Pencanangan HKG KB Propinsi NTB Sukses Digelar di Mataram
May 13, 2014 417 View

Pencanangan HKG KB Propinsi NTB Sukses Digelar di Mataram

Kota Mataram sukses menjadi tuan rumah pencanangan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK-KB-Kesehatan dan peluncuran Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), bertempat di Lapangan Umum Mataram, Rabu 24 Oktober 2012. Dalam kegiatan itu hadir Ketua Yayasan Dana Sejahtera Mandiri (Damandiri) Prof DR Hayono Suyono, Wakil Gubernur NTB Ir H Badrul Munir MM, Ketua TP PKK Provinsi NTB Hj Rabiatul Adawiyah Majdi, Walikota Mataram H Ahyar Abduh beserta Ketua TP PKK Kota Mataram Hj Suryani Ahyar Abduh.

Saat memberikan sambutan, Walikota Mataram H Ahyar Abduh memberikan apresiasi terhadap kerja keras yang telah dilakukan seluruh kader PKK di Kota Mataram. Para kader diminta terus giat bekerja demi mensukseskan semua program PKK, terkhusus lagi program KB kesehatan di Kota Mataram. ‘’Pemkot Mataram telah memberikan perhatian kepada kader PKK, baik dalam bentuk pembinaan maupun insentif yang akan dinaikkan besarannya tahun 2013,’’ kata Walikota.

Dikatakan Walikota, dari target pencapaian KB baru sebesar 10 ribu baru tercapai 75 persen. Begitu juga untuk pencapaian KB baru yang ditargetkan 45 ribu baru tercapai 75 persen. Walikota optimis pencapaiannya bisa melebihi target terlebih ditunjang dengan adanya momentum berharga pencanangan HKG PKK-KB-Kesehatan tingkat Provinsi NTB yang dipusatkan di Kota Mataram.

‘’Momentum ini harus menjadi pemacu bagi kita semua untuk terus bergerak dan mensukseskan program KB di NTB,’’ kata Walikota.

Sementara itu, Ketua TP PKK Provinsi NTB Hj Rabiatul Adawiyah Majdi menyatakan, kegiatan pencanangan HKG PKK-KB-Kesehatan tingkat Provinsi NTB yang dipusatkan di Kota Mataram tahun ini mengambil tema ‘’melalui HKG PKK-KB-Kesehatan kita perkuat kelompok dasa wisma dan posyandu dalam pencapaian Millennium Development Goals (MDGs)’’.

Rangkaian kegiatan dalam rangka pencanangan HGK PKK-KB-Kesehatan meliputi penyaluran  bantuan dari Badan Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial (BK3S) Provinsi NTB sebesar Rp 285 juta berupa bantuan modal usaha ekonomi  produktif kepada empat kelompok di Kabupaten Lombok Tengah, empat kelompok di Kabupaten Lombok Utara (KLU), empat kelompok di Kabupaten Lombok Timur, dan empat kelompok di Kota Mataram.

Bantuan lain berupa rehap rumah tidak layak huni di Kota Mataram senilai Rp 90 juta dan Kabupaten Lombok Barat senilai Rp 75 juta. Bakti sosial untuk keluarga tidak mampu di Kabupaten Lombok Tengah, bantuan dana bergulir kepada 11 kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), bantuan bibit cabai, kopi, kelapa, kakao, kelor serta bibit ikan sebanyak 4 ribu ekor. Disalurkan juga bantuan alat peraga interaktif sebanyak 10 paket untuk semua kabupaten/kota di NTB, bantuan buku dan operasionalisasi mobil pintar.

‘’Digelar juga demo pembuatan kompos, lomba lingkungan bersih, PHBS tingkat Provinsi NTB, penyuluhan serta bakti sosial,’’ kata Ketua TP PKK Provinssi NTB.

Ditambahkannya, pencanangan HKG PKK-KB-Kesehatan merupakan kegiatan komprehensif dan terpadu untuk memberikan inspirasi sekaligus mengerakkan keluarga Indonesia agar bersama-sama membangun keluarga kecil bahagia sejahtera. Dalam kesempatan itu dilakukan juga penandatanganan deklarasi Posdaya oleh Wakil Gubernur NTB bersama seluruh bupati/walikota se-NTB dan dialog yang dipimpim Prof DR Hayono Suyono.

Sementara Wakil Gubernur NTB mengapresiasi launching Posdaya terpadu di NTB. Menurutnya, kehadiran Posdaya sangat tepat untuk mempercepat capaian-capaian pembangunan di bidang kesehatan . ‘’Melalui pendekatan keluarga maka pencapaian akan lebih baik dibidang ekonomi, pendidikan maupun kesehatan,’’ kata Badrul Munir. (rin/foto tim humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota Mataram Perwal Tata Naskah Dinas Pemerintah Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramPERATURAN WALIKOTA MATARAM TENTANG KODE ETIK ASNROAD MAP RB KOTA MATARAMBUKU STANDAR HARGA KOTA MATARAM TAHUN 2017Surat Edaran Libur Nasional 2017Edaran Cuti Tahun 2017Logo HUT RI yang ke-72BANNER HUT RI Ke-72HUT KOTA MATARAM KE-24Website Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart City

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat

Statistik Pengunjung

Hari Ini : 4,174 Visit
Kemarin : 4,748 Visit
Bulan Ini : 63,699 Visit
Tahun Ini : 129,914 Visit
Total : 132,634 Visit
Detail Statistik