E-KTP Mulai Dibagikan di Mataram
05 Oktober 2012 1,104 View

E-KTP Mulai Dibagikan di Mataram

       Bertempat di kantor Camat Mataram, Rabu 3 Oktober 2012 Walikota Mataram H. Ahyar Abduh melakukan launching pendistribusian Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP). Launching pendistribusian e-KTP ditandai dengan pengambilan sidik jari oleh Walikota Mataram H. Ahyar Abduh beserta Istri Hj. Suryani Ahyar Abduh dilanjutkan dengan penyerahan e-KTP secara resmi oleh petugas.

        Pengambilan e-KTP kemudian dilakukan oleh Wakil Walikota Mataram H. Mohan Roliskana beserta istri ND Kinnastri Roliskana dan Wakil Ketua DPRD Kota Mataram H. Didi Sumardi beserta istri Hj. Bq Evi Ganevia yang didahului dengan pencocokan data dengan pemeriksaan sidik jari.

      Walikota berharap dengan keterbatasan alat sidik jari yang tersedia di kecamatan sebagai alat pencocokan data penerima e-KTP, masyarakat diharapkan tertib dan bersabar agar pendistribusian e-KTP bisa berjalan lancar. Sehingga tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan. Terlebih Kota Mataram merupakan kota yang berbeda dengan daerah-daerah lainya baik dari segi keamanan maupun kesadaran masyarakatnya, Kota Mataram lebih baik.

            Bahkan Menteri Dalam Negeri telah memberikan penghargaan kepada Kota Mataram, karena dinilai mampu menyelesaikan program e-KTP satu bulan lebih awal dari jadwal yang ditetapkan. Walikota menilai, e-KTP sebagai dokumen tanda penduduk sangat penting, mengingat KTP non elektronik saat ini begitu gampang disalahgunakan sehinggan bisa menggau stabilitas nasional. “Dengan adanya e-KTP,  satu orang hanya memiliki satu KTP,” tegasnya.

            Terkait dengan itu Walikota juga berharap agar semua lurah dan kepala lingkungan yang memiliki warga belum melakukan perekaman e-KTP agar disosialisasikan hingga 31 Desemeber 2012, sebab sesuai dengan Peraturan Presiden no 67 tahun 2011 menyebutkan KTP non elektronik berlaku hingga 31 Desember 2012, dengan demikian per 1 Janurai 2013 KTP non elektronik tidak berlaku lagi.

            Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) H. Ibrahim menambahkan, secara nasional Kota Mataram diberikan kuota sebanyak 239.482 orang, sementara hasil perekeman sampai dengan tanggal 2 Oktober 2012 berjumlah 220.172 orang atau 91,93 persen. Sehingga masih ada kesempatan bagi yang belum melakukan perekaman untuk mendapatkan e-KTP Nasional secara gratis. E-KTP yang sudah tercetak dan siap didistribusikan kepada wajib KTP sebanyak 197.202 atau 89,34 persen.

            Untuk memperlancar pelaksanaan pendistribusian, pihaknya telah menyiapkan 24 oarang operator tersebar pada enam kecamatan mulai melayani jam 08.00-14.00 Wita setiap hari kerja. Pada saat pengambilan e-KTP tidak boleh diwakilkan, karena sebelum menerima calon penerima terlebih dahulu melakukan pengecekan sidik jari untuk pencocokan data kembali serta membawa KTP non elektroniknya untuk diserahkan ke petugas. “Jika terjadi kekeliruan atau kerusakan pada e-KTP, maka kami akan mengumpulkan dan akan dilakukan koordinasi dengan pemerintah pusat terkait dengan solusi yang akan diambil,” katanya.

            Ibrahim menambahkan, penduduk wajib KTP yang belum terdaftar dalam data base masih bisa dilayani di dinas Dukcapil setiap hari kerja hingga bulan Desember mendatang, sedangkan penduduk yang tidak memiliki surat keterangan pindah penduduk diberi dispensasi sampai dengan 31 Oktober 2012. “Sementara para wajib KTP yanga tidak bisa mendatangi tempat pelayanan karena lansia dan sakit, akan dilakukan pelayanan dengan mobile yakni mendatangi lokasi, tertentu dengan cara bertahap,” katanya mengakhiri. (nir/nyem foto humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CityWebsite jdih Kota MataramKecamatan Cakranegara Dalam Data 2018.pdfKecamatan Mataram Dalam Data 2018.pdfKecamatan Sandubaya Dalam Data 2018.pdfKecamatan Selaparang Dalam Data 2018.pdfKecamatan Ampenan Dalam Data 2018Kota Mataram Dalam Data 2018Kecamatan Sekarbela Dalam Data 2018

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat