Satpol PP dan Dukcapil Kota Mataram Tanda Tangani MoU Kepemilikan KTP
28 November 2018 123 View

Satpol PP dan Dukcapil Kota Mataram Tanda Tangani MoU Kepemilikan KTP

MATARAM - Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Mataram Bayu Pancapati bersama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Chaeru Anwar menandatangani Nota Kesepahaman terkait dengan Kepemilikan KTP. Penandatanganan Nota Kesepahaman antara kedua belah pihak  yang digagas oleh Satuan Pol PP Kota mataram tersebut dilaksanakan pada Rabu (28/11/18) di Ruang Kenari Kantor Wali Kota Mataram. Disaksikan langsung oleh Wakil Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana, jajaran pimpinan OPD terkait lingkup Pemerintah Kota Mataram, segenap anggota Satpol PP Kota Mataram, dan sejumlah undangan lainnya.

          Dijelaskan oleh Kepala Satuan Pol PP Kota Mataram Bayu Pancapati, latar belakang pihaknya menginisiasi kerjasama melalui Nota Kesepahaman tersebut adalah karena pada pelaksanaan tugas di lapangan, Satpol PP harus menghadapi persoalan terkait kepemilikan KTP yang membutuhkan solusi melalui kerjasama dengan Dinas Dukcapil Kota Mataram. Sebagai pihak yang memiliki tugas untuk menegakkan perda, khususnya Perda 10 mengenai PKL dan Perda 11 mengenai Ketentraman dan Ketertiban Umum, Satpol PP baru dapat menindaklanjuti secara non yustisi. Pelanggar perda diberikan semacam tilang yang disebut dengan Laporan Kejadian (LK) dengan mengamankan KTP yang bersangkutan dengan maksud agar pada saat pelanggar perda mengambil kembali KTP dapat dilakukan tindakan lebih lanjut. “Bukannya mengambil KTP yang disita, pelanggar perda memilih jalan pintas dengan membuat KTP baru”, ujarnya.

          Dengan Nota Kesepahaman yang telah ditandatangani bersama Dinas Dukcapil lanjut Bayu, dirinya berharap agar kedepan tidak ada lagi pelanggar perda yang berkelit dalam memenuhi sanksi yang ditetapkan Satpol PP pada saat mengambil KTP sitaan, dan memilih untuk mencetak KTP baru. Penandatanganan Nota Kesepahaman tersebut juga menurut Bayu tidak hanya dilaksanakan dengan Dinas Dukcapil. Kedepan pihaknya akan mengajukan kerjasama serupa dengan OPD lain yang berkaitan dengan perda. Karena selaku penegak perda, Satpol PP Kota Mataram harus memiliki dasar-dasar yang jelas dan kuat, untuk memastikan supaya tindakan yang dilakukan terkait dengan tugas dan fungsinya nanti tidak bermasalah secara hukum.

          Langkah yang diambil oleh Satpol PP Kota Mataram untuk mensinergikan tugas pokok dengan OPD lain yang memiliki keterkaitan tugas tersebut mendapat apresiasi dari Wakil Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana. Dikatakan Mohan, langkah yang diambil Satpol PP Kota Mataram merupakan sebuah langkah step ahead. Dalam pelaksanaan tugasnya, Satpol PP menghadapi permasalahan yang sangat kompleks dengan masyarakat yang terus mencari celah agar terhindar dari sanksi-sanksi administratif. Disisi lain, tugas ketertiban umum dan perlindungan masyarakat harus berjalan secara paralel. Sehingga Nota Kesepahaman seperti yang ditandatangani antara Satpol PP dengan Dinas Dukcapil tersebut dianggap Mohan sangat tepat dan menandai langkah baru dalam upaya penegakan perda, walaupun tugas kedua belah pihak sendiri telah diatur secara normatif.

          Penegakan perda PKL dan ketertiban umum di Kota Mataram dikatakan Mohan, menjadi hal yang sangat mendesak ditengah masyarakat urban dengan segala dinamikanya, yang membuat Satpol PP harus terus berkejaran dengan waktu dan harus pula menemukan formula yang tepat agar perda yang ada dapat diterapkan secara optimal. Menjadi sebuah paradoks dalam pemerintahan, yang disatu sisi berusaha memberikan pelayanan dan kemudahan bagi masyarakat, termasuk dalam pengurusan KTP, sedangkan disisi lain terjadi pula permasalahan seperti yang dialami oleh Satpol PP. Sehingga harus ada penguatan kapasitas, dan juga saling menjaga reputasi antar kedua lembaga pemerintahan. Sedangkan bagi masyarakat, dapat memberikan kesadaran bahwa penegakan perda merupakan sebuah hal serius dan bukan main-main. “Pol PP adalah ujung tombak yang ikut menjaga kewibawaan Kepala Daerah. Teruslah lalukan improvisasi dan inovasi sesuai dengan koridor yang ditentukan”, ucapnya. (ufi/din-humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat