Beranda - Situs Resmi Pemerintah Kota Mataram
Pemprop NTB Beri Stimulan Rumah Tidak Layak Huni di Kota Mataram
12 Desember 2012 912 View

Pemprop NTB Beri Stimulan Rumah Tidak Layak Huni di Kota Mataram

Pemerintah Propinsi Nusa Tenggara Barat melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat memberikan stimulan dana untuk 232 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH)di Kota Mataram. Pemberian ini bagian dari komitmen Pemerintah Propinsi untuk merevitalisasi rumah tidak layak huni di Nusa Tenggara Barat (NTB) yang hingga kini masih terdaftar 300 ribu RTLH.
Gubernur Nusa Tenggara Barat M. Zainul Majdi pada Pencanangan Program Bantuan Stimulan Rehabilitasi RTLH se Pulau Lombok di Lapangan Karang Pule Kecamatan Sekarbela Kota Mataram, Rabu (5/12)menyebutkan, pihaknya terus meningkatkan peran pelayanan bagi masyarakat khususnya ketersedian rumah layak huni. Diakuinya, di Nusa Tenggara Barat hingga saat ini masih terdapat 31,42 persen rumah tidak layak huni atau 300 ribu rumah lebih yang dihuni oleh sedikitnya 1,2 juta penduduk Nusa Tenggara Barat.
Pemberian dana stimulan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas kebutuhan perumahan yang layak bagi masyarakat. Pemerintah Propinsi lanjut Gubernur dari tahun ke tahun terus meningkatkan anggaran khususnya guna merehabilitasi rumah tidak layak huni masyarakat. Tahun 2011 yang lalu Pemprop telah menganggarkan 5 miliar rupiah untuk seribu rumah di NTB. Pada tahun 2012 ini terjadi peningkatan 300 persen menjadi 3.810 unit rumah atau setara dengan 20 miliar rupiah.
Langkah Pemerintah Propinsi ini tentu harus juga didukung oleh Komitmen Pemerintah Kabupaten/Kota di NTB. Dana pendampingan dari Kabupaten/Kota tentunya sangat membantu mempercepat proses penanganan RTLH.
Pencanangan ini juga ditandai dengan rehab secara simbolis oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat didampingi Walikota Mataram di rumah warga di Kelurahan Karang Pule Kecamatan Sekarbela. Tahun 2012 ini, Kota Mataram mendapat kuota 232 rumah untuk direhabilitasi yang tersebar di 10 kelurahan dengan menelan anggaran 1,1 miliar rupiah.
Sebelum mencanangkan program RTLH, Gubernur bersama Walikota Mataram H. Ahyar Abduh, Sekda Kota Mataram HL. Makmur Said MM serta pejabat terkait berkunjung ke Kelurahan Mapak dan Tanjung Karang Kecamatan Sekarbela untuk meninjau langsung lokasi penginapan peserta Latsitardanus III yang tersebar di perumahan warga setempat.
Sekaligus meninjau hasil pengerjakan fisik berupa rehab RTLH yang dilaksanakan oleh peserta Latsitardanus serta melakukan dialong dengan para peserta. Menurut Gubernur kegiatan tersebut sejalan dengan pendidikan taruna dalam penempaan mental untuk menjadi pemimpin dimasa depan.
Gubernur juga menyempatkan diri meninjau beberapa proyek pembangunan di kawasan Penghulu Agung. Antara lain pembangunan jalan sepanjang dua kilometer, alat pemecah gelombang dan lainnya. Gubernur memberikan apresiasi terhadap upaya Pemerintah Kota Mataram dalam upaya penanganan bencana terutama mencegah abrasi yang dapat membahayakan masyarakat setempat serta memenuhi akses kebutuhan dasar masyarakat. (dh, nir/ nyem foto humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CityWebsite jdih Kota MataramKecamatan Cakranegara Dalam Data 2018.pdfKecamatan Mataram Dalam Data 2018.pdfKecamatan Sandubaya Dalam Data 2018.pdfKecamatan Selaparang Dalam Data 2018.pdfKecamatan Ampenan Dalam Data 2018Kota Mataram Dalam Data 2018Kecamatan Sekarbela Dalam Data 2018

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat