FKUB Salatiga Kunjungi Kota Mataram
May 13, 2014 494 View

FKUB Salatiga Kunjungi Kota Mataram

Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Mataram menerima kunjungan dari FKUB dan Majelis Kuasa Kota Salatiga. Kunjungan kali ini cukup istimewa, karena rombongan yang berjumlah 30 orang ini didampingi oleh Wakil Walikota Salatiga, M. Haris, SS, Asisten, dan Staf Ahli Kota Salatiga. Rombongan diterima oleh Sekretaris daerah Kota Mataram, HL. Makmur Said, ketua dan anggota FKUB Kota Mataram di Ruang Kenari Kantor Walikota Mataram.

Dalam sambutan perkenalannya, Wakil Walikota Salatiga, M. Haris, SS menjelaskan maksud dan tujuan kunjungan adalah untuk melihat secara langsung kehidupan beragama di Kota Mataram yang menurutnya mirip dengan kondisi di Salatiga, Sama-sama merupakan kota kecil dengan masyarakat yang memiliki kemajemukan tinggi khususnya pada keyakinan yang di anut oleh masyarakatnya.

Dalam sambutan penerimaan oleh Sekda Kota Mataram, HL. Makmur Said, Makmur menjelaskan bahwa Kota Mataram selain memiliki kepadatan penduduk yang sangat tinggi, juga multi etnis, multi budaya dan multi agama. Namun dengan keberagaman ini, kondisi keamanan Kota Mataram cukup kondusif. Yang di antaranya diperoleh melalui kerjasama yang baik antara Pemerintah, FKUB dan umat beragama yang ada di Kota Mataram sendiri.
          Keragaman penganut agama di Kota Mataram juga digambarkan oleh wakil ketua FKUB Kota Mataram, I Gusti Lanang Media, dengan membandingkan jumlah penganut agama, antara penganut agama Islam yang menjadi mayoritas dengan jumlah 418.133 orang dan Hindu yang berjumlah cukup besar pula, 112.836 orang. Belum lagi umat Kristiani baik katolik maupun protestan, Budha, dan Konghucu yang juga menjadi bagian dari masyarakat Kota Mataram.
          “FKUB ikut bersinergi dalam menjaga kondusifitas daerah ini. Saat ini kami sedang dalam proses pencetakan buku mengenai hari raya keagamaan bagi semua agama. Agar semua pihak mengetahui makna yang melatar belakangi sebuah kegiatan keagamaan dan diharapkan dapat menghindarkan masyarakat dari kesalahpahaman yang mungkin saja terjadi”, terangnya.
          Kunjungan ini di akhiri dengan dialog antara anggota FKUB Kota Mataram dan Kota Salatiga yang di antaranya membahas mengenai peran pemerintah dalam pendidikan keagamaan khususnya bagi siswa sekolah agar generasi penerus nanti merupakan generasi yang religius. Kebetulan Kota Mataram telah memiliki satu kegiatan keagamaan Imtaq yang dilaksanakan setiap hari Jumat baik di sekolah-sekolah maupun kantor pemerintahan, menurut agama dan kepercayaan masing-masing. Kegiatan ini bahkan mendapat apresiasi dari pusat, yang kemudian menganugerahkan Pin Emas bagi Walikota Mataram terdahulu Alm. H. Moh. Ruslan, SH selaku penggagasnya. (ufi/dik humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota Mataram Perwal Tata Naskah Dinas Pemerintah Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramPERATURAN WALIKOTA MATARAM TENTANG KODE ETIK ASNROAD MAP RB KOTA MATARAMBUKU STANDAR HARGA KOTA MATARAM TAHUN 2017Surat Edaran Libur Nasional 2017Edaran Cuti Tahun 2017Logo HUT RI yang ke-72BANNER HUT RI Ke-72HUT KOTA MATARAM KE-24Website Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart City

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat

Statistik Pengunjung

Hari Ini : 4,167 Visit
Kemarin : 4,748 Visit
Bulan Ini : 63,692 Visit
Tahun Ini : 129,907 Visit
Total : 132,627 Visit
Detail Statistik