Ketua TP PKK Kecamatan dan Kelurahan Dibekali Sosialisasi PHBS
06 Oktober 2012 1,022 View

Ketua TP PKK Kecamatan dan Kelurahan Dibekali Sosialisasi PHBS

Keberadaan TP PKK sebagai organisasi masyarakat, berfungsi menjadi mitra pemerintah dalam membantu melaksanakan program-program pembangunan. Melalui pelaksanaan 10 program pokok PKK, kegiatan TP PKK mencakup juga di bidang pendidikan, pemberdayaan ekonomi dan kesehatan. Di bidang kesehatan, PKK berperan sentral dalam mensosialisasikan dan melaksanakan Perilaku Hidup Besih dan Sehat (PHBS) di masyarakat.

Hal itu disampaikan Ketua TP PKK Kota Mataram Hj Suryani Ahyar Abduh saat membuka kegiatan Sosialisasi PHBS bagi Ketua TP PKK Kecamatan dan Kelurahan se-Kota Mataram, di aula lantai 3 Kantor Walikota Mataram, Sabtu 6 Oktober 2012.

Dikatakan Ketua TP PKK, sehat merupakan hak individu. Untuk itu, PHBS harus dilaksanakan dengan melakukan pembinaan secara berkesinambungan dalam keluarga beserta seluruh anggota keluarga. ‘’Sehingga atas kesadaran sendiri mau melaksanakan PHBS di lingkunagn rumah tangganya masing-masing,’’ ujar Ketua TP PKK.

Keberadaan kader yang terdapat di kelompok dasa wisma dan posyandu, lanjutnya, menjadi ujung tombak andalan PKK. Dari para kader, dapat dihimpun data-data tentang rumah tangga yang telah melaksanakan PHBS. Suryani pun meminta, semua Ketua TP PKK kecamatan dan kelurahan menghimpun data yang telah terkumpul untuk menjadi data di masing-masing kecamatan maupun keluarahan.

‘’Data itu akan menjadi sumber informasi dalam melaksanakan PHBS di masing-masing kecamatan dan kelurahan. Bagi rumah tangga yang belum melaksanakan PHSB, bisa lebih digalakkan,’’ ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Suryani berharap, peran TP PKK untuk menggerakkan para kader guna melakukan pembinaan PBHS berkerjasama dengan tenaga kesehatan yang ada di lapangan. 

Kegiatan sosialisasi menghadirkan dua pemateri dari Dinas Kesehatan Kota Mataram. Salah satu pemateri, Dewa Made Mudita menjelaskan tentang kebijakan pokok PHBS. Terhadap kegiatan sosialisasi yang digagas TP PKK Kota Mataram, Dewa menilai, sebagai langkah terobosan yang belum ditemui di daerah lain.

‘’Selama ini sosialisasi kepada pengelola belum pernah ada dikaitkan dengan kerjasama yang telah dijalin antara Kementrian Kesehatan dan TP PKK Pusat untuk pelaksanaan PHBS,’’ ujar Dewa yang juga menjabat sebagai Kabid Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Mataram. (rn/dik humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CityWebsite jdih Kota MataramKecamatan Cakranegara Dalam Data 2018.pdfKecamatan Mataram Dalam Data 2018.pdfKecamatan Sandubaya Dalam Data 2018.pdfKecamatan Selaparang Dalam Data 2018.pdfKecamatan Ampenan Dalam Data 2018Kota Mataram Dalam Data 2018Kecamatan Sekarbela Dalam Data 2018

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat