PKH Sejalan dengan Program Unggulan Kota Mataram
30 September 2012 1,151 View

PKH Sejalan dengan Program Unggulan Kota Mataram

Program Keluarga Harapan (PKH) yang dicanangkan pemerintah pusat sejalan dengan tiga program unggulan pemerintah Kota Mataram, yakni Peningkatan Ekonomi Kerakyatan (PER), Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan peningkatan infrastuktur perkotaan. “Namun PKH lebih fokus pada program PER dan SDM (pendidikan dan kesehata),” demikian dilontarkan Asisten Administrasi Umum Setda Kota Mataram, Makmun SH sebelum membuka bimbingan tekhnis service provider PKH di aula lantai tiga Kantor Walikota Mataram, Kamis 27 September 2012.

            Terkait dengan itu Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) serta Dinas Kesehatan selaku pelaksana mampu melakukan pengawasan agar PKH dapat tepat sasaran. Sehingga PKH mampu memberikan dampak positif bagi penerima bantuan yakni perbaikan prioritas hidup rumah tangga miskin. PKH menjadi motivasi untuk meningkatkan derajat kesehatan dan kehidupan masyarakat. “Jangan sampai terjadi hal yang sebaliknya, masyarakat menjadi manja,” ingatnya.

            Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kota Mataram, H. Marzuki Sahaz menambahkan, sebanyak 6.185 Kepala Keluarga (KK) menjadi sasaran dalam PKH tahun 2012 ini. Sasaran akan didampingi 100 orang tenaga provider  dari unsur Dikpora  dan 21 tenaga pendamping dari unsur masyarakat yang akan melakukan pendataan terhadap calon sasaran.

            Bantuan yang akan diterima berkisar Rp. 600 ribu hingga Rp. 2,2 juta per KK yang akan diambil langsung melalui kantor Pos seperti halnya pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT). “Oleh karena itu peran dari pendamping dan provider sangat dibutuhkan agar bisa valid dan program bisa tepat sasaran,” katanya.

Ditambahkannya, kegiatan bintek yang mendatangkan dua nara sumber dari Kementrian Sosial RI bertujuan untuk memberikan pemahaman bagi provider.  (nir/yudi foto humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat