pelaporan, karena semua penilaian berbasis website. Hal tersebut karena meskipun sudah melakukan banyak hal akan tetapi bila tidak dilaporkan maka nilai yang diperoleh akan sangat rendah. Selain itu Martawang juga menjelaskan bahwa tahapan penilaian yang pertama penilaian mandiri, yang kedua adalah verifikasi administrasi, tahap ketiga adalah verifikasi lapangan, yang terakhir verifikasi final. Sedangkan pnginputan data mulai tanggal 19 Maret 2018 sampai tanggal 6 April 2018.

Untuk itu Martawang menghimbau untuk menginputan data maksimal tanggal 31 Maret 2018 harus sudah terpenuhi secara keseluruhan. Verifikasi administrasi dimulai tanggal 7 April 2018 sampai 14 April 2018, lalu verifikasi lapangan tanggal 15 April 2018 sampai 30 April 2018, yaitu akan di adakan pengecekan antara yang dilaporkan harus sesuai dengan yang dilapangan, dan yang terakhir adalah verifikasi final tanggal 1 Juli 2018 sampai 22 Juli 2018, sedangkan tanggal 23 Juli 2018 akan dilakukan penyerahan penghargaan Kota Layak Anak Tahun 2018.

 Ditambahkan pula bahwa dari lima cluster Kota Layak Anak, ada beberapa yang harus mendapatkan perhatian semua. Cluster pertama adalah belum optimalnya fasilitas informasi layak anak untuk mencegah teraksesnya konten pornografi pada anak, belum adanya lembaga konsultasi dan layanan pengasuhan anak bagi orang tua atau keluarga , Cluster kedua adalah adanya data perkawinan anak yang belum tercatat dan terlaporkan dengan baik, Cluster ketiga adalah masih maraknya informasi promosi dan sponsor rokok , Cluster yang terakhir adalah belum tersedianya budaya kreatif, yang diantaranya adalah ketersediaannya ruang bermain anak. "Saya berharap semua OPD terkait langsung bisa menjelaskan apa yang akan dilakukan dalam waktu dekat ini, sehingga indikator-indikator ini bisa terpenuhi", tutupnya.(ndh-humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CityWebsite jdih Kota MataramKecamatan Cakranegara Dalam Data 2018.pdfKecamatan Mataram Dalam Data 2018.pdfKecamatan Sandubaya Dalam Data 2018.pdfKecamatan Selaparang Dalam Data 2018.pdfKecamatan Ampenan Dalam Data 2018Kota Mataram Dalam Data 2018Kecamatan Sekarbela Dalam Data 2018

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat