Pemkot Mataram Peringati 22 tahun Otonomi Daerah
25 April 2018 118 View

Pemkot Mataram Peringati 22 tahun Otonomi Daerah

MATARAM – Pelaksanaan otonomi daerah di Indonesia telah berjalan selama 22 tahun. Tepat pada Hari Otonomi Daerah yang jatuh pada setiap tanggal 25 April, Pemerintah Kota Mataram menggelar Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah Ke-XXII Tahun 2018 di halaman Kantor Wali Kota Mataram, Senin (25/04/18). Upacara yang diikuti oleh seluruh jajaran pemerintahan Kota Mataram tersebut dipimpin secara langsung oleh Plt. Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana, yang saat membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyampaikan harapan agar peringatan Hari Otonomi Daerah bukan sekedar seremoni belaka. Melainkan menjadi momentum untuk mengevaluasi sejauh mana penyelenggaraan otonomi daerah telah bermuara kepada kesejahteraan masyarakat di setiap jengkal wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, sebagai perwujudan Nawa Cita.

          Dalam sambutan tertulis Menteri Dalam Negeri yang dibacakan oleh Mohan, disampaikan pula bahwa dalam perjalanan usia 22 tahun otonomi daerah, telah banyak menyemai manfaat bagi bangsa Indonesia yang berpenduduk lebih dari 261 juta jiwa ini. Bangsa Indonesia semakin dewasa untuk menyadari bahwa cara utama yang paling efektif mewujudkan kesejahteraan rakyat adalah melalui penyelenggaraan otonomi daerah yang bersih dan demokratis. Dalam hal ini bukan hanya mengharuskan daerah-daerah menjalankan kewenangan otonomi dengan berdasarkan kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku, melainkan juga harus menjadikan transparansi publik sebagai dasar dan tolak ukur utama dalam setiap pengambilan kebijakan. “Sehingga apapun kebijakan itu dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat”, dibacakan Mohan.

          Lebih lanjut disampaikan Mohan, penyelenggaraan otonomi daerah yang diarahkan untuk membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis, dan terpercaya menjadi syarat utama bagi terwujudnya tujuan utama otonomi daerah. Yaitu peningkatan kesejahteraan rakyat melalui peningkatan kualitas pelayanan publik dan peningkatan daya saing, kreatifitas, serta inovasi yang mengandalkan kekhasan daerah. Meski disadari pula oleh Pemerintah, di satu sisi inovasi daerah merupakan peluang bagi daerah untuk melahirkan ide dan gagasan baru untuk mendukung kinerja Pemerintah Daerah, disisi lain dapat pula berpotensi menyebabkan terjadinya penyalahgunaan wewenang. Namun hal tersebut dapat dihindari bila inovasi dilaksanakan sesuai dengan Peraturan Pemerintah yang telah mengatur secara rinci dan jelas mengenai prinsip, kriteria, dan mekanismenya. Disamping itu peran aktif masyarakat dalam memberikan kontrol sosial juga ikut terdorong, yang akan bermuara pada pemerintahan yang transparan dan akuntabel.

          Tiga hal yang menjadi perhatian bersama lanjut Mohan, adalah integritas dan etika profesionalisme bagi para pemimpin dan penyelenggara pemerintahan daerah, mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Selain itu diingatkan pula bahwa pada tahun 2018 ini ada dua peristiwa besar dan penting yang akan digelar. Yakni Pilkada Serentak pada tanggal 27 Juni 2018 di 17 provinsi, 115 kabupaten, dan 39 kota, serta gelaran Asian Games ke-18 pada tanggal 18 Agustus sampai dengan 2 September 2018 yang membutuhkan dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia agar dapat berjalan lancar dan sukses. Khusus untuk menghadapi agenda politik Pilkada Serentak, diingatkan pula bahwa ASN harus menjaga netralitas selama Pilkada. Sedangkan bagi para calon dan pendukungnya, dihimbau untuk menjadikan Pilkada sebagai kontestasi ide dan gagasan, bukan ajang saling serang dan hujat. “Perbedaan selama Pilkada adalah penguat, bukan alat pemecah belah”. (ufi/nyem-humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CitySSH Kota Mataram Tahun 2018Kota Mataram Dalam Data Tahun 2017Kecamatan Cakranegara Dalam DataKecamatan Ampenan Dalam DataKecamatan Mataram Dalam DataKecamatan Sandubaya Dalam DataKecamatan Sekarbela Dalam DataKecamatan Selaparang Dalam DataWebsite jdih Kota MataramBanner MNEK 2018

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat

Statistik Pengunjung