Audiensi Wali Kota Mataram Dengan PHDI NTB dan AHM
06 September 2018 70 View

Audiensi Wali Kota Mataram Dengan PHDI NTB dan AHM

MATARAM – Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh menerima dua rombongan tamu secara bergantian, Parisada Hindu Dharma indonesia (PHDI) Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Asosiasi Hotel Mataram (AHM) untuk melakukan audiensi terkait agenda yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat di Kota Mataram dan mengenai beberapa hal yang memerlukan perhatian dari Kepala Daerah. Audiensi dengan Wali Kota Mataram dilaksanakan pada Rabu (05/09/18) di Aula Pendopo Wali Kota Mataram yang saat ini dijadikan sebagai ruang kerja sementara Wali Kota Mataram. PHDI NTB yang diterima terlebih dahulu oleh Wali Kota Mataram dipimpin oleh AA. Ketut Agung Oka Kartha Wirya, dengan agenda meminta dukungan Wali Kota atas rencana penyelenggaraan kegiatan Upakara atau Upacara Prayascita Gumi Tahun 2018 yang menurut rencana akan diikuti oleh seluruh Umat Hindu se-Pulau Lombok, bahkan se-NTB.

          Dikatakan Ketua Panitia Penyelenggara yang juga memimpin rombongan menemui Wali Kota Mataram AA. Ketut Agung Oka Kartha Wirya, kegiatan yang merupakan upacara pensucian tersebut rencananya akan dilaksanakan tepat di perempatan Cakranegara pada hari Jumat tanggal 7 September 2018 dengan puncak acara digelar pada pukul 16.00 WITA sampai dengan 20.00 WITA. Selain bertujuan untuk mengembalikan keharmonisan jagad, menurut ketua panitia yang juga merupakan keturunan Pelingsir Puri Pamotan Cakranegara, kegiatan juga bertujuan sebagai bentuk trauma healing bagi Umat Hindu NTB pasca bencana gempa bumi yang telah terjadi sehingga dapat menjadi lebih tenang. Kegiatan tersebut mendapat dukungan penuh dari Wali Kota Mataram, sebagai satu ikhtiar dalam rangka mendoakan kebaikan bagi Kota Mataram dan NTB pada umumnya sesuai dengan keyakinan masing-masing.

          Rombongan berikutnya yang diterima Wali Kota untuk melakukan audiensi adalah dari AHM yang merupakan organisasi untuk mewadahi para pengelola dan pengusaha hotel yang ada di Kota Mataram, untuk menyampaikan berbagai hal terkait kendala yang dialami hotel-hotel yang ada di Kota Mataram pasca bencana gempa bumi. Hotel-hotel yang ada di Kota Mataram menurut perwakilan AHM Slamet Fahrurrozi, mengharapkan dukungan dari Wali Kota dalam upaya recovery karena dampak bencana dirasakan cukup besar baik secara infrastruktur maupun beban pembiayaan serta operasional yang tidak sebanding dengan tingkat hunian hotel yang menurun tajam. Selain itu, AHM juga meminta rekomendasi untuk penyesuaian Pajak Pembangunan 1 (PB1) atau pajak hotel dan restoran ditengah kondisi hotel yang dialami pasca bencana, serta menyarankan agar Wali Kota membuat kebijakan untuk membentuk tim ahli untuk melakukan assesment dan mengeluarkan sertifikasi layak bangunan bagi gedung dan bangunan hotel pasca gempa, karena tingginya biaya sertifikasi secara mandiri.

          Menyikapi hal tersebut, Wali Kota menyatakan bahwa dirinya akan segera mengambil langkah untuk menyikapi saran dan masukan yang disampaikan oleh AHM. Ditambahkannya untuk mengambil kebijakan seperti yang diharapkan AHM, Pemerintah Kota Mataram harus berkonsutasi terlebih dahulu kepada pihak-pihak terkait seperti dengan Kementerian PUPR yang juga tengah mengerahkan tim assesment untuk memeriksa kondisi bangunan yang ada di Kota Mataram. Dan untuk rekomendasi penyesuaian pembayaran PB1 sekaligus bagi pihak ketiga yang memiliki kaitan secara keuangan dengan pihak hotel, Wali Kota berjanji akan mempelajarinya dan menyiapkan langkah yang tepat. Wali Kota juga menyatakan bahwa dirinya bersyukur bahwa meskipun sejak gempa pertama terjadi sampai dengan saat ini menimbulkan kerusakan cukup besar di Kota Mataram, namun aktifitas perekonomian di Kota Mataram sedikit demi sedikit mulai dapat bergerak lagi. “Mudah-mudahan kita segera pulih dan bangkit kembali”, harapnya. (ufi/tim-humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CityWebsite jdih Kota MataramKecamatan Cakranegara Dalam Data 2018.pdfKecamatan Mataram Dalam Data 2018.pdfKecamatan Sandubaya Dalam Data 2018.pdfKecamatan Sandubaya Dalam Data 2018.pdfKecamatan Selaparang Dalam Data 2018.pdf111111111

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat