Wali Kota Mataram Terima Kunjungan Dubes Denmark
27 September 2018 81 View

Wali Kota Mataram Terima Kunjungan Dubes Denmark

MATARAM – Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh didampingi Sekretaris Daerah Kota Mataram H. Effendi Eko Saswito dan Asisten I Setda Kota Mataram Lalu Martawang menerima kunjungan dari Duta Besar Denmark untuk Indonesia Mr. Rasmus Abildgaard Kristensen beserta Kepala Bidang Kerjasama Energi dari Kedutaan Besar Denmark Mr. Soren Mensal Kristensen dan satu orang staf kedutaan di ruang kerjanya di aula Pendopo Wali Kota Mataram pada Kamis (27/09/18). Pada kunjungan yang merupakan pertemuan awal untuk melihat kemungkinan kerjasama dalam program penanganan sampah sebagai sumber energi terbarukan tersebut dihadiri pula oleh jajaran pimpinan OPD terkait lingkup Kota Mataram.

          Disampaikan oleh Duta Besar Denmark Mr. Rasmus Abildgaard Kristensen, 20 tahun yang lalu di negaranya masih menangani sampah seperti di Indonesia pada umumnya yang dikumpulkan di tempat tertentu saja tanpa dimanfaatkan secara maksimal. Namun saat ini penanganan sampah telah dilakukan dengan menggunakan teknologi yang memungkinkan sampah didaur ulang menjadi salah satu sumber energi terbarukan untuk pengadaan listrik disamping tenaga angin dan tenaga matahari. Bila sebelumnya Denmark harus menggantungkan diri pada negara lain untuk sumber energi, Saat ini bahkan Denmark harus mengimpor sampah dari Inggris, karena tidak lagi memiliki cukup sampah untuk didaur ulang menjadi sumber energi dan hanya menyisakan empat persen sampah yang tidak bisa diolah dari keseluruhan sampah yg ada.

Disampaikan pula oleh Duta Besar bahwa kerjasama di bidang energi terbarukan juga telah dilakukan dengan pemerintah pusat di Jakarta melalui Kementerian ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral), namun demikian pihaknya ingin mengembangkan kerjasama di tingkat lokal melalui pemerintah daerah, dalam hal ini di Pulau Lombok yang menurutnya memiliki potensi cukup besar untuk tiga sumber energi terbarukan; matahari, angin, dan sampah, untuk diolah menjadi energi listrik. Sehingga dalam sepuluh tahun kedepan pihaknya bersedia membantu pemerintah daerah, khususnya di Pulau Lombok, untuk melakukan konversi energi. Diperkirakan awal tahun 2019 nanti, dirinya akan mengirim beberapa orang ahli untuk mempelajari potensi yang ada serta apa saja yang dibutuhkan untuk membuat masterplan, sehingga kerjasama dapat segera dapat diimplementasikan.

Menanggapi keinginan Kedutaan Besar Denmark untuk membantu Kota Mataram dalam hal penanganan sampah, Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh menyatakan bahwa dirinya menyambut baik dan berharap bahwa kerjasama di bidang sampah yang selama ini menjadi masalah di Kota Mataram dapat segera terwujud. Lebih khusus karena untuk hal tersebut, Duta Besar sendiri yang secara langsung hadir dan menemui Wali Kota Mataram. Disampaikan pula oleh Wali Kota, Kota Mataram telah beberapa kali kedatangan investor yang berminat menangani sampah, namun sampai saat ini belum ada yang bisa benar-benar terwujud meskipun Pemerintah Kota Mataram telah memberikan peluang dan membuka diri seluas-luasnya untuk melakukan kerjasama di bidang penanganan sampah. “Mudah-mudahan nanti ada keseriusan untuk bekerjasama di bidang itu”, harapnya.

Kota Mataram lanjut Wali Kota, memproduksi tidak kurang dari 400 ton produksi sampah perhari yang harus dibawa sejauh 20 kilometer menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kebon Kongok. Seiring waktu, permasalahan terkait dengan keberadaan TPA yang berada di luar Kota mataram tersebut juga makin sering terjadi karena sampah yang menggunung dan tidak termanfaatkan secara baik. Karena itu Wali Kota menegaskan bahwa apabila ada pihak yang bersedia mengolah sampah menjadi energi terbarukan, Pemerintah Kota Mataram bersedia untuk menyiapkan lahan. Apalagi Kementerian ESDM juga sudah melakukan study dan menetapkan lima kota yang dianggap layak untuk pengolahan sampah. Yaitu Kota Mataram, Yogyakarta, Palembang, Pontianak, dan Jambi. “Kami tunggu, mudah-mudahan ada hasil yang bisa ditindak lanjuti kedepannya”, tutupnya. (ufi/bni-humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CityWebsite jdih Kota MataramKecamatan Cakranegara Dalam Data 2018.pdfKecamatan Mataram Dalam Data 2018.pdfKecamatan Sandubaya Dalam Data 2018.pdfKecamatan Sandubaya Dalam Data 2018.pdfKecamatan Selaparang Dalam Data 2018.pdf111111111

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat