Penerimaan Kunjungan Wali Kota Balikpapan Serta Penyerahan Dana Bantuan Kepada Korban Gempa Di Kota Mataram
18 Januari 2019 203 View

Penerimaan Kunjungan Wali Kota Balikpapan Serta Penyerahan Dana Bantuan Kepada Korban Gempa Di Kota Mataram

Mataram – Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh menerima kunjungan Wali Kota Balikpapan  H. Muhammad Rizal Effendi beserta jajarannya dalam rangka penyerahan dana bantuan kepada korban gempa Kota Mataram di Aula Pendopo Wali Kota Mataram, Jumat (18/01/19). Acara kunjungan tersebut juga di hadiri oleh Ketua DPRD Kota Mataram Didi Sumardi, Sekretaris Daerah Kota Mataram Effendi Eko Saswito, Anggota Forkopimda Kota Mataram, Para Asisten dan Staf Ahli Lingkup Kota Mataram, Dan Kepala Organisasai Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Kota Mataram.

Dalam sambutan penerimaannya, Wali Kota Mataram mengucapkan terima kasih atas bantuan dari Pemerintah Kota Balikpapan kepada korban gempa yang ada di Kota Mataram. “Rupanya kunjungan beliau ini secara khusus untuk Kota Mataram, artinya beliau bersama kita dalam semangat Move On Kota Mataram, Mataram Bangkit”, Ucapnya. Dengan bantuan ini Ahyar mengatakan akan memanfaatkan sebaik-baiknya sehingga program masyarakat untuk perbaikan rehabilitasi bisa dilanjutkan.

Selain itu Wali Kota Mataram juga menjelaskan guncangan gempa membawa pengaruh yang cukup besar terhadap warga Kota Mataram. Banyak bangunan-bangunan yang terdampak dan roboh, seperti fasilitas perkantoran, Rumah Sakit/Puskesmas, dan sekolah-sekolah. Sedangkan untuk rumah yang mengalami rusak sekitar 13.000 lebih, yang terdiri dari rusak berat sedang dan ringan. Ahyar menjelaskan untuk rumah yang rusak berat sekitar 2.300 dan sekarang lagi proses pembangunan, ada sekitar 600 yang sudah terbangun. “ jadi menurut BNPB, alhamdulilah Kota Mataram termasuk yang paling siap untuk merehabilitasi dan merekontruksi bangunan yang rusak berdampak gempa ”, Kata Ahyar.

Sedangkan dalam sambutannya, Wali Kota Balikpapan H. Muhammad Rizal Affendi menjelaskan bahwa dana bantuan 1,5 milyar tersebut berasal dari APBD Kota Balikpapan sebesar 1 Milyar dan 500 juta berasal dari para pelajar yang peduli dengan korban gempa yang ada di Kota Mataram. Rizal juga mengatakan bahwa selain memberikan bantuan kepada korban gempa yang ada di Kota Mataram, Pemerintah Kota Balikpapan juga memberikan bantuan ke Daerah Palu yang terkena dampak gempa dan tsunami. 

“ Kami mohon maaf karena penyerahan bantuan ini terkesan terlambat akan tetapi kami sengaja memang lambat karena recovery bencana tidak serta merta ”, tambahnya. Kunjungan ini menurut Rizal juga sambil belajar bagaimana menghadapi bencana gempa karena banyak fenomena baru dari bencana yang terjadi di Indonesia, sehingga walaupun Balikpapan dalam peta kebencanaan tidak masuk dalam potensi bencana gempa, Kota Balikpapan harus tetap mengantisipasinya. “ Mudah – mudahan masyarakat Kota Mataram bangkit kembali “, Harapnya di akhir sambutannya.(ndh/bani-Humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat