Wawali Sampaikan Pengantar Raperda Laporan Pertanggungjawaban APBD Kota Mataram TA 2017
28 Juni 2018 33 View

Wawali Sampaikan Pengantar Raperda Laporan Pertanggungjawaban APBD Kota Mataram TA 2017

MATARAM – Wakil Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana menyampaikan Rancangan Peraturan Daerah tentang Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan  Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kota Mataram Tahun Anggaran 2017 di ruang sidang DPRD Kota Mataram dalam Rapat Paripurna DPRD Kota Mataram yang dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Mataram H. Didi Sumardi pada Kamis (28/06/18). Rapat paripurna dihadiri oleh segenap jajaran Eksekutif dan Legislatif Kota Mataram, yang mengagendakan penyampaian Kepala Daerah mengenai Raperda tentang Pertanggung- jawaban Pelaksanaan APBD kepada DPRD dengan dilampiri laporan keuangan yang telah diperiksa oleh Badan Pemeriksa Keuangan, paling lambat enam bulan setelah tahun anggaran berakhir, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

          Dalam penyampaiannya, Mohan mengatakan bahwa Laporan Keuangan merupakan salah satu perwujudan nyata dari penerapan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan atas pelaksanaan APBD, dalam rangka penyelenggaraan operasional pemerintahan. Hal tersebut yang menjadi tolok ukur kinerja pemerintahan dengan mempertanggungjawabkannya pada akhir Tahun Anggaran. Pemerintah Kota Mataram dikatakan Mohan, telah melaksanakan berbagai program dan kegiatan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan yang dituangkan dalam Raperda, yang memberikan gambaran tentang upaya dan kesungguhan pemerintah bersama masyarakat dalam menjalankan berbagai program dan kegiatan tersebut sesuai rencana yang telah ditetapkan dan telah dapat dilaksanakan dengan baik. “Untuk keempat kalinya Kota Mataram berhasil meraih predikat WTP. Kami merasa cukup puas, karena hal ini menunjukan bahwa pengelolaan Keuangan Daerah telah dilaksanakan dengan baik sesuai Peraturan Perundang-undangan”, ucapnya.

          Lebih lanjut Mohan menjelaskan dalam Laporan Realisasi Anggaran, Pendapatan Kota Mataram terealisasi sebesar 1 Trilyun 424 Milyar 72 Juta Rupiah lebih atau 99,99 persen dari target yang ditetapkan sebesar 1 Trilyun 424 Milyar 284 Juta Rupiah lebih. Atau naik sebesar 1,94 persen dibandingkan realisasi tahun 2016. Sementara untuk Belanja dan transfer Bantuan Keuangan, terealisasi sebesar 1 Trilyun 412 Milyar 407 Juta Rupiah lebih atau 91,38 persen dari anggaran sebesar 1 Trilyun 545 Milyar 623 Juta Rupiah lebih. Untuk surplus pelaksanaan APBD yang merupakan selisih lebih pendapatan dengan belanja terealisasi sebesar 11 Milyar 665 Juta Rupiah lebih. Terdiri dari surplus APBD sebesar 12 Milyar 625 Juta Rupiah lebih, surplus di RSUD Kota Mataram sebagai BLUD sebesar  241 Juta Rupiah Lebih. surplus Dana BOS sebesar 68 Juta Rupiah lebih dan Dana JKN defisit sebesar 1 Milyar 297 Juta Rupiah lebih. Sedangkan Surplus pelaksanaan APBD yang merupakan selisih lebih  pendapatan dengan belanja terealisasi sebesar 11 Milyar 665 Juta Rupiah lebih.

Untuk SILPA Kota Mataram Pada akhir Tahun Anggaran 2017 dikatakan Mohan, sebesar 131 Milyar 920 Juta Rupiah lebih, yang bersumber dari SILPA APBD sebesar 125 Milyar 220 Juta Rupiah lebih, SILPA RSUD Kota Mataram sebagai BLUD sebesar  1 Milyar 668 Juta Rupiah Lebih, Silpa Dana BOS sebesar 683 Juta Rupiah lebih dan SILPA Dana JKN sebesar 4 Milyar 328 Juta Rupiah lebih. Sehingga dalam perubahan Saldo Anggaran Lebih dilaporkan bahwa Saldo Anggaran lebih awal sebesar 135 Milyar 144 Juta Rupiah lebih, Penggunaan Saldo anggaran lebih sebagai penerimaan tahun berjalan sebesar 135 Milyar 706 Juta Rupiah lebih, Koreksi lain-lain sebesar 562 Juta Rupiah lebih, dan Saldo Anggaran lebih akhir sebesar 131 Milyar 920 Juta Rupiah lebih. Selain itu dilaporkan pula berbagai hal terkait anggaran meliputi Laporan Operasional, Laporan Perubahan Ekuitas, Laporan Neraca, Laporan Arus Kas, dan Catatan Atas Laporan Keuangan meliputi penjelasan naratif atau rincian dari angka yang tertera dalam laporan-laporan yang telah disampaikan. “Untuk penjelasan yang lebih lengkap dan rinci dapat dicermati dalam laporan beserta lampirannya yang akan kami sampaikan kepada dewan, sebagai bahan pembahasan dalam sidang-sidang selanjutnya”, tutup Mohan. (ufi/din-humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CitySSH Kota Mataram Tahun 2018Kota Mataram Dalam Data Tahun 2017Kecamatan Cakranegara Dalam DataKecamatan Ampenan Dalam DataKecamatan Mataram Dalam DataKecamatan Sandubaya Dalam DataKecamatan Sekarbela Dalam DataKecamatan Selaparang Dalam DataWebsite jdih Kota MataramBanner MNEK 2018

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat