Beranda - Situs Resmi Pemerintah Kota Mataram
Wali Kota Sampaikan Pidato 25 Tahun Kota Mataram di DPRD
30 Agustus 2018 152 View

Wali Kota Sampaikan Pidato 25 Tahun Kota Mataram di DPRD

MATARAM – Kota Mataram memasuki usianya yang ke-25 tahun pada tanggal 31 Agustus 2018, ditengah suasana pasca bencana gempa bumi yang mengguncang Pulau Lombok berkali-kali sejak akhir bulan Juli 2018. Memperingati HUT Kota Mataram ke-25 dalam suasana pasca bencana, agenda yang pada tahun-tahun sebelumnya berlangsung meriah, tahun 2018 ini HUT Kota Mataram diperingati secara sederhana. Karena warga masyarakat Kota Mataram masih berada dalam suasana duka karena kehilangan anggota keluarga, tempat tinggal, dan lebih dari itu ketenangan dan kenyamanan, karena harus tinggal di tenda pengungsian dalam waktu yang cukup lama, mengingat gempa susulan masih terjadi sampai lebih dari 1.000 kali. Namun meski sempat didera rentetan gempa yang merenggut 13 korban jiwa dan meninggalkan duka mendalam bagi masyarakat, terkandung hikmah yang besar jika mampu dilewati dengan hati yang sabar. Seperti disampaikan dalam pidato Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh dalam rangka Peringatan HUT Kota Mataram ke-25 di depan Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kota Mataram, Kamis (30/08/18).

          Dalam Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kota Mataram yang dilaksanakan secara darurat di halaman parkir gedung DPRD Kota Mataram, Wali Kota juga berkesempatan untuk menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah mengulurkan dukungan dan bantuan melalui Posko Bencana Gempa Kota Mataram sehingga warga Kota Mataram segera terbantu dan mampu bangkit untuk kembali menata hidupnya. Dampak dari rentetan gempa itu sendiri lanjut Wali Kota, menimbulkan kerusakan yang cukup besar baik pada fasilitas umum, fasilitas pemerintah, maupun rumah-rumah warga. Untuk perbaikan yang ada di fasilitas pemerintah saja dibutuhkan anggaran senilai 40 Milyar Rupiah. Belum lagi di bangunan-bangunan lain seperti RS Kota Mataram, sekolah-sekolah, dan rumah-rumah warga. Namun demikian Pemerintah Kota Mataram segera bekerja untuk melakukan pembersihan dan menyiapkan hunian sementara, serta akan membangunkan kembali rumah-rumah bagi warga yang rumahnya rusak parah dengan dana stimulan dari pusat. “Terimakasih pada Pemerintah Pusat yang cepat turun tangan”, ucapnya.

          Kota Mataram di usianya yang seperempat abad dikatakan Wali Kota, telah menunjukkan perkembangan progresif di berbagai bidang. Disisi ekonomi, saat ini berada pada angka 8,12 persen, dengan laju pertumbuhan investasi sebesar 16,54 persen, semakin menguatkan struktur perekonomian Kota Mataram sebagai kota dengan struktur jasa. Laju inflasi sebagai indikasi stabilnya perekonomian pun berhasil dipertahankan pada angka 3,59. Sementara peran aktif masyarakat untuk memberdayakan diri terlihat dari Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja yang berada pada angka 64,53 persen, sejalan dengan Tingkat Kesempatan Kerja yang mencapai 94,65 persen. Disisi lain, pengelolaan keuangan daerag yang dilakukan secara tertib, transparan, dan akuntabel juga menjadi aspek penting yang harus dipatuhi. Dengan realisasi Anggaran Pendapatan Daerah Tahun 2017 mencapai 99,98 persen dan realisasi Anggaran Belanja Daerah Tahun 2017 sebesar 91,37 persen. Progresifitas juga tampak dari angka IPM Kota Mataram yang termasuk dalam kategori tinggi, berada pada angka 77,20.

          Pengakuan dan apresiasi terhadap Kota Mataram juga muncul dalam bentuk berbagai penghargaan baik di skala regional maupun nasional. Bahkan ditengah kondisi bencana, Chef asal Kota Mataram Putri Ayu Martha Tilaar berhasil terpilih sebagai juara I Lomba Masak Ikan Nusantara 2018 yang diadakan di halaman Istana Kepresidenan Jakarta. Namun saat ini lanjut Wali Kota, prioritas Pemerintah Kota Mataram adalah pada upaya penanganan bencana bagi warga yang terdampak maupun penanganan terhadap fasilitas umum, sarana, dan prasarana perkotaan yang mengalami kerusakan. Selain itu diupayakan pula agar roda pemerintahan bisa tetap berjalan dengan baik meski untuk memastikan layanan kepada masyarakat bisa terus berjalan. Diakuinya, upaya pemulihan pasca bencana bukan hal yang mudah dan tidak pula cukup satu atau dua bulan saja. Namun Wali Kota percaya bahwa ikatan persatuan dan persaudaraan yang erat, secara bahu-membahu akan dapat memulihkan kondisi Kota Mataram seperti sedia kala, bahkan lebih baik lagi. “Mari kita bangkitkan semangat untuk Mataram Kuat, Mataram Tangguh, Mataram Bangkit”, tutupnya. (ufi/tim-humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CityWebsite jdih Kota MataramKecamatan Cakranegara Dalam Data 2018.pdfKecamatan Mataram Dalam Data 2018.pdfKecamatan Sandubaya Dalam Data 2018.pdfKecamatan Selaparang Dalam Data 2018.pdfKecamatan Ampenan Dalam Data 2018Kota Mataram Dalam Data 2018Kecamatan Sekarbela Dalam Data 2018

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat