Pedagang Pasar Dilatih Diklat Manajemen Pasar
31 Oktober 2012 954 View

Pedagang Pasar Dilatih Diklat Manajemen Pasar

Hingga saat ini keberadaan pasar tradisional masih sangat dibutuhkan masyarakat. Dalam upaya meningkatkan daya saing dan peningkatan kualitas serta pelayanan kepada konsumen, maka Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perdagangan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia bekerjasama dengan Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kota Mataram menyelenggarakan diklat manajemen pasar yang dibuka pada Senin, 29 Oktober sampai dengan 1 November 2012, bagi 50 orang pedagang dan pengurus pasar tradisional se-Kota Mataram.
Dalam sambutan tertulis Walikota Mataram, H. Ahyar Abduh yang dibacakan oleh Kepala Dinas Koperindag Kota Mataram, Wartan sekaligus membuka diklat, Walikota berharap dengan penyelenggaraan diklat ini dapat menghasilkan output berupa manajemen pasar yang profesional. Juga agar pedagang dan pengurus pasar peserta diklat nantinya dapat berperan aktif dalam pengelolaan pasar tradisional yang profesional di tengah serbuan pasar-pasar modern. “Pasar tradisional, tapi modern dalam pelayanan”, pintanya.
Hal senada dikemukakan oleh Tulus Budianto, Kepala Pusdiklat dari Kementerian Perdagangan. Menurut Tulus, pasar tradisional perlu meningkatkan daya saing agar dapat mengimbangi keberadaan pasar modern dan ritel. Pasar tradisional harus dikembangkan supaya dikelola secara modern pula.
“Kita harus mengubah mindset yang ada. Kesan pasar tradisional yang kurang refesentatif  harus segera diubah untuk dapat bersaing. Sehingga pedagang, sarana dan prasarana harus bersih, begitu pula dengan penyajian dan pelayanannya harus baik”, terangnya.
“Diklat ini melibatkan baik pihak pedagang maupun pengelola, supaya lebih sinergis. Bahu-membahu dalam mewujudkan keberadaan pasar tradisional yang mampu bertahan dalam persaingan,” pungkas Tulus. (ufi-humas / foto.odink)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CitySSH Kota Mataram Tahun 2018Kota Mataram Dalam Data Tahun 2017Kecamatan Cakranegara Dalam DataKecamatan Ampenan Dalam DataKecamatan Mataram Dalam DataKecamatan Sandubaya Dalam DataKecamatan Sekarbela Dalam DataKecamatan Selaparang Dalam DataWebsite jdih Kota MataramBanner MNEK 2018

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat