GOW Kota Mataram Bantu Masyarakat Pesisir Pantai
06 April 2018 53 View

GOW Kota Mataram Bantu Masyarakat Pesisir Pantai

MATARAM – Masih dalam rangkaian Peringatan Hari Kartini ke-139 Tahun 2018, Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Mataram memberikan perhatian khusus bagi masyarakat Kota Mataram di pesisir pantai, tepatnya yang ada di Lingkungan Bangsal Kelurahan Tanjung Karang Kecamatan Sekarbela Kota Mataram. Jumat (07/04/18) kemarin, GOW Kota Mataram beserta 24 organisasi wanita yang bernaung didalamnya berkunjung untuk mengajak masyarakat melaksanakan Senam 3N bersama dengan masyarakat setempat sebagai bagian dari kampanye anti kekerasan terhadap perempuan dan anak-anak, sekaligus menyalurkan bantuan berupa 100 paket sembako, 50 paket peralatan gambar bagi anak-anak, buku-buku bacaan untuk perpustakaan yang dikelola masyarakat setempat, dan juga paket cat tembok agar lingkungan yang berada di pesisir pantai Tanjung Karang Kota Mataram tersebut tampak lebih segar dan menarik.

          Bantuan-bantuan tersebut diakui Ketua GOW Kota Mataram yang sekaligus juga menjabat sebagai Ketua TP PKK Kota Mataram Kinnastri Roliskana, secara nominal memang tidak besar. Namun merupakan satu bentuk perhatian dari GOW Kota Mataram dan organisasi-organisasi wanita yang tergabung didalamnya, yang datang dengan membawa semangat Kartini dan berharap agar bantuan yang diberikan dapat semakin menumbuhkan kesadaran serta membangkitkan semangat masyarakat setempat agar jangan sampai berhenti berkreasi dan berinovasi. Dari kunjungan silaturahmi kali ini, wanita yang akrab disapa Ibu Kikin itu juga mengakui bahwa kondisi Lingkungan Bangsal Kelurahan Tanjung Karang Kota Mataram dapat dikatakan sudah berubah 180 derajat dibandingkan dengan saat terakhir kali dirinya berkunjung. “Saya sangat mengapresiasi, terimakasih atas kesadaran semua pihak disini untuk menyayangi kampungnya”, ucapnya.

          Dengan semakin baiknya kondisi lingkungan lanjut Kikin, dipastikan akan dapat berimbas positif pula nantinya pada peningkatan kondisi perekonomian masyarakat setempat. Bahkan bila masyarakat setempat terus berusaha untuk mengembangkan diri dengan terus menggali kreativitas dan berinovasi tanpa harus menunggu perintah atau komando dari pemerintah untuk mulai berbenah, pada saatnya nanti bisa saja masyarakat menjadikan wilayah tersebut menjadi salah satu kampung tujuan wisata di Kota Mataram. “Untuk para pemuda, jangan hanya menunggu perintah, terus cari cara yang inovatif agar kampung ini bisa makin bersih, bisa makin baik lagi. Untuk ibu-ibu, akan kami bantu juga dengan pelatihan mengelola sampah daur ulang yang hasilnya nanti bisa memiliki nilai jual, dan bisa ditawarkan pada wisatawan yang datang”, ujarnya.

          Pada kegiatan yang merupakan kegiatan ketiga dari rangkaian Peringatan Hari Kartini ke-139 Kota Mataram, turut dihadiri oleh Ketua Panitia yang sekaligus juga Asisten I Setda Kota Mataram dan Ketua Ikatan Keluarga Dewan (IKD) Kota Mataram Hj. Baiq Evi Ganevia. Turut hadir pula pada kesempatan tersebut Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Mataram Hj. Herlina Eko Saswito, Kepala Dinas PP PA (Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak) Kota Mataram Hj. Dewi Mardiana Ariany beserta beberapa kepala OPD terkait, camat, lurah, dan kepala lingkungan setempat. Selain menyerahkan bantuan bagi masyarakat, turut diserahkan pula titipan dari Plt. Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana untuk seorang tokoh wanita, Nurjannah, pekerja sosial yang selalu membantu, memberikan bimbingan dan motivasi bagi warga masyarakat, khususnya bagi ibu-ibu di lingkungan setempat.

          Sebelumnya, GOW Kota Mataram juga telah menggelar Pengajian Umum dan Bakti Sosial di Lingkungan Pondok Perasi Kelurahan Bintaro Kecamatan Ampenan pada tanggal 23 Maret 2018 dan Pelatihan Pengolahan Makanan Berbahan Dasar Jagung di Aula Pendopo Wali Kota Mataram pada tanggal 5 April 2018. Kegiatan pelatihan yang dimaksudkan agar kaum perempuan di Kota Mataram bisa turut serta membangun Kota Mataram di bidang ekonomi, mandiri dan bisa ikut menciptakan lapangan pekerjaan, diikuti oleh 52 orang peserta yang berasal dari berbagai organisasi wanita yang bernaung dibawah GOW Kota Mataram serta para ketua TP PKK Kecamatan se-Kota Mataram, yang dibagi dalam tiga kelompok. Yaitu; kelompok 1 membuat brownies jagung, kelompok 2 membuat dodol jagung, dan kelompok 3 membuat semprong jagung. Sebagai narasumber, dihadirkan Ibu Diah Mungguh dari UKM Zatur Rizka yang telah berpengalaman dalam pengolahan makanan berbahan dasar jagung. (ufi/tim-humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CitySSH Kota Mataram Tahun 2018Kota Mataram Dalam Data Tahun 2017Kecamatan Cakranegara Dalam DataKecamatan Ampenan Dalam DataKecamatan Mataram Dalam DataKecamatan Sandubaya Dalam DataKecamatan Sekarbela Dalam DataKecamatan Selaparang Dalam DataWebsite jdih Kota MataramBanner MNEK 2018

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat

Statistik Pengunjung

Hari Ini : 2,340 Visit
Kemarin : 2,716 Visit
Bulan Ini : 72,344 Visit
Tahun Ini : 379,664 Visit
Total : 962,523 Visit
Detail Statistik